Manfaat Daun dan Getah Sukun untuk Kesehatan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Rasanya yang manis dan daging buahnya tebal dan empuk seperti roti. Tidak heran dalam bahasa Inggris buah ini disebut breadfruit. Mungkin disebut demikian karena rasanya seperti makan roti padahal yang dimakan adalah jenis buah. Kandungan gizinya hampir sama dengan makanan sumber karbohidrat lainnya seperti beras, ubi, jagung maupun kentang.

Ada versi yang menyebutkan tanaman ini berasal dari Papua New Guinea, Maluku dan Philipina. Ada pula yang menyebutkan ketiga negara tersebut merupakan asal dari bibit buah lain yang masih dalam satu family kemudian berkembang menjadi buah sukun seperti yang kita kenal sekarang. Namun yang jelas sukun bukanlah bahan penganan yang asing bagi rakyat Indonesia. Biasa dikonsumsi sebagai cemilan ataupun bahan makanan utama.

Selain untuk bahan pangan yang mengenyangkan, sukun juga bermanfaat untuk kesehatan anda. Seluruh bagian dari sukun bisa digunakan untuk berbagai keperluan, namun yang bermanfaat untuk kesehatan di antaranya adalah daun dan getah sukun. Rebusan air daun sukun bisa digunakan oleh penderita ginjal dan asam urat. Sedangkan getah sukun bisa digunakan untuk membasmi jamur pada kulit dan obat diare.

Manfaat Daun Sukun untuk Kesehatan

Berikut cara meramu daun sukun untuk penyakit asam urat dan ginjal, menurut Ketty Husnia Wardany (2012).

Untuk Obat Asam Urat

  • 15 gr daun sukun yang sudah dikeringkan
  • 2 sendok the serbuk daun greges otot
  • Seduh dengan air mendidih
  • Saring dan dinginkan kemudian diminum

Bila anda tidak terlalu suka pahit dapat menambahkan pemanis seperti gula dan madu. Namun jumlahnya jangan terlalu banyak.

Untuk Penyakit Ginjal

  • Cuci 3 lembar daun sukun yang hijau tua sampai bersih.
  • Iris dan jemur hingga kering
  • Rebus dalam 2 liter air sampai jumlah air tinggal setengahnya setelah itu masukkan kembali 1 liter air kemudian didihkan kembali hingga tinggal separuh airnya
  • Saring hasil rebusan dan kemudian diminum dengan porsi satu gelas dalam satu hari

Menggunakan air rebusan daun sukun sebagai obat tidak hanya di Indonesia saja, di beberapa daeraah lain yang juga terdapat pohon sukun seperti Hawaii, Filipina bahkan Trinidad meyakini khasiat dari daun sukun. Selain untuk kedua penyakit di atas, daun sukun diketahui berkhasiat untuk proses penyembuhan kardiovaskular karena mampu menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung.

Berdasarkan hasil penelitian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), daun sukun diketahui mengandung zat berguna seperti asam hidrosianat, asetilcolin, tannin, riboflavin dan ragam zat berkhasiat lainnya.

Manfaat Getah Sukun untuk Kesehatan

Sementara itu cara penggunaan getah sukun disesuaikan dengan penyakit anda. Ada yang dijadikan minuman, ada pula yang dijadikan obat luar. Konon di daerah Ambon para wanita mengonsumsi getah sukun yang diolah menjadi sejenis minuman untuk pemulihan pasca melahirkan. Fungsinya untuk mencairkan/membersihkan darah. Dikonsumsi selama 6 hari.

Untuk kulit yang gatal karena jamur bisa anda obati dengan mengoleskan langsung pada area yang ditumbuhi jamur. Bagi penderita diare biasanya akan buang air terus menerus yang membuat anda menjadi lemas dan kekurangan cairan. Konsumsi getah sukun yang dicampur dengan air minum agar bisa membantu menghentikan buang air besar yang terus menerus. Porsi secukupnya saja.

Semoga bermanfaaat.

Loading...

Komentar Pembaca untuk “Manfaat Daun dan Getah Sukun untuk Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *