Mengenal Lebih Dekat Penyakit Kolesterol

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Pernahkah ada yang mengingatkan Anda, ketika Anda sedang menikmati hidangan lezat, bahwa Anda harus berhati-hati akan meningkatnya kadar kolesterol?

Meningkatnya kadar kolestrol dalam tubuh memang bisa menjadi penyebab beberapa penyakit tertentu. Mengapa demikian? Apakah sebenarnya kolesterol, penyakit kolesterol dan bagaimana cara mencegahnya? Mari kita simak artikel yang satu ini!

Apa Itu Kolesterol?

Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Kolesterol terbagi menjadi dua macam, yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat.

Kolesterol baik atau HDL sangat penting untuk membantu penyerapan asam lemak esensial dan memproduksi hormon-hormon seks dalam tubuh. Sedangkan kolesterol jahat atau LDL dapat menyebabkan penimbunan lemak pada pembuluh darah yang kemudian bisa memicu timbulnya serangan jantung.

Bagaimana Penyakit Kolesterol Menyerang Anda?

Hiperkolesterolimia atau tingginya kadar kolesterol dalam darah terjadi apabila kadar kolesterol melebihi batas normal kolesterol dalam tubuh, yaitu 160-200 mg. Kadar kolesterol pada usia 9 tahun dapat mencerminkan kadar kolesterol pada usia 40 atau 50 tahun. Obesitas dapat memperburuk kadar kolesterol, tetapi 35 persen yang berbadan kurus pun dapat mengalami kolesterol tinggi.

Kolesterol dapat mengendap pada dinding arteri dan menghambat aliran darah di jantung, otak, dan bagian tubuh lainnya. Sehingga, kolesterol tinggi meningkatkan risiko penyempitan arteri, penggumpalan darah, stroke dan serangan jantung.

Pola makan yang buruk dan kebiasaan merokok akan lebih berisiko terkena stroke atau penyakit jantung. Pada rokok terdapat zat kimia yang disebut akrolein, yang dapat menghentikan aktivitas kolesterol baik atau HDL untuk mengangkut timbunan lemak menuju hati sehingga terjadi penyempitan arteri.

Bagaimana Mencegah Penyakit Kolesterol?

Pola makan sehat merupakan faktor utama untuk mencegah penyakit kolesterol. Ada pun beberapa cara lain mencegah penyakit kolesterol yaitu:

  1. Mengontrol porsi makan. Makanlah dengan porsi daging atau ikan kira-kira seukuran telapak tangan, porsi buah segar seukuran kepalan tangan, dan porsi sayuran matang, nasi, atau pasta seukuran tangan tertangkup.
  2. Mengkonsumsi sumber makanan a Makanlah lebih banyak buah dan sayuran, dan kurangi makanan berlemak. Makanan yang diperkaya dengan sterol, seperti margarin oles dan yogurt juga dapat membantu menurunkan kolesterol LDL.
  3. Mengkonsumsi ikan. Ikan memiliki lemak jenuh rendah dan tinggi asam lemak sehat omega-3, yang membantu menurunkan tingkat trigylcerides. Mereka juga dapat membantu menurunkan kolesterol, memperlambat pertumbuhan plak di arteri.
  4. Mengkonsumsi gandum di pagi hari. Serat dan karbohidrat kompleks dalam gandum membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga Anda tidak makan berlebih pada waktu siangnya. Gandum juga membantu mengurangi kolesterol LDL.
  5. Mengkonsumsi kacang. Sejumlah kacang dapat membantu menurunkan kolesterol, yaitu kacang-kacangan tinggi kandungan lemak tak jenuh tunggal untuk menurunkan kolesterol LDL dan meninggalkan kolesterol HDL utuh.
  6. Mengurangi kentang. Beberapa karbohidrat seperti roti putih, kentang putih, beras putih, dan kue kering, dapat meningkatkan kadar gula darah lebih cepat dan menyebabkan Anda cepat lapar sehingga bisa makan berlebihan.
  7. Rajin berolahraga. Olahraga dapat membantu menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL. Olahraga ringan bisa dilakukan dengan berjalan-jalan dan melakukan pekerjaan rumah tangga
  8. Selektif memilih hidangan di luar rumah. Pilih makanan yang dipanggang, dioven, dikukus, dan dibakar, dan jangan yang digoreng. Pisahkan saus di pinggir. Kontrol porsi dengan meminta setengah makanan Anda dibungkus sebelum makanan dibawa keluar.
  9. Perhatikan label gizi pada kemasan makanan. Sebuah makanan dengan “kolesterol 0 gram” masih mungkin meningkatkan kolesterol LDL Anda. Karena lemak jenuh merupakan penyebab lain yang perlu diperhatikan.

**

Jadi, memang benar, Anda harus selalu waspada dalam mengkonsumsi makanan lezat, jangan sampai kadar kolesterol Anda tidak terkontrol.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *