5 Kebiasaan yang Bikin Mata Tidak Indah dan Sehat Lagi

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Mata menjadi organ paling penting karena dengan matalah kita bisa melihat berbagai hal di dunia ini. Selain fungsi utamanya untuk melihat, kadangkala mata juga berfungsi untuk menunjang penampilan seseorang sehingga membuat seseorang menjadi tambah cantik atau tampan.

Hanya saja, mata juga tidak terlepas dari ancaman yang bisa membuatnya tidak cantik dan sehat lagi. Tidak jarang, banyak kebiasaan yang sebenarnya sederhana, tetapi jika dilakukan terus-menerus akan berdampak buruk bagi kesehatan dan keindahan mata.

Jika kamu ingin memiliki mata yang sehat dan indah, maka ada baiknya menghentikan beberapa kebiasaan berikut ini:

Menonton terlalu dekat

Acara yang disuguhkan televisi memang serba menarik, hanya saja ada baiknya tidak menonton terlalu dekat dengan layar televisi ya, ladies. Pasalnya, radiasi monitor televisi memiliki dampak negatif pada mata terutama jika dipandangi dalam jarak yang terlalu dekat.

Masalah pada mata yang diakibatkannya yaitu kelahan dan kekeringan pada mata. Selain menghindari nonton terlalu dekat, ada baiknya sesekali mengedipkan dan mengalihkan mata dari televisi. Karena pada kenyataannya banyak orang yang terlalu fokus dan jarang mengedip karena keasikan nonton. Kondisi ini akan membuat fungsi organ penglihatan akan menurun dari waktu ke waktu.

Pemakaian kontak lensa

Pemakaian kontak lensa memang bisa menambah kecantikan mata, tapi perlu diingat juga bahwa kontak lensa juga bisa berefek buruk pada mata. Hal ini terjadi ketika kontak lensa yang digunakan tidak berkualitas baik, tidak dijaga kebersihannya, atau digunakan secara terus-menerus.

Hal ini tidak hanya membuat mata iritasi dan memerah, tetapi juga banyak bahaya dan efek buruk lain bagi mata.Untuk itu, jika kamu memakai kontak lensa, maka perhatikan betul kualitas, kebersihan, serta jangan terlalu sering menggunakannya ya.

Mengucek mata

Meski terlihat sepele, mengucek mata juga bisa membuat kesehatan mata terganggu. Diantara dampak paling sering terlihat yaitu mata yang memerah dan berair.

Selain itu, mengucek mata dengan lebih kuat akan membuat kornea mata terluka dan peredaran darahnya juga terganggu. Sebaiknya kamu juga tidak lupa kalau mengucek mata juga akan membuat kulit kelopak mata menjadi berkerut sehingga tidak cantik lagi.

Terlalu lama di depan komputer

Sama halnnya dengan layar televisi, monitor komputer juga mengandung radiasi yang bisa menganggu kesehatan mata. Terlalu lama di depan layar komputer bisa menyebabkan kelelahan, pandangan kabur, dan mata kering. Selain itu, terlalu lama di depan layar komputer juga bisa membuat kepala, leher, dan bahu terasa sakit.

Hal ini sejalan dengan hasil studi yang dilakukan oleh American Optometric Association (AOA) yang mengungkapkan bahwa radiasi monitor komputer dapat menyebabkan kelelahan mata dan berbagai gangguan mata lainnya.

Untuk itu, ada baiknya mulai membiasakan diri untuk tidak terlalu lama di depan komputer. Jika memang kamu dituntut untuk berada di depan komputer, baik karena pekerjaan atau tugas, maka cobalah sempatkan untuk beristirahat sebentar agar mata tidak kelelahan.

Penerangan yang kurang saat membaca

Penerangan normal sangat dibutuhkan ketika membaca sementara penerangan minim akan membuat mata menjadi tidak sehat. Ketika kamu membaca dengan penerangan minim, maka kemampuan lensa mata secara otomatis dipaksa untuk menebal dan menipis dan pupil dipaksa berdilatasi.

Kondisi ini akan membuat mata lelah dan bahkan sampai memerah dan perih. Meski begitu, membaca dalam kondisi sangat terang juga tidak begitu baik karena menyilaukan mata. Selain itu, ada baiknya juga tidak membaca sambil tiduran ya, karena juga akan berdampak buruk bagi mata.

***

Itu dia beberapa kebiasaan yang bisa membuat mata tidak indah dan sehat lagi. Jika sebelumnya kamu sering melakukan kebiasaan tersebut, maka mulailah untuk menghentikan kebiasaan tersebut ya. Jika tidak, maka beberapa tahun lagi matamu akan mulai rusak dan tidak sehat lagi.

Untuk menjaga kesehatan dan keindahan mata, maka makanlah makanan yang bergizi serta dipercaya baik bagi kesehatan mata seperti wortel, apel, ikan, dan berbagai jenis makanan lainnya. Selain itu, kurangilah duduk di depan komputer atau televisi dalam waktu lama dan istirahatkan mata setelah seharian bekerja.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *