Khasiat Melati Putih Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Bunga melati (Jasminum sambac) merupakan salah satu bunga yang sering dijadikan untuk acara hajatan dan ritual tertentu seperti dijadikan sebagai hiasan rambut atau dekorasi pada upacara pernikahan. Hal ini disebabkan bunga memiliki aroma khas yang harum dan penampilannya pun sangat cantik. Bahkan, bunga melati putih dijadikan sebagai salah satu simbol nasional atau puspa bangsa di Indonesia karena melambangkan kesucian dan kemurnian.

Ada banyak sekali jenis dan variasi bunga melati seperti melati hutan (jasminum elongatum), melati pot (jasminum parkeri), melati primrose (jasminum mensyi), melati casablanca (jasminum officinale), dan melati putih (Jasminum sambac). Di antara beberapa jenis melati tersebut, melatih putih merupakan jenis melati yang paling terkenal dan banyak dibudidayakan di masyarakat. Melati jenis inilah yang sering digunakan untuk acara dan ritual tertentu.

Sebagian besar orang memang mengenal bunga melati karena sering digunakan untuk acara tertentu, apakah acara adat, agama, hingga sampai pada mistis. Tidak banyak yang tahu kalau ternyata bunga nan cantik dan harum ini juga mengandung sejuta khasiat bagi kesehatan dan kecantikan. Penasaran bukan? Untuk itu, teruskan membacanya ya.

Manfaat Melati Untuk Kesehatan

Pada zaman dulu dan masih berjalan hingga sekarang, bunga melati dijadikan sebagai salah satu obat tradisional untuk mengurangi dan menghentikan air susu ibu dengan cara menempelkan bunga yang sudah diremukkan di atas dada ibu. Seiring berkembangnya zaman, manfaat melati untuk kesehatan lainnya mulai terungkap.

Melati tidak lagi hanya menghentikan atau mengurangi air susu ibu yang berlebih, tapi ia juga bisa mengatasi berbagai jenis penyakit ringan hingga berbahaya. Penyakit seperti pilek dan flu, kolesterol tinggi, stres, hingga kanker ternyata bisa diatasi dan dicegah dengan bunga melati.

Sama halnya dengan teh biasa, meminum teh melati apalagi dalam keadaan hangat bisa meringankan gejala flu dan pilek. Seperti yang kita tau, flu atau pilek bisa disebabkan karena kekebalan tubuh yang lemah sehingga virus flu gampang masuk ke dalam tubuh. Nah, bunga melati dalam hal ini bisa meningkatkan kekebalan tubuh karena memiliki sifat antibakteri dan antivirus.

Orang yang tengah stres akan merasa lebih baikan jika ia menghirup aroma melati. Pasalnya, aroma melati ini bersifat menenangkan sehingga membuat pikiran rileks dan nyaman. Berbagai penyakit yang diakibatkan karena kolesterol tinggi juga bisa dicegah dengan rutin mengkonsumsi teh melati.

Dengan teratur meminum teh melati, bisa membantu mencegah timbulnya kanker karena kaya akan antioksidan. Antioksidan inilah yang membantu mengeluarkan racun dan dampak buruk radikal bebas dari dalam tubuh.

Manfaat Melati Untuk Kecantikan

Selain kesehatan, bunga melati juga baik bagi kecantikan. Di antaranya yaitu memperindah kulit dan melangsingkan tubuh. Melati bisa melangsingkan tubuh dengan cara mengurangi lemak jahat yang menumpuk di tubuh, baik di perut, paha, hingga lengan. Sehingga sangat baik bagi Anda yang tengah menjalani program diet.

Dalam hal kecantikan kulit, bunga melati berkhasiat dalam mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat, berminyak, kering, dan garis-garis penuaan. Hal ini disebabkan karena kandungan antioksidan dalam bunga melati bisa menghilangkan efek buruk radikal bebas.

Untuk mengatasi jerawat, didihkan bunga melati bersama air di atas api sedang. Air hasil didihan tersebut kemudian dicucikan ke wajah yang berjerawat. Cara ini sebenarnya tidak menjanjikan hasil instan dan cepat, tapi jika Anda rutin melakukannya, setidaknya 2 kali seminggu, maka hasilnya akan mulai terlihat dalam beberapa minggu saja.

Nah, bagaimana ladies? Apakah Anda tertarik membuktikan khasiat bunga melati ini?

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *