Tips Melembabkan dan Menyegarkan Kulit Ketika Berpuasa

DOKTERCANTIK.COM – Bulan Ramadhan yang dinanti oleh seluruh umat Islam di dunia akan segera tiba, bulan yang diyakini penuh berkah dan identik dengan ibadah puasa bagi kaum muslim ini tentunya menjadi tantangan tersendiri, puasa diyakini menjadi latihan agar kita menahan segala hawa nafsu baik nafsu makan maupun amarah.

Erat kaitannya dengan kecantikan, ketika sedang berpuasa sangat penting untuk tetap menjaga kesegaran dan kelembaban kulit tubuh kita, namun tubuh akan lebih mudah kekurangan cairan disebabkan kita tidak dapat makan maupun minum dari imsak hingga beduk maghrib.

 

Tips Melembabkan dan Menyegarkan Kulit Ketika Berpuasa

Bibir pecah-pecah dan kulit yang cenderung tampak lebih kering adalah tanda-tanda dehidrasi yang umum terjadi ketika kita sedang berpuasa, tetapi anda tidak perlu khawatir.

Berikut kami akan berbagi tips untuk anda semua agar kulit tetap segar dan lembab ketika berpuasa, ibadah lancar dan penampilan pun tetap fresh.

TERKAIT:  Tips Cerdas Berpuasa Bagi Ibu Menyusui

1. Air putih

Minumlah banyak air putih ketika sedang makan sahur dan berbuka. Konsumsi air putih yang baik adalah 8 gelas atau 2 Liter perhari tetapi karena sedang berpuasa anda dapat membaginya misalkan 2 gelas ketika sahur, 2 gelas ketika baru berbuka, 1 gelas setelah sholat magrib, 2 gelas setelah sholat taraweh dan 1 gelas sebelum tidur.

Nah genap 8 gelas bukan, dengan demikian konsumsi air putih anda setiap harinya telah terpenuhi dan anda dapat terhindar dari dehidrasi.

2. Konsumsi Buah dan Sayuran

Sudah menjadi rahasia umum, buah dan sayuran adalah makanan terbaik yang dapat menjadikan kulit anda lebih sehar, segar dan lembab, karena mengandung vit C dan E serta antioksidan.

Konsumsilah banyak buah-buahan dan sayuran segar pada saat sahur dan berbuka puasa selain itu buah dan sayur juga megandung banyak serat sehingga menjadikan badan anda lebih langsing. Sebaiknya anda menghidari mengkonsumsi makanan berlemak atau cake yang berlebih jika tidak ingin badan anda semakin melar setelah bulan ramadhan hehe.

TERKAIT:  7 Tips Memilih Lipstik Bagi Bibir Sensitif dan Kering

3. Body Lotion

Anda dapat menggunakan body lotion yang mengandung banyak Moisturizer untuk melembebkan kulit anda ketika sedang berpuasa karena kulit tubuh akan kekurangan kandungan air sehingga cenderung kering. Sebaiknya pilihlah yang mengandung minyak almond, minyak zaitun atau bisa juga yang mengandung alpukat karena dapat mengembalikan kelembaban alami kulit anda yang cenderung kering.

4. Hand Cream

Selain memakai body lotion, anda juga dapat menggunakan hand cream untuk mencegah kulit kering pada tangan, hand cream biasanya berbentuk kemasan kecil sehingga sangat praktis dibawa ke mana saja dan digunakan kapan saja.

Ada baiknya kamu menggunakan hand cream beraroma buah ataupun beraroma terami sehinggga selain kulit tangan anda akan tetap lembab, lembut dan halus anda pun akan merasakan sensasi wangi menyegarkan sepanjang hari.

5. Luluran

Sangat baik jika anda rajin melakukan luluran atau scrub pada tubuh dan wajah karena ketika sedang berpuasa, kulit akan rentan jadi lebih kering dan terkelupas.

TERKAIT:  Manfaat Menakjubkan Garam Bagi Kecantikan

Jika dibiarkan menumpuk pada lapisan kulit maka kulit anda akan tampak lebih kusam dan parahnya adalah kulit menjadi bersisik karena itu lakukanlah lulur atau scrub yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit yang mati dan mengurangi kulit kering.

6. Mandi

Anda sering menggunakan air hangat ketika mandi atau waktu yang anda gunakan untuk mandi cukup lama? hmmm … sebaiknya ketika sedang berpuasa hindari dulu kebiasaan tersebut.

Mengapa? Karena ternyata mandi dengan menggunakan air hangat dan mandi berlama-lama dapat mengurangi kelembaban kulit, sebaiknya gunakanlah air suhu ruangan saja selain kamu akan merasa lebih segar, kelembaban kulit pun akan lebih terjaga.

**

Demikianlah tips dari kami tentang bagaimana cara melembabkan dan menyegarkan kulit ketika berpuasa. Semoga di bulan Ramadhan ini kita semua memperoleh berkah dan tetap cantik ya Cantikers. Selamat mencoba.