6 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Terkait Minum Teh

6 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Terkait Minum Teh

DOKTERCANTIK.COM – Meminum teh merupakan salah satu tradisi turun temurun yang diwariskan oleh nenek moyang kita.Tradisi minum teh ini tidak hanya di negara kita bahkan di semua negara di dunia. Kebiasaan minum teh terus dipertahankan karena teh bukanlah minuman biasa tapi teh mengandung manfaat yang luar biasa untuk tubuh.

 

Teh dipercaya merupakan minuman antioksidan, bisa membantu memperbaiki sel tubuh yang rusak, membantu diet, mempercantik kulit dan sebagainya. Selain kaya manfaat, minum teh memang sudah mengakar dan tidak bisa dipisahkan dari masyakarat kita. Kadang mereka tidak peduli dengan kandungan teh, yang mereka tahu tiada hari tanpa teh.

Bahkan sebagian orang tidak bisa makan kalau di mejanya tidak tersedia teh baik hangat maupun dingin. Saking sudah menjadi biasanya dan ketergantungan minum teh, tak sedikit orang yang lupa bagaimana seharusnya mereka mengkonsumsi teh.

TERKAIT:  7 Cara Merawat Kesehatan Gigi

Meskipun minum teh dianjurkan karena baik untuk kesehatan, tidak berarti dibolehkan mengkonsumsi teh setiap saat dan sesuka hati. Segala sesuatu tetap ada rambu-rambu yang harus diperhatikan. Terkait teh, ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan yaitu :

Tidak meminum bersamaan ketika minum obat

Ketika Anda sakit dan meminum obat tertentu, sebaiknya hindari minum teh karena ketika teh diminum bersamaan dengan obat akan menimbulkan reaksi yang bisa merugikan kesehatan. Penggunaan obat juga tidak akan maksimal karena terhambat oleh teh. Mengkonsumsi teh dan obat dalam waktu bersamaan akan memberikan efek samping membahayakan.

Hati-hati kebiasaan minum teh setelah makan

Nah, ini dia kesalahan yang sering dilakukan oleh sebagian besar masyarakat kita. Entah dari mana dan seperti apa asal usulnya, ketika makan maka belum lengkap tanpa teh. Padahal ini sangat merugikan. Kita makan untuk memberikan nutrisi bagi tubuh agar tubuh tidak kekurangan vitamin. Tapi dengan meminum teh langsung setelah makan yang ada malah penyerapan zat besi jadi terganggu.

TERKAIT:  Gejala Dan Penanganan Herpes Oral

Hindari dehidrasi ketika berpuasa

Ketika berpuasa kita juga sering mendengar anjuran dari orang-orang terdekat untuk minum teh ketika sahur dan berbuka, ternyata hal ini sangat tidak dianjurkan oleh pakar kesehatan. Teh mengandung kafein yang bisa menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi.

Minum teh sebelum makan

Apakah Anda sering disediakan minuman teh pagi hari oleh orang tua atau isteri Anda? Jika iya, sebaiknya mulailah berterus terang dan merubah kebiasaan ini.Anjuran ini sangat ditekankan terutama kepada mereka yang menderita asam lambung.

Minum teh sebelum makan justru akan memperparah asam lambung karena teh bisa meningkatkan jumlah asam lambung. Sebaiknya, makanlah nasi atau roti terlebih dahulu. Beberapa jam setelah itu baru disusul oleh teh.

TERKAIT:  6 Tips Diet Sehat Dan Aman

Tidak dianjurkan sebelum tidur

Mungkin Anda sering susah tidur dan gelisah tidak menentu di malam hari. Banyak faktor yang menyebabkan masalah ini terlebih masalah psikologi. Namun, kebiasaan minum teh ternyata juga bisa menjadi pemicunya karenamengandung kafein.

Dalam keadaan sakit

Meminum teh harus lebih diperhatikan terutama bagi penderita mag, mereka yang mengalami masalah ginjal, sedang demam, penyakit jantung, gangguan pencernaan dan mereka yang sedang mengalami anemia. Meminum teh bisa memperburuk keadaan tubuh. Begitu juga dengan perempuan hamil dan menyusui.

***

Agar teh tetap bermanfaat dan tidak berpengaruh buruk pada kesehatan, perhatikanlah beberapa tips penting diatas. Tetap waspada agar teh tidak menyerang tubuh Anda.