Trik Make Up Menyiasati Wajah Berjerawat

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Jerawat pada wajah memang sangat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri.  Satu jerawat saja bisa membuat seseorang malu atau takut untuk keluar rumah, tidak berani beraktivitas, khawatir dicela oleh kawan-kawan atau jerawatnya bertambah parah karena panas dan polusi.

Tapi apa mau dikata, show must go on, tidak mungkin kita menghentikan semua kegiatan hanya karena jerawat. Yang harus dilakukan adalah perawatan yang baik, untuk mengobati jerawat yang sudah muncul dan mencegah timbulnya jerawat-jerawat yang lain.

Make Up Untuk Menyiasati Wajah Berjerawat

Supaya penampilan tetap terjaga dan kepercayaan diri tidak luntur, perlu adanya siasat untuk menutupi jerawat dan bekas jerawat pada wajah dengan menggunakan make up yang tepat. Make up untuk menutupi wajah yang berjerawat dapat dilakukan dengan beberapa langkah agar hasilnya sempurna. Yuk kita intip!

1. Face Primer

Yaitu kosmetik yang fungsinya meratakan warna kulit sebelum diberi foundation atau alas bedak. Face primer mampu menyamarkan kemerahan jerawat dan bekas jerawat, serta membuat make up lebih tahan lama. Primer yang mengandung SPF sangat baik untuk wajah berjerawat. Sinar matahari bisa membuat flek hitam bekas jerawat sulit hilang.

Untuk wajah dengan kulit berminyak, gunakan primer yang oil-free dan bertekstur ringan, karena face primer yang berbasis minyak bisa membuat alas bedak dan bedak terlihat belang dalam beberapa jam.

2. Foundation

Gunakan foundation yang sesuai untuk kulit berjerawat dan jenis kulit Anda, misalnya foundation yang oil-free dan non-comedogenic. Foundation non-comedogenic bisa mencegah penyumbatan di pori-pori kulit wajah, sehingga mencegah jerawat semakin parah.

Atau bisa juga memilih foundation berupa mineral powder yang meskipun kurang mampu menutup jerawat tetapi cenderung tidak menutup pori-pori. Pilih foundation yang sewarna dengan kulit wajah Anda, usapkan secara merata pada wajah dan jangan berlebihan.

3. Concelear

Yaitu krim wajah yang fungsinya untuk menutupi noda pada wajah. Sesuaikan dengan jenis kulit wajah Anda. Untuk kulit berminyak gunakan concelear berbahan bubuk mineral. Untuk kulit kering pilihlah concelear cair. Pilihlah concealer yang memiliki warna setingkat atau dua tingkat di atas warna kulit wajah Anda.

Pastikan wajah dan jari tangan dalam keadaan bersih sebelum memakainya. Panas dari jari tangan akan membuat concealer lebih mudah menyatu dengan kulit. Atau gunakan kuas khusus concealer yang bersih.

4. Bedak

Pilih bedak yang senada dengan warna kulit. Jangan gunakan bedak yang terlalu putih karena akan memberi efek seperti topeng. Bedak akan menutupi tampilan concealer dan menyatukan foundation dengan concealer. Untuk kulit berminyak sebaiknya hindari bedak padat, melainkan pilihlah bedak tabur, usapkan secara merata pada wajah.

**

Sempurnakan riasan Anda dengan menambahkan eyeshadow, blush on, dan shimmering powder. Gunakan make up yang soft dan berilah aksen warna sedikit menyala pada mata dan bibir agar tatapan lawan bicara Anda beralih pada dua bagian tersebut.

Jangan lupa untuk membersihkan wajah dengan tuntas agar sisa riasan tidak membuat jerawat semakin meradang dan merangsang tumbuhnya jerawat baru.

Selamat ber-make up!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *