Ingrown Nails, Penyakit Pada Bagian Sisi Kuku

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Ingrown nails atau biasa juga disebut dengan cantengan merupakan penyakit yang menyerang sisi kuku, tepatnya sisi kuku kaki. Kuku kaki yang paling sering terkena penyakit ini yaitu bagian jempol atau ibu jari kaki, tetapi tidak menutup kemungkinan terjadi juga pada jari kuku lainnya.

Penyakit ini terjadi saat bagian sisi kuku yang tajam menekan atau bahkan menembus bagian kulit di dekatnya. Hal ini tentu menimbulkan rasa sakit pada bagian kulit sisi kuku tersebut. Bagian kulit yang terkena tekanan atau tusukan kuku ini biasanya berwarna merah, agak bengkak, dan terasa hangat saat disentuh.

Berita baiknya, penyakit ini bisa sembuh dengan memotong bagian kuku yang menusuk kulit tersebut serta membersihkannya dari kotoran. Sayangnya, kuku beserta kotoran yang mengendap di dalamnya susah untuk dibersihkan karena disentuh sedikit saja akan menimbulkan rasa sakit. Untuk itu, ada baiknya berhati-hati dengan penyakit yang satu ini ya.

Faktor Penyebab

Apakah Anda sering menggunakan sepatu yang kekecilan? Nah, jika ya, maka mungkin Anda sering juga mengalami penyakit ini. Pasalnya, menggunakan sepatu kekecilan menjadi penyebab paling utama ingrown nail. Saat memakai sepatu kekecilan, kulit pada bagian sisi kuku akan tertekan ke arah kuku karena tidak memiliki ruang yang cukup untuk bebas.

Kondisi inilah yang akhirnya memicu kuku untuk menusuk dan menembus kulit pada bagian sisinya tersebut. Ini tidak akan langsung terlihat pada kali pertama pemakaian sepatu sempit, namun baru akan timbul setelah beberapa kali pemakaian. Jika pemakaian sepatu sempit ini diteruskan, maka bagian yang mulai terserang ingrown nails itu akan semakin parah ditandai dengan memerah dan membengkaknya kulit bagian sisi kuku.

Jika disentuh, bagian tersebut akan terasa sangat sakit sehingga menyulitkan Anda untuk memotong kuku, padahal kuku berlebih itulah yang menjadi penyebab timbulnya rasa sakit. Selain sepatu kekecilan, faktor penyebab lainnya yaitu karena memotong kuku secara tidak benar, cedera pada bagian kuku, serta bentuk kuku yang tidak simetris.

Pencegahan dan Penanganan

Pencegahan bisa dilakukan dengan menghindari beberapa faktor resiko yang bisa menyebabkan ingrown nails itu sendiri. Beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan agar penyakit ini tidak timbul yaitu tidak menggunakan sepatu kekecilan dalam waktu lama, potong kuku dengan benar termasuk kuku bagian sisi yang berlebih, dan lakukan perawatan kuku dengan benar.

Sementara untuk langkah penanganannya sendiri, Anda bisa memotong bagian kuku yang menusuk atau menembus kulit tersebut serta mengeluarkan kotoran yng mengendap di dalamnya. Hanya saja, cara ini tergolong sangat sulit karena menimbulkan rasa sakit saat bagian tersebut disentuh meski sedikit saja.

Untuk itu, sebelum dipotong Anda bisa merendam kaki terlebih dahulu dalam campuran air hangat dan garam epsom selama lebih kurang 15 menit. Hal ini berguna agar kuku menjadi lunak sehingga mudah dipotong tanpa menimbulkan rasa sakit. Jika kuku berlebih tersebut sudah dibersihkan dan dipotong, maka ingrown nails akan sembuh dengan sendirinya.

***

Nah, dengan melakukan upaya pencegahan dan penanganan yang baik, maka ingrown nails bisa di atasi. Jika penyakit ini sudah masuk tahap parah seperti timbulnya nanah atau darah dalam kulit yang infeksi dan bengkaknyapun sudah melebar, maka ada baiknya segera berkonsultasi ke dokter untuk penanganan lebih tepat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *