Menjaga Kesehatan Sistem Detoksifikasi Tubuh

Loading...

DOTERCANTIK.COM – Dalam aktivitas sehari-hari terdapat cukup banyak racun yang masuk ke dalam tubuh yang bisa berasal dari makanan, minuman, polusi udara dan asap rokok.

Segala racun yang tidak baik untuk tubuh tersebut haruslah dikeluarkan. Cara atau proses pembuangan racun dari dalam tubuh atau mengurangi kadar racun yang sudah terlanjur menumpuk dalam tubuh anda disebut dengan detoksifikasi.

Banyak beredar di pasaran produk-produk yang menjanjikan detoksifikasi tubuh. Produknya bisa berupa obat yang harus anda konsumsi atau berupa jasa detoksifikasi seperti rendam kaki.

Sistem Detoksifikasi Internal

Dr. Oz melalui droz.com (2014) menjelaskan bahwa pada dasarnya tubuh memiliki sistem detoksifikasi internal yang sangat luar biasa.

Detoksifikasi internal melibatkan tiga organ penting yaitu hati, usus besar dan ginjal. Ketiganya memiliki fungsi masing-masing dan bekerja saling mendukung dalam hal mengeluarkan racun dari tubuh anda, yaitu :

  • Hati (Liver)

Pertahanan pertama anda untuk melawan racun adalah hati. Berfungsi untuk memfilter dan mencegah racun yang berasal dari makanan untuk masuk ke dalam aliran darah.

  • Usus Besar

Dalam usus besar terdapat bakteri yang memproduksi kedua healthy and unhealthy chemicals. Usus berperan dalam menjaga aliran masuk-keluar semua asupan. Termasuk membuang racun-racun yang masuk ke dalam tubuh. Kondisi usus harus dipastikan tetap sehat untuk memastikannya melakukan fungsi pengeluaran racun dengan baik

  • Ginjal

Bekerja sepanjang waktu untuk filter darah dan membuang racun dalam bentuk urine.

Menjaga Kesehatan Sistem Detoksifikasi Tubuh

Oleh karena itu, untuk memastikan detoksifikasi berlangsung dengan baik, pastikan anda memenuhi kebutuhan nutrisi yang mendukung kinerja ketiga organ penting di atas. Salah satunya melalui makanan.

Berikut adalah daftar makanan yang disarankan untuk anda konsumsi :

  1. Untuk kesehatan hati (liver) amat disarankan untuk mengonsumsi teh hijau dan alpukat. Dalam huffpost.com diuraikan bahwa Teh hijau mengandung catechins yang mampu mendukung fungsi hati. Sedang alpukat mengandung glutathione yang dibutuhkan hati untuk mengeluarkan racun dari tubuh. Bersamaan dengan itu kurangi konsumsi makanan yang mengandung sodium, fruktosa, lemak trans dan makanan yang digoreng.
  2. Bantu kesehatan usus besar dengan mengonsumsi yogurt, buah yang mengandung serat sperti raspberry, pir, apel, pisang. Dukung pula dengan rutin minum susu untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D. Makanan dan minuman tersebut berperan untuk membantu membersihkan usus besar dan melancarkan pencernaan.
  3. Untuk kesehatan ginjal, hal pertama yang harus anda pastikan adalah mencukupi kebutuhan cairan. Sumber cairan yang paling disarankan adalah air putih. Jangan terlalu sering konsumsi makanan yang asin dan berlemak. Disarankan untuk konsumsi bawang merah dan bawang bombai. Bawang tersebut berperan untuk mengurangi kolesterol. Kandungan quercetin, chromium dan mineral di dalamnya membantu metabolisme tubuh mengendalikan lemak, protein dan karbohidrat yang tentu saja mendukung fungsi ginjal

Kesehatan ketiga organ penting di atas tidak cukup hanya dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Ada satu hal utama yang tidak bisa anda lewatkan yaitu olahraga secara teratur. Merokok dan alkohol harus sama sekali dihindarkan.

Detoksifikasi melalui perawatan luar ataupun konsumsi suplemen-suplemen tertentu hanyalah sebagai tindakan pelengkap yang sebenarnya hanya memberi kontribusi amat kecil dalam proses detoksifikasi tubuh anda.

Semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *