Manfaat Kentang untuk Tubuh dan Wajah

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Siapa yang tak suka dengan kentang goreng atau kripik kentang yang biasanya dikonsumsi sebagai cemilan di waktu senggang, sambil menonton atau mengobrol bersama? Ataukah Anda salah seorang yang melakukan diet dengan mengkonsumsi kentang rebus sebagai pengganti nasi?

Kentang merupakan sumber karbohidrat yang mudah didapat dan disukai banyak orang. Kentang juga populer untuk diolah menjadi beragam camilan sehat. Tapi apakah Anda sudah mengetahui apa saja manfaat kentang bagi tubuh kita?

Mari kita mengupas lebih dalam manfaat kentang untuk tubuh dan wajah.

Manfaat Kentang untuk Tubuh

Di antara beberapa manfaat kentang untuk tubuh kita yaitu:

1. Menurunkan tekanan darah tinggi Kentang mengandung kalium, magnesium, dan kalsium yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah.

2. Sebagai penawar racun Kandungan garam alkali menjadikan kentang sebagai salah satu makanan basa yang paling kuat, karena itu kentang sangat berguna untuk menjaga cadangan alkali tubuh.

3. Mengobati maag. Dalam kentang terkandung atropine yang dapat membantu mengurangi asam lambung dan mengurangi sakit pada lambung.

4. Mengobati batu ginjal. Kandungan magnesium pada kentang dapat menolak kalsium yang ada pada jaringan ginjal.

5. Membantu dalam pembentukan zat besi dalam darah. Kandungan vitamin serta kalsiumnya yang tinggi menjadikan kentang sebagai sumber terbaik dalam pembentukan zat besi dalam darah, serta menjamin sistem ketahanan tubuh.

6. Menurunkan kadar kolesterol. Kentang memiliki kandungan kalori rendah, dan potasiumnya dua kali lipat dari pisang dan fiber, serta jumlah lemaknya di bawah paras 25%, membantu menghalangi penumpukan kolesterol dalam darah.

7. Mencegah kanker. Vitamin B6 pada kentang ampuh melawan terjadinya pembentukan tumor dalam tubuh yang sangat memicu kanker.

8. Menyehatkan tulang. Zat Besi, kalsium, fosfor, magnesium, dan seng yang ada dalam kentang mampu membangun dan membentuk struktur serta kekuatan tulang. Karena itu, kentang juga sangat baik dalam mengobati memar.

9. Menyehatkan jantung. Serat, kalium, vitamin C dan vitamin B-6 mendukung kinerja jantung yang sehat. Kandungan kolesterol yang rendah juga sangat baik untuk jantung.

10. Menyehatkan otak dan saraf. Kandungan vitamin B6 yang tinggi sangat membantu kesehatan otak dan proses transmisi yang dilakukan dalam saraf. Biasanya zat lysine tidak terdapat pada nabati, tetapi di dalam kentang terdapat lysine yang sangat penting dalam pertumbuhan badan dan otak.

11. Membentuk sel-sel baru. Vitamin B6 dibutuhkan untuk melakukan reaksi kimia dalam pembentukan sel tubuh. Sebagian besar protein dan asam amino membutuhkan vitamin B6 untuk sintesis dalam pembentukan DNA yang merupakan sel-sel baru dalam tubuh kita.

Manfaat Kentang untuk Perawatan Wajah

Kentang tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, melainkan juga untuk perawatan wajah. Sudahkan Anda tahu, bahwa kentang juga bisa memutihkan wajah? Mari kita simak manfaat kentang untuk wajah.

1. Memutihkan dan melembutkan kulit 

Kandungan potassium, dan vitamin C pada kentang sangat cocok untuk perawatan kulit, seperti wajah berminyak dan berjerawat. Kupas dan parut 2 buah kentang, oleskan pada wajah hingga merata, biarkan selama 1/2 jam. Hal ini juga bisa dilakukan untuk melembutkan tangan.

2. Mengobati wajah berjerawat

Kentang dicuci bersih kemudian diiris tipis-tipis. Irisan kentang ditempelkan pada bagian wajah yang berjerawat atau pada seluruh wajah. Angkat ketika kentang sudah kering dan berwarna keabu-abuan.

3. Mengatasi bengkak dan lingkaran hitam di sekitar mata

Parut kentang yang sudah dicuci dan dikupas. Masukkan parutan kentang ke dalam kain tipis yang bersih (kain kasa atau kain mori). Kompres kelopak mata dan daerah sekitar mata yang bengkak. Gunakan beberapa kali, agar bengkaknya mengempis. Hal ini juga bisa dilakukan untuk mata yang lelah agar kembali bersinar.

**

Nah, sekarang Anda tahu bukan, bahwa manfaat kentang begitu banyaknya, baik bagi tubuh maupun kulit dan wajah kita. Selamat menikmati manfaat kentang ya!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *