9 Hal Penting Diketahui Sebelum Mengkonsumsi Suplemen

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Mengonsumsi suplemen merupakan salah satu bagian dari gaya hidup modern. Berbagai situasi dan kondisi tubuh membuat seseorang memutuskan untuk mengonsumsi suplemen. Namun, segala sesuatu ada manfaat positif dan negatifnya. Begitu juga dengan penggunaan suplemen.

Nah, sebelum Anda mengonsumsi suplemen, sebaiknya Anda memperhatikan 9 hal di bawah ini :

Mengenal tubuh terlebih dahulu

Tak sedikit orang yang asal minum suplemen tanpa tujuan yang jelas. Kadang mereka hanya ikut-ikutan. Suatu waktu mungkin mereka mendengar dari teman-teman atau tetangga bahwa minum suplemen itu bagus, lantas mereka mengonsumsinya.

Orang minum suplemen itu ada alasannya. Minum suplemen berkaitan dengan tubuh, oleh karena sebelum mengkonsumsi kenali dulu tubuh Anda apakah memang sangat butuh suplemen atau tidak.

Selalu cek kadarluarsa dan kandungan

Ketika memutuskan membeli suplemen, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan melihat kadaluarsa dan kandungan yang terdapat dalam suplemen yang mau dibeli. Ini adalah tindakan yang harus dilakukan oleh seorang konsumen yang cerdas. Juga dicek apakah mendapat izin beredar dari pemerintah atau tidak.

Batasi penggunaannya

Jika sudah merasa cocok dengan satu merek suplemen dan suplemen yang dipakai terbukti bagus sebaiknya tidak suka gonta ganti suplemen. Begitu juga, hindari penggunaan berbagai jenis suplemen dalam waktu yang bersamaan tanpa pengetahuan atau asal coba saja.

Pahami manfaat dan efek samping

Kurang lebih sama dengan obat kimia, suplemen tertentu juga memiliki manfaat tapi juga menimbulkan efek samping baik efek ringan maupun berat. Sebelum mengkonsumsi, pahami dulu apa saja keuntungan yang bisa diperoleh serta apa saja pengaruh buruknya terhadap tubuh. Jangan mengkonsumsi sesuatu membabi buta.

Pilihlah yang berkualitas

Tak mustahil di pasar beredar berbagai suplemen dengan berbagai harga dan juga bermacam-macam kandungan. Harus diketahui tidak semua suplemen yang dijual itu benar-benar baik.

Selalu ada suplemen yang bahan/kandungannya tidak berkualitas. Carilah yang mereknya terpercaya agar hasilnya juga prima. Jangan sampai terjebak pada suplemen abal-abal.

Konsumsi sesuai saran

Berbagai suplemen mungkin memiliki aturan pakai yang berbeda-beda tergantung jenis kelamin pemakai, usia dan kesehatan. Jumlah yang boleh dikonsumsi mungkin berbeda antara satu orang dengan orang lainnya. Jadi, jangan lupa mengkonsumsi sesuai aturan agar efek negatif yang timbul besar.

Evaluasi hasil setelah konsumsi

Sebagai seorang pribadi yang menginginkan hal terbaik dan dituntut untuk merawat tubuh sebaik mungkin, biasakan diri untuk mengevaluasi semua suplemen yang dikonsumsi. Jika reaksi tubuh terhadap suplemen kurang terasa atau malah meyebabkan sakit di bagian tertentu dalam jangka panjang, sebaiknya dihentikan.

Hati-hati ketergantungan

Jangan biasakan mengonsumsi suplemen setiap saat karena juga bisa membuat Anda merasa tidak bisa hidup tanpa suplemen. Sebaiknya, lebih banyak penggunaan makanan dan minuman yang berasal dari alam dan mengandung vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Kebiasaan kadang membuat kita merasa merasa ketergantungan.

Sebaiknya atas saran dokter

Mengonsumsi suplemen sebaiknya juga dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter agar penggunaan suplemen berpengaruh baik pada tubuh.  Mana tahu tubuh Anda sebenarnya tidak terlalu membutuhkan suplemen atau pilihan suplemen tertentu kurang bagus untuk kesehatan Anda karena Anda mengidap penyakit tertentu.

***

Demikianlah hal-hal yang harus Anda ketahui tentang konsumsi suplemen. Beberapa tips di atas bisa dijadikan pertimbangan baik sebelum maupun ketika sudah mengonsumsi suplemen. Semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *