4 Jenis Jerawat Yang Sering Menyerang Wajah

DOKTERCANTIK.COM – Mungkin kamu selalu mengira bahwa jerawat yang kamu miliki dengan jerawat yang muncul di wajah teman kamu adalah sama. Sama-sama berwarna merah, menyakitkan, menganggu penampilan dan pastinya mengurangi rasa percaya diri.

Namun sayangnya, kamu keliru. Bila diperhatikan sekilas, semua jerawat memang akan tampak sama. Padahal sebenarnya terdapat berbagai jenis jerawat yang terkadang menyerang kulit wajah.

Untuk lebih memperjelas perbedaan tersebut, berikut adalah beberapa jenis jerawat yang mungkin perlu untuk Anda ketahui. Dengan mengetahui jenis jerawat yang menyerang wajah, tentu akan lebih mudah untuk mengatasinya. Simak ulasannya ya, Cantikers.

1. Jenis Non-Inflamatory

Jerawat jenis ini merupakan jerawat yang tidak akan membuat kamu merasa kesakitan, dan ukurannya tidak bertumbuh menjadi semakin besar.

Loading...

Pada jenis jerawat ini, terdapat dua kategori yaitu:

  • Komedo putih (whiteheads)
    Ini memang terkadang cukup membingungkan bagi kebanyakan orang, namun ya, komedo merupakan jenis jerawat yang tidak memiliki lapisan kulit di atasnya. Komedo muncul akibat tersumbatnya pori-pori wajah oleh berbagai kotoran atau riasan wajah yang tersisa. Jika tidak diberi perawatan khusus, maka komedo ini akan berubah menjadi jerawat merah dan kecil.
  • Komedo hitam (blackheads)
    Komedo hitam merupakan jenis jerawat yang menyumbat lapisan pori-pori dan dalam keadaan terbuka. Mengapa hitam? Sebab jerawat itu teroksidasi oleh udara sehingga mengalami perubahan warna menjadi lebih gelap. Jenis ini sama seperti whiteheads, banyak ditemukan pada daerah dahi dan hidung.
READ:  Masker Buah Untuk Mengatasi Jerawat

Jenis jerawat non-inflamatory ini termasuk golongan yang cukup ringan, jika ingin mengatasinya, Anda bisa mengunjungi salon kecantikan untuk mendapatkan layanan facial. Ataukah Anda dapat memilih bahan alami seperti baking soda dan jeruk nipis.

2. Jenis Inflamatory

Jenis ini merupakan salah satu jenis yang paling umum diderita kebanyakan orang, terasa sakit, berwarna merah, dan ukurannya dapat terus membesar. Penyebab timbulnya masalah jerawat dengan jenis ini adalah infeksi oleh bakteri yang menyerang penyumbatan pori-pori wajah.

Jenis ini terbagi lagi ke dalam beberapa golongan, antara lain:

  • Papule. Ukurannya cukup kecil, berwarna merah, dan dianggap sebagai jenis yang terbilang ringan.
  • Pustule. Jenis jerawat ini ditandai dengan warna merah dibagian pinggir, dan putih di tengah jerawat.
  • Nodule. Nodule merupakan jerawat dengan ukuran yang cukup besar, apalagi jika dibandingkan dengan pustule. Apabila disentuh, maka jerawat akan terasa sangat sakit.
  • Cyst. Cyst bisa dikatakan sebagai jerawat yang paling parah. Dari segi ukuran cukup besar, bahkan terkadang akan tampak seperti benjolan. Yang membuat jenis ini berbeda dengan jenis yang lainnya adalah fakta bahwa cyst dapat menyebar ke seluruh bagian wajah dan tidak menetap di satu area saja.
READ:  Cara Merawat Kulit Wajah Berjerawat

Penyebab utama timbulnya jenis jerawat ini adalah genetik atau keturunan. Jika Anda sedang mengalaminya, mungkin saja ada anggota keluarga kamu yang juga mengalami hal ini sebelumnya.

3. Milia

Jerawat milia ini menyerupai bintik-bintik putih dan bila diperhatikan, tidak begitu jauh berbeda dengan komedo putih (whiteheads). Perbedaannya hanya terletak pada ukuran, jerawat milia ukurannya lebih kecil sehingga Anda hanya akan menyadarinya ketika diraba.

Jenis ini terkadang muncul pada kulit bayi yang baru lahir, anak-anak serta orang dewasa sekalipun. Beberapa bahkan menyebut jenis ini sebagai biang keringat.

4. Rosacea

Rosacea. Ya namanya indah seperti bunga, namun kehadirannya hanya akan memperburuk tampilan wajah Anda. Ini merupakan jenis yang cukup sulit untuk disembuhkan. Memiliki bentuk yang dapat menyebar ke seluruh wajah sehingga terlihat mengerikan dan merusak kecantikan wajah.

**

Itulah beberapa jenis jerawat yang mungkin saja salah satunya sedang menyerang kulit wajah kamu, Jerawat merupakan hasil dari tumpukan kotoran yang tidak dibersihkan. Maka dari itu usahakan untuk selalu mencuci muka setiap malam sebelum Anda melangkah ke tempat tidur.

READ:  Tips Memilih Masker yang Tepat untuk Wajah Berjerawat

Semoga informasi ini bermanfaat ya, Cantikers.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *