5 Gaya Hidup Pemicu Osteoporosis

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Masalah osteoporosis bisa menyerang siapa saja tanpa terkecuali. Yang lebih menakutkan lagi adalah osteoporosis merupakan jenis penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Akan tetapi, masalah tersebut akan bisa anda perlambat dengan cara melakukan aktivitas atau terapi yang bisa meningkatkan kepadatan tulang yang anda miliki.

Para ahli mengatakan bahwa banyak sekali faktor yang menyebabkan seseorang mengalami osteoporosis. Berikut ini adalah beberapa pemicu utama dari masalah osteoporosis tersebut.

Kurang Minum Air Putih

Pertama, osteoporosis ternyata erat kaitannya dengan kebiasaan seseorang yang kurang minum air putih. Apabila anda kurang minum air putih maka cairan yang dibutuhkan oleh tubuh anda akan berkurang.

Padahal, air sangat penting fungsinya sebagai pencegah masalah pembusukan tulang yang memicu osteoporosis. Oleh karena itu, jangan malas untuk meminum air putih setiap harinya.

Konsumsi Garam Berlebih

Kedua, sebuah penemuan yang dilakukan oleh para peneliti dari Swiss membuktikan bahwa mengonsumsi garam berlebih adalah alasan utama seseorang mengalami masalah osteoporosis. Bahkan hal tersebut juga diperkuat oleh penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti National Osteoporosis Foundation di Amerika. Mereka menjelaskan bahwa makanan yang mengandung kadar garam yang tinggi mampu untuk membuat kalsium yang ada dalam tubuh berkurang.

Jenis makanan yang mengandung kadar garam tertinggi adalah pizza dan makanan cepat saji lainnya. Selain itu, keripik, makanan kaleng, frozen food, dan juga kentang sangat berpotensi besar dalam memberikan asupan garam pada tubuh anda dengan jumlah lebih banyak 20%.

Jika tubuh anda terlalu banyak mengasup garam maka ini akan berimbas pada kepadatan tulang yang mulai menurun.

Duduk Terlalu Lama

Ketiga, duduk terlalu lama juga merupakan penyebab utama seseorang melakukan osteoporosis. Jangan sampai anda terlalu lama duduk karena hal tersebut akan berpotensi membuat anda mengalami osteoporosis. Pastikan untuk membuat diri anda santai sejenak.

Jangan membuat diri anda terlalu tegang. Sediakan waktu untuk berjalan-jalan di sekitar meja anda. Jangan sampai hanya karena alasan banyak pekerjaan, anda tidak memiliki waktu untuk berdiri. Hal tersebut nantinya malah akan merugikan diri anda sendiri.

Konsumsi Makanan Cepat Saji

Keempat, makan makanan cepat saji bisa menjadi pemicu utama dari osteoporosis. Hal ini jelas dikarenakan dalam makanan tersebut banyak sekali kandungan gula dan lemak yang tinggi. Semua itu nantinya akan berpotensi untuk membuat kepadatan tulang mulai menurun.

Jika kepadatan tulang yang anda miliki mulai menurun maka hal tersebut akan berimbas pada kerusakan tulang. Meminum soda juga akan memberikan dampak yang sama. Biasanya usai mengkonsumsi makanan cepat saji tersebut anda akan mengakhirinya dengan minuman soda. Hal ini akan memperburuk keadaan tulang anda.

Jarang Olahraga

Kelima, kurang olahraga adalah faktor lain yang memicu masalah osteoporosis. Banyak orang yang jarang berolahraga dan lebih suka untuk menghabiskan waktunya melakukan hal-hal yang tidak penting, misalnya tiduran di kamar atau menonton TV sambil memakan camilan.

Padahal hal tersebut sudah jelas akan membuat anda mengalami masalah osteoporosis yang signifikan. Cobalah untuk meluangkan waktu anda sejenak selama 10 – 15 menit untuk jalan kaki mengelilingi rumah anda. Momen yang tepat untuk melakukannya adalah di pagi hari.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *