Cara Hilangkan Bau Tidak Sedap pada Organ Intim

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Daerah kewanitaan merupakan bagian penting yang harus menjadi perhatian yang besar bagi kaum hawa.Karena jika wanita tidak memperhatikan organ intimnya dengan baik, maka akan bermunculan banyak masalah pada organ intim seperti misalnya keputihan, bau tidak sedap sampai pada penyakit berbahaya.

Nah, bau tidak sedap menjadi salah satu kasus yang dialami sebagian besar wanita katena tidak begitu memperhatikan kebersihan organ intimnya. Sebenarnya penyebab bau tidak sedap bukan hanya karena kurangnya kersihan, tapi juga bisa karena kehamilan, penyakit menular seksual, pemakaian KB pada prosedur yang tidak tepat, ataupun karena merokok.

Pada keadaan normal, biasanya vagina tidak mengeluarkan bau karena jumlah flora atau mikroorganisme dalam vagina berada dalam batas seimbang. Yang ada hanya mungkin bau khas yang samar-samar (Tidak sampai busuk dan tercium oleh orang didekatnya). Hanya saja, jika keseimbangan flora dalam vagina terganggu, maka jamur ataupun bakteri jenis garderella dan jenis bakteri lainnya akan tumbuh dan berkembang. Inilah yang akhirnya akan menimbulkan bau yang tidak sedap tersebut. Tentu kondisi ini membuat para ladies menjadi tidak nyaman.

Banyak perawatan yang dilakukan untuk menghilangkan bau yang tidak sedap pada organ intim ini, seperti memakai sabun ataupun obat jenis tertentu. Hanya saja, cara alami dirasa akan lebih baik karena kita tidak tau apa efek samping obat tersebut.

Berikut beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau di organ kewanitaan:

Perhatikan kebersihan Organ Intim

Hal pertama yang mesti Anda lakukan adalah dengan memperhatikan kebersihan organ intim apalagi saat haid. Perhatikan pula kelembaban vagina, karena jika kehilangan kelembaban alami, maka vagina akan mudah terserang iritasi sehingga menimbulkan bau tidak sedap. Tetapi juga sampai terlalu lembab.

Cara yang bisa Anda lakukan agar vagina tidak terlalu lembab adalah dengan memakai celana yang bisa menyerap keringat dan bersifat tidak panas. Selain itu, cukur rambut pada kemaluan Anda secara rutin, karena bisa jadi bakteri bisa saja berkembang dari sana.

Manfaatkan daun Sirih

Jika Anda telah memperhatikan kebersihan organ intim, tapi bau tetap masih ada, maka Anda bisa mencoba memanfaatkan daun sirih. Bukan rahasia lagi bagaimana manfaat daun sirih untuk menghilangkan bau tidak sedap pada organ kewanitaan. Bahkan, telah banyak jenis obat ataupun pembersih yang menjadikan daun sirih sebagai bahan utama.

Daun sirih mengandung euganol dan antiseptik yang bekerja untuk membasmi kuman penyebab bau tidak sedap di vagina dan juga menjadikan vagina terasa lebih kesat. Agar lebih alami Anda bisa meracik sendiri daun sirih yang akan Anda gunakan.

Caranya sangat mudah yaitu dengan  menyiapkan 5-10 lembar daun sirih dalam 350 cc air, kemudian rebus sampai air sisa setengahnya. Air hasil rebusan itulah yang bisa Anda gunakan untuk membasuh atau membilas vagina.

Khasiat Ocimum basilicum

Selain daun sirih, obat herbal lainnya yang bisa Anda gunakan adalah Ocimum basilicum atau yang akrab disebut dengan kemangi. Daun kemangi mengandung eugenol dan atsiri yang mampu membunuh kuman ataupun jamur penyebab bau tidak sedap.

Cara memanfaatkannyapun tergolong mudah yaitu dengan dimakan langsung ataupun dijadikan minuman. Kalau Anda ingin membuat menjadi minuman, cara yang bisa dilakukan adalah dengan menumbuk segenggam daun kemangi, kemudian dicampur dengan air. Setelah itu diperas dan disaring, hasil saringan itulah yang bisa Anda minum.

Manfaatkan Juga Lidah buaya

Jika bau tidak sedap masih belum hilang, Anda juga bisa memanfaatkan lidah buaya sebagai alternatif lain. Lidah buaya juga dikenal sebagai tanaman yang berkhasiat menghilangkan bau tidak sedap pada vagina.

Cara memanfaatkannya adalah dengan diminum, yaitu dengan cara mencampurkan air putih dengan sari lidah buaya yang telah dicuci dan ditumbuk halus terlebih dahulu. Yang perlu diperhatikan adalah jangan memakai atau membilas langsung pada organ intim, karena justru akan membuatnya menjadi kering.

**

Nah, itulah beberapa pengobatan alami yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau tidak sedap pada vagina. Hanya saja, jika bau tidak mau hilang juga maka sebaiknya Anda memeriksakan diri kedokter agar lebih intensif dan alasan lain adalah bisa saja organ intim Anda terserang penyakit yang tidak ringan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *