Makanan Sehat Ibu Hamil Trimester Pertama

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Ibu hamil menjalani masa kehamilannya selama kurang lebih 9 bulan 10 hari, yang terbagi menjadi 3 trimester, yaitu trimester pertama (0-3 bulan), kedua (3-6 bulan) dan ketiga (6-9 bulan).

Pada kehamilan trimester pertama, ibu hamil membutuhkan nutrisi yang cukup untuk mendukung perkembangan janin, mulai terbentuknya bakal organ-organ janin, hingga seluruh sistem tubuh meski belum sempurna.

Sementara itu, perubahan hormonal pada tubuh ibu menyebabkan terjadinya perubahan fisik dan psikis, yang mempengaruhi sensitivitas dan stamina ibu. Misalnya peningkatan hormon HCG yang menimbulkan mual dan muntah di pagi hari atau morning sickness. Hormon HCG dalam tubuh mempengaruhi gerakan usus menjadi lebih lambat sehingga ibu hamil mengalami konstipasi atau sembelit.

Jenis Makanan Sehat Ibu Hamil Trimester Pertama

Beberapa jenis makanan sehat yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil pada trimester pertama adalah:

1. Sereal

Sereal mengandung mineral, vitamin B, karbohidrat dan kalsium. Mengkonsumsi sereal setiap pagi dapat mengatasi mual, muntah dan kehilangan nafsu makan. Sereal juga memiliki variasi rasa sesuai selera. Anda juga bisa memilih roti gandum yang kaya serat dan energi.

2. Buah dan Sayur

Serat dan vitamin C dari buah-buahan dibutuhkan untuk meningkatkan stamina, menambah kekebalan tubuh dan memerangi infeksi. Pisang atau apel bisa dijadikan makanan selingan. Pisang kaya akan asam folat untuk pembentukan sel otak bayi.

Jus atau salad bisa menjadi menu harian. Sayurah hijau seperti bayam mengandung mineral dan zat besi yang dapat mencegah anemia karena mampu meningkatkan hemoglobin ke sel-sel tubuh dan memberikan energi.

3. Produk Olahan Susu

Susu kedelai, keju dan yoghurt mengandung protein dan mineral untuk pertumbuhan jaringan sel bayi dan memperbaiki jaringan sel yang rusak, pembentukan otot serta transportasi oksigen ke janin, juga kaya akan kalsium yang membantu pertumbuhan tulang janin.

5. Kacang-kacangan

Kedelai, kacang merah, dan kacang hijau mengandung protein yang bermanfaat untuk energi dan kekebalan tubuh, serta asam folat dan vitamin B sangat dibutuhkan untuk perkembangan sistem saraf bayi.

6. Seafood

Ikan, udang, cumi-cumi, dan rumput laut mengandung protein tinggi dan asam lemak omega 3 untuk pembentukan otak janin. Namun, Anda harus berhati-hati karena kandungan merkuri pada jenis ikan tertentu bisa mengganggu perkembangan janin. Hindari ikan mentah karena dapat meningkatkan kadar lemak jenuh dalam tubuh.

7. Air dan Vitamin

Mengkonsumsi lebih banyak air putih yang dicampur sari buah tanpa tambahan gula bisa mengurangi mual. 3-4 liter air putih sehari tetap diperlukan. Vitamin juga mendukung masa kehamilan trimester pertama.

Menu Makanan Sehat Ibu Hamil Trimester Pertama

Sebagai contoh, ada baiknya Anda mengikuti menu makanan sehat berikut ini pada trimester awal kehamilan Anda.

  • Sarapan

Pukul 09.00: segelas susu, selembar roti oles mentega tipis, 2 butir telur goreng dengan olive oil, atau nasi goreng dengan telur mata sapi.

Pukul 11.00: sebuah apel, 5 buah stroberi, dan segelas teh dengan gula ½ sendok teh, atau jus buah.

  • Makan siang

Pukul 13.00: 200 gram nasi, semangkuk sedang cah bayam orak arik telur atau sayur bening, 100 gram ikan mas pesmol/bumbu kuning dan tempe goreng.

Pukul 15.00: segelas susu, 100 gram kacang campur, sepotong biskuit tanpa rasa, atau buah jeruk.

  • Makan Malam

Pukul 19.00: 200 gram kentang panggang daging giling dengan semangkuk kecil puding buah campur, atau nasi dengan bistik, bakwan jagung dan salad.

Menjelang tidur: segelas susu.

**

Selamat menjalani trimester pertama kehamilan Anda, semoga janin Anda tumbuh sesuai harapan dan kesehatan Anda selalu terjaga.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *