Berbagai Manfaat Madu untuk Kecantikan Kulit

Loading...

Merawat kesehatan kulit menjadi salah satu aktivitas wajib terutama bagi kaum wanita. Oleh sebab itu, berbagai macam jenis produk kesehatan dan kecantikan kulit tidak pernah sepi dari konsumsi pembeli.

Akan tetapi, meskipun banyak jenis produk kesehatan dan kecantikan kulit yang di jual di pasaran, tidak sedikit orang yang lebih memilih merawat kesehatan dan kecantikan kulit menggunakan bahan alami, yaitu madu karena terbilang aman dan jauh dari resiko efek samping apapun.

Khasiat madu dalam dunia kecatikan memang tidak diragukan lagi dan telah dikenal sejak berabad-abad yang lalu. Madu sebagai bahan alami yang kaya akan antioksidan dan berbagai vitamin dan mineral dipercaya dapat merawat kulit dengan baik.

Mengapa Madu Menjadi Bahan Alami yang Tepat untuk Kecantikan

Manfaat madu sebagai bahan alami untuk kecantikan kulit adalah salah satu alternatif bahan yang aman untuk digunakan. Terlebih lagi, tak sedikit produk kecantikan megandung bahan kimia sehingga resiko iritasi kulit tidak dapat dihindari.

Itulah sebabnya madu pilihan yang tepat untuk digunakan sebagai bahan alami merawat kecantikan. Berbagai penelitian pun membuktikan beberapa manfaat utama madu bagi kulit, yaitu:

  • Mengurangi dan memperlambat proses penuaan dini karena kandungan anti oksidan yang tinggi.
  • Mempercepat penyembuhan luka
  • Memiliki sifat antibakteri dan antiradang
  • Berfungsi sebagai pelembab alami yang terbukti mencegah kulit dari kekeringan
READ:  Khasiat Spirulina untuk Merawat Wajah Berjerawat

Madu juga aman untuk digunakan berbagai jenis kulit, baik kulit normal, kering, sensitif hingga berjerawat.

Jenis-Jenis Madu untuk Perawatan Kulit

Manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan kulit menjadikan madu pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin merawat kulit dengan maksimal.

Kendati demikian, pastikan Anda memilih jenis madu yang tepat karena setiap jenis madu memiliki manfaat yang berbeda dalam merawat kecantikan kulit.

Berikut adalah jenis-jenis madu yang dapat Anda pilih sesuai dengan kondisi kulit Anda.

  • Madu Akasia merupakan jenis madu yang berwarna kuning cerah dan dipercaya kaya dapat meningkatkan produksi kolagen. Jenis madu ini sangat tepat untuk merawat kulit yang kendur dan telah muncul tanda-tanda penuaan dini.
  • Madu Manuka adalah salah satu jenis madu yang dikenal sangat ampuh dalam merawat kulit yang berjerawat. Hal ini dikarenakan madu Manuka memiliki kandungan antiradang sehingga dapat membantu mengurani jerawat pada wajah.
  • Madu Thyme juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat karena mengandung zat anti bakteri yang cukup tinggi. Zat anti bakter dalam madu Thyme juga dipercaya lebih tinggi dari benzoil peroksida yang biasa digunakan untuk mengatasi jerawat.
READ:  5 Manfaat Pisang Untuk Perawatan Rambut

Cara Merawat Kulit dengan Madu

Setelah mengetahui manfaat dan jenis-jenis madu di atas, kita dapat mulai menggunakan madu dalam merawat kulit wajah dan tubuh. Untuk hasil yang maksimal, sesuaikan penggunaan madu tersebut dengan kondisi kulit Anda.

Kulit Berjerawat

Bagi Anda yang memiliki kulit berjerawat, gunakan madu yang dipercaya dalam membantu mengurangi produksi minyak berlebih dan mengurangi radang akibat jerawat.

Caranya adalah dengan menggunakan madu sebagai masker wajah yang dicampur dengan bubuk kayu manis. Campurnya kira-kira 3 sendok makan madu murni dengan 1/2 sendok teh bubuk kayu manis dan oleskan pada wajah. Biarkan selama 30 menit, bilas wajah dan keringkan. Cara ini dapat Anda lakukan seminggu sekali.

Kulit Kering dan Kusam

Kulit kering dan kusam biasanya disebabkan oleh penumpukan sel-sel kulit mati. Madu dapat digunakan untuk membuat wajah lembab dan cerah.

Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh madu murni dengan 1 sendoh teh yoghurt muni (tanpa rasa). Gunakan sebagai masker wajah selama 30 menit, lalu bilas dan keringkan.

READ:  Tips Memakai Maskara dan Eyeliner

Kombinasi madu dan yoghurt yang aman dan bersifat lembut pada kulit dipercaya dapat membuat kulit Anda lebih cerah dan lembab.

Bibir Kering dan Pecah-pecah

Bibir kering hingga pecah-pecah dapat mengurangi rasa percaya diri. Selain itu, pewarna bibir juga biasanya tidak bisa teroles dengan sempurna di atas bibir yang kering.

Bibir pecah-pecah juga dapat membuat warna bibir menghitam. Madu dapat Anda gunakan sebagai alternatif untuk membuat bibir menjadi lembut, mengangkat kulit mati dan mencerahkan warna bibir.

Anda dapat menggunakan madu sebagai lip scrub dengan cara mencampurnya dengan gula pasir dan minyak kelapa atau zaitun. Aplikasi pada bibir dan gosok perlahan, diamkan selama 15 menit, lalu bilas dan keringkan.

Cara praktis lainnya adalah dengan mengoleskan madu pada bibir sebelum tidur dan diamkan semalaman.

**

Itulah ulasan tentang manfaat madu untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit. Rawat kulit Anda dengan madu secara teratur untuk mendapatkan kulit yang lembab, bercahaya dan senantiasa sehat. Selamat mencoba.


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *