Cara Mengatasi Rasa Gatal Pada Kaki

Loading...

Beberapa masalah yang biasa terjadi pada kaki adalah munculnya rasa gatal yang disertai dengan permukaan kulit yang kering dan bersisik. Pada beberapa kasus rasa gatal yang timbul kadang tidak disertai gejala lain.

Pada umumnya rasa gatal pada kaki disertai dengan permukaan kulit yang kering terjadi karena dipicu oleh beberapa faktor, seperti alergi  terhadap makanan tertentu, obat-obatan, iritasi detergen dan produk kosmetika.

Selain itu bisa juga disebabkan karena faktor cuaca ekstrim seperti angin, matahari dan cuaca yang dingin. Penyebab lain dari munculnya rasa gatal karena penyakit kulit seperti eksim, kurap dan penyakit kulit lainnya.

Secara umum, timbulnya rasa gatal pada kaki terjadi karena kurang menjaga kebersihan di sekitar kaki atau akibat kekurangan cairan tubuh serta nutrisi penting lainnya. Untuk dapat mengatasi rasa gatal pada kaki dengan baik, maka sebaiknya kenali penyebabnya terlebih dahulu.

Dengan mengetahui penyebab timbulnya rasa gatal-gatal pada kaki, maka kita dapat melakukan penanganan dan pengobatan yang tepat.

Cara Mengatasi Gatal Pada Kaki Karena Penyakit Eksim

Penyakit eksim adalah jenis gangguan kulit kronis yang dapat terjadi tidak hanya pada orang dewasa, tetapi juga pada anak-anak, bahkan pada bayi. Hal ini ditandai dengan ruam merah, kering, dan bersisik yang disertai rasa gatal.

READ:  Tips dan Cara Mengobati Hipopigmentasi

Untuk mengatasi rasa gatal pada kaki akibat penyakit eksim ini, maka yang paling penting dilakukan adalah mengobati penyakit eksimnya terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa cara mengobati penyakit eksim dan rasa gatal yang ditimbulkannya:

  • Probiotik atau bakteri baik. Peran probiotik untuk membantu dalam menekan pertumbuhan bakteri berbahaya, memperkuat saluran pencernaan, dan meningkatkan imunitas sehingga bakteri penyebab rasa gatal ini dapat segera di atasi.
  • Gamma-Linolenic Acid atau GLA. Gamma-linolenat atau GLA adalah jenis penting dari asam lemak Omega-6 yang efektif dalam memperbaiki masalah dalam lapisan lemak kulit. GLA dapat ditemukan dalam minyak bunga evening primrose serta minyak borage.
  • Krim atau gel herbal. Pemanfaatan gel herbal dan krim herbal seperti yang terbuat dari licorice, atau chamomile telah ditemukan untuk secara efektif mengurangi gejala eksim.

Cara Mengatasi Gatal Pada Kaki Karena Faktor Cuaca dan Pengaruh Alergi

Faktor cuaca yang ekstrim dan beberapa jenis alergi tertentu kerap kali menyebabkan gangguan pada kulit tubuh, termasuk pada kulit kaki dan menimbulkan rasa gatal yang sangat mengganggu.

READ:  Tips Agar Mulut Tidak Berbau Saat Puasa

Nah, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi rasa gatal yang disebabkan oleh faktor cuaca atau akibat pengaruh alergi.

  • Gunakan krim pelembab khusus untuk kaki jika hendak beraktifitas di daerah terbuka agar kulit kaki anda tetap terjaga kelembabannya.
  • Jagalah suhu tubuh agar tetap konstan, gunakan celana panjang untuk melindungi kulit dari berbagai cuaca.
  • Hentikan sementara konsumsi obat, produk kosmetika dan makanan tertentu jika dianggap baha hal-hal tersebut menjadi pemicunya.
  • Jaga kebersihan kulit, pakaian dan pengalas kaki atau segala yang berhubungan dengan kaki anda.
  • Pada kondisi tertentu, gunakan salep anti bakteri untuk menghentikan rasa gatal yang disebabkan oleh bakteri.
  • Jagalah diet dengan mengkonsumsi banyak sayuran, buah-buahan dan minum air putih secukupnya untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit.

Pada dasarnya rasa gatal timbul karena kurang menjaga kesehatan kulit kaki. Selain dengan menjaga kebersihan dan higiene personal, jika rasa gatal pada kaki sudah menyerang, maka tidak ada salahnya mencoba salah satu dari beberapa tips dan cara di atas.

Semoga artikel tentang cara mengatasi dan mengobati rasa gatal pada kaki ini bermanfaat untuk anda. Salam sehat!

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...


Loading...

KOMENTAR PEMBACA

  1. Dok,kulit kaki sya gatal,dri bawah paha hingga bawah lutut,gatalny ky Dari dalem, tk berbekas,klw di garuk do bagian rmbut kaki ky ana air sedikit gmn cra mngobatinya,

  2. Kaki sya gatal,tpi bkn gatal yg berkoreng,gatalny biasanya di Kaki bagian paha kebawah lutut Ada rmbut kecil2,klw digaruk keluar air sedikit

  3. Selamat sore dok..
    Ini saya aditya
    Saya mau konsultasi nih dok,mengenai masalah kaki saya yang gatal pada bagian seluruh kaki terkecuali telapak kaki…
    Ini kaki saya gatal sekali disaat saya tidur
    Sehingga kaki saya sampai lecet dan menjadi koreng saat saya garukin…
    Mohon arahan nya ya dok pantangan apa saja yg harus saya makan…dan bagaimana cara mengobati nya…terimakasih dok

  4. Jempol kaki saya gatal udah dikasih bermacam salep tapi masih gatal sampai kulit disekitar jempol kering. Kuku kakinya juga tumbuh tidak normal jelek berantakan. Itu penyebabnya apa ya dokter, minta tolong bantuannya bagaimana cara mengobatinya?

  5. ass….dok saya udin kaki saya ada bintik kecil karena gatal saya pecah
    saya sudah pakai salep dan kedokter,tapi sampai sekarang belum sebuh
    malah semakin meleber
    penyakit gatal pada kaki saya sdh 2 bulan,
    mohon solusinya dok

  6. Ass,dok ini kaki saya gatalnya tidak hilang2 dibagian atas kaki pdhal udah prnah sembuh tapi sekarang kumat lagi dan diobati tdak sembuh2 kenapa ya dok

  7. ass.dok mau tanya kalo di telapak kaki ada bintik kecil berair dan gatal2 itu apa obatnya ya ?
    dulu pernah saya pecahkan tp kulit bekas pecahan terasa gatal dan bahkan sekarang ada lagi tumbuh berair di area dekat dengan bentol berair yg pertama …
    mhohn solusinya dok, terimaksh >>>

  8. Siang dok…sy beberapa hari ini sering merasa gatal di bagian kaki,kadang di tumit,akadang juga di pinggir luar kaki dok,sy sdh berusaha mengunakan lotion caladine cair tp tdk sembuh juga dan kadang sy minum obat ctm,kalau keseringan takut efek ke samping ke ginjal,dok tlg solusinya dong,,tq

  9. selamat siang dok. kaki & paha saya mengalami gatal & banyak nanah cair bening (bentol kecil2). sudah 6 bulan tidak lekas sembuh. sudah berobat ke puskesmas, sembuh hanya seminggu. dan saya berobat ke dokter terdekat hanya mengurangi saja, tidak sembuh total. lalu muncul kembali. saya bingung dan merasa terganggu banget. mohon solusinya dokter.

    trima kasih

  10. ass,dok ini pengalaman saya terhadap istri saya ..punya penyakit kulit yg aneh….rasa gatalnya setelah malam hari…padahal orangnya rajin jaga kebersihan, tiap malam setelah mandi malam menjelang tidur selalu menggaruk kedua kakinya sampai mengelupas dan timbul luka bekas garukan yg kemudian jd bekas hitam pd seluruh bagian pd kedua kakinya……kalau sy amati tdk ada luka atau disebabkan bakteri2……..akan tetapi rasa gatal ada pada bagian dslam kulit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *