5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Selain dikenal sebagai bumbu masak, ternyata bawang putih telah diakui berperan dalam mengatasi berbagai penyakit. Beberapa studi para ahli telah mendukung data tersebut. Berikut uraian mengenai khasiat bawang putih dalam mengatasi berbagai gangguan kesehatan :

1. Flu dan Batuk

Penelitian yang digagas oleh US National Institutes of Health (2001) menguji penggunaan bawang putih pada lebih dari 100 relawan. Hasilnya menakjubkan, menurunkan jumlah penderita flu hingga 63 persen, mengurangi gejala flu sampai 70 persen dalam waktu kurang dari dua hari. Kandungan dalam bawang putih meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.

Jika anda batuk, cobalah keprok bawang putih kemudian masukkan ke dalam air putih yang hangat. Tunggu beberapa saat lalu diminum.

2. Kolesterol dan Jantung

Bawang putih mampu mengurangi dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Studi menunjukkan di beberapa negara yang mayoritas penduduknya mempunyai kebiasaan mengkonsumsi bawang putih setiap hari, memiliki resiko penyakit jantung lebih rendah (tempo.co, 2014).

Apalagi jika anda menggunakan minyak zaitun untuk memasak, karena minyak zaitun merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal. Lemak tak jenuh tunggal membantu menurunkan kolesterol dalam darah.

3. Hipertensi

dr. Felix Chikita Fredy melalui kompas (2013) mengungkapkan bahwa bawang putih mengandung zat alisin dan hidrogen sulfida. Zat tersebutlah yang berperan untuk menjadi penawar bagi darah tinggi. Efeknya berupa memperbesar pembuluh darah dan membuat pembuluh darah tidak kaku sehingga tekanan darah akan turun.

Hal ini menurutnya telah didukukung pula oleh sejumlah penelitian ilmiah yang menunjukkan konsumsi bawang putih sebanyak 900 miligram rutin selama 3 bulan dapat menurunkan tekanan darah sistol sebesar 6-10 mmHg dan tekanan diastol 6-9 mmHg.

4. Kesuburan rambut

Bawang putih mampu membantu rambut tetap subur karena membuat kutikula menjadi kuat dan lambat laun namun pasti menghentikan kerontokan rambut. Kandungan allicin berperan dalam hal ini. Anda bisa mulai dengan iris bawang putih dan usapkan pada kulit kepala dan berikan pijatan.

Selain itu anda bisa juga membuat ramuan masker bawang putih untuk rambut. Ya, caranya haluskan bawang putih lalu balurkan ke rambut anda. Untuk membuat masker anda bisa juga campurkan bawang merah ke dalamnya, setelah dibaluri ke rambut diamkan sekitar 40 menit setelah itu anda cuci bersih rambut dengan shampo.

5. Membantu penurunan berat badan

Bagi anda yang ada dalam kategori kelebihan berat badan dan telah disarankan oleh dokter untuk mengurangi berat badan, anda bisa gunakan bawang putih untuk mencapai berat badan ideal anda. Gunakanlah bawang putih sebagai bumbu wajib untuk memasak makanan yang hendak anda santap. Porsinya boleh anda tingkatkan lebih banyak dari yang biasa.

**

Namun jangan anda lupa bawang putih yang bisa menambah kelezatan masakan ini memiliki bau yang tajam. Bisa meninggalkan bau pada jari/kuku maupun mempengaruhi  bau badan anda. Oleh karena itu jangan lupa minum air putih yang cukup untuk mencegah anda menderita bau badan. Selepas masak ataupun bersentuhan dengan bawang putih cucilah tangan dengan sabun kemudian gunakan sikat gigi untuk membersihkan area kuku anda.

Selamat Mencoba dan Tetap Sehat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *