Psoriasis, Jenis Penyakit yang Membuat Kulit Terlihat Jelek

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Penyakit kulit menahun yang satu ini bisa membuat kulit indahmu menjadi jelek lho ladies. Pasalnya psoriasis ini menimbulkan sisik berlapis, kerak, dan bercak keperakan yang menonjol pada kulit. Jika digaruk, sisik atau kerak ini akan mudah rontok dan bercaknya menjadi bekas kerikan lilin, sehingga penyakit ini sering disebut juga dengan bercak lilin.

Gejala dan kondisi psoriasis lainnya yaitu timbulnya ruam memerah, kering, dan disertai rasa gatal. Selain itu, sekitar 10-30 % penderita psoriasis juga mengalami radang pada persediannya. Penderita yang mengalami psoriasis dengan tingkat yang lebih parah biasanya masalah kulit tersebut meluas ke seluruh tubuh.

Umumnya, bagian dari tubuh yang sering terserang penyakit ini yaitu kulit bagian punggung, kepala, kaki, siku, telapak tangan, hingga pada lipatan lutut dan siku.

Faktor penyebab

Psoriasis terkait erat dengan gangguan sistem kekebalan tubuh, respon peradangan, serta produksi sel kulit yang berlebihan. Pada kondisi normal, pergantian kulit mati dengan kulit baru biasanya terjadi dalam beberapa minggu sekali.

Akan tetapi, orang dengan psoriasis biasanya mengalami hal ini dalam hitungan hari sehingga sel-sel kulit menumpuk dan terjadilah penebalan kulit yang ketika digaruk kulit akan terkelupas dan mudah rontok. Selain itu, psoriasis juga bisa disebabkan karena faktor keturunanan dan penggunaan obat-obatan tertentu.

Perlu diketahui bahwa psoriasis bukanlah jenis penyakit menular, tetapi sewaktu-waktu bisa mengalami kekambuhan. Kekambuhan ini bisa terjadi setelah pemakaian jenis obat tertentu, terjadi iritasi kulit, terpapar cahaya matahari dalam waktu lama, infeksi virus atau bakteri, penggunaan alkohol berlebihan, cuaca dingin, serta mengalami stres berat.

Jenis Pengobatan

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, psoriasis merupakan jenis penyakit menahun yang suatu saat bisa kambuh kembali. Dengan kata lain, belum ada pengobatan pasti untuk menuntaskan penyakit ini secara permanen. Pengobatan yang selama ini dilakukan biasanya untuk mengurangi gejala kekambuhan yang terjadi.

Pengobatan psoriasis itu sendiri didasarkan pada berat atau ringannya gejala yang dirasakan penderita. Untuk gejala yang masih ringan, biasanya pasien akan diberikan krim, salep, atau obat oles dengan tujuan menjaga kelembaban kulit, mengurangi rasa gatal, dan memperbaiki tekstur kulit bersisik atau menebal tersebut.

Sementara untuk jenis psoriasis lebih serius, biasanya dilakukan fototerapi, suntikan, serta mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Salah satu jenis obat yang biasanya diberikan kepada penderita yaitu methotrexate dan cyclosporine. Hanya saja, obat-obatan jenis ini kadangkala menimbulkan efek samping tertentu bagi tubuh.

Selain itu, terapi sinar ultraviolet yang ditambah dengan psoralen juga bisa dilakukan dalam rangka membersihkan kulit. Sayangnya, teknik pengobatan ini bisa memperbesar resiko kanker kulit jika dilakukan berulang-ulang.

***

Nah, itulah sekilas tentang penyakit yang membuat kulit terlihat jelek. Hanya saja, setelah diobati dan pengobatan tersebut berhasil, maka kulit bisa kembali seperti semula. Tapi tetap saja suatu saat kekambuhan bisa terjadi lagi. Untuk itu, jika kamu pernah mengalami penyakit ini, maka cegahlah kekambuhannya dengan menghindari segala faktor resiko yang bisa menyebabkan kekambuhan itu sendiri.

Penyakit ini banyak terjadi pada anak-anak dan remaja, karena itu, jika Anda seorang orang tua dengan anak psoriasis maka berilah ia dukungan dan semangat agar ia tidak merasa minder atau tidak percaya diri saat mengalami psoriasis tersebut. Bantu dan ajak ia untuk melakukan pengobatan dan mencegah terjadinya kekambuhan.

Loading...

Komentar Pembaca untuk “Psoriasis, Jenis Penyakit yang Membuat Kulit Terlihat Jelek

  1. Saya penderita psoriasi
    Pesoriasis Bisa sembuh total atau tidak? Klo tidak bisa sembuh total syarat untuk suntik mati apa aja?

    Dari pada saya hidup lama dg menderita penyakit psoriasis yg gak bisa sembuh total lebih baik saya mati.

    View Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *