Ini Dia Cara Agar Nasi Tidak Cepat Basi

Cara Agar Nasi Tidak Cepat Basi

Sebagai orang Indonesia, nasi adalah satu makanan pokok kita, yang dapat dikatakan wajib untuk dikonsumsi setiap harinya.

 

Memasak nasi bukanlah hal yang sulit, terlebih lagi dengan adanya rice cookermicrowave dan alat modern lainnya, memasak nasi menjadi lebih praktis.

Akan tetapi, tak jarang saat kita memasak nasi terlalu banyak, sisa nasi tersebut masih ingin kita konsumsi. Baik diletakkan di dalam lemari es maupun tetap dihangatkan lebih lama lagi, tak jarang nasi menjadi basi.

Mungkinkah ada cara untuk membuat nasi tidak cepat basi? Ini dia tipsnya.

Pastikan Mencuci Beras Hingga Bersih

Beras haruslah dicuci sebelum dimasak. Meskipun kita mendengar bahwa beras sebaiknya tidak dicuci terlalu bersih agar nutrisinya tidak hilang, beras yang hanya dicuci sekali akan lebih beresiko untuk menjadi cepat basi.

TERKAIT:  Sehat dan Cantik dengan Mengelola Emosi

Sebaiknya cuci beras sebanyak dua atau tiga kali dengan air bersih sebelum memasaknya. Disarankan juga untuk menggunakan air matang untuk memasak nasi.

Gunakan Wadah Masak Nasi yang Bersih

Tidak hanya beras yang sebaiknya dicuci bersih sebelum dimasak, wadah tempat memasak nasi pun seharusnya telah dicuci bersih.

Selain mencuci wadah masak nasi seperti panci maupun wadah beras dalam rice cooker, bersihkan juga dalam penutup rice cooker yang mungkin jarang dibersihkan.

Karat, sisa nasi kemarin, kerak dari uap nasi dapat membuat rice cooker tidak berfungsi dengan maksimal sehingga mempengaruhi kualitas nasi Anda.

Hindari Kerak dalam Rice Cooker

Seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya, kerak karena uap nasi dalam rice cooker dapat mempengaruhi kualitas nasi dan membuat nasi lebih cepat basi.

Saat nasi baru saja matang, buka penutup rice cooker dan aduk nasi perlahan untuk mengeluarkan uapnya, lalu lap penutupnya dengan kain yang bersih.

Cara ini dapat membuat nasi tidak terlalu lembab karena uap dari nasi dapat membuat nasi menjadi basah sehingga lebih beresiko menjadi cepat nasi. Selain itu, nasi juga menjadi lebih pulen dan bertekstur lembut.

TERKAIT:  Rahasia Agar Senantiasa Awet Muda

Tambahkan Air Perasan Jeruk Nipis

Cara lainnya untuk membuat nasi tidak cepat basi adalah dengan memberi air perasan jeruk nipis ke dalam air untuk memasak beras.

Dengan cara ini, nasi akan lebih tahan lama dan menjadi harum, tanpa mempengaruhi rasa dari nasi tersebut.

Tambahkan Garam

Selain dengan air perasan jeruk nipis, Anda juga dapat menggunakan garam untuk membuat nasi lebih tahan lama.

Masukkan sedikit garam ke dalam panci yang berisi beras dan air lalu masak. Selain membuat nasi tidak cepat nasi, cara ini juga akan membuat nasi lebih terasa enak dan pulen.

Hilangkan Bakteri dalam Wadah Memasak Nasi

Salah satu penyebab nasi menjadi cepat basi adalah wadah nasi yang tidak bersih sehingga terdapat bakteri yang masih aktif dan membuat nasi menjadi cepat basi.

Terkadang, sisa nasi sebelumnya yang telah mengering dan sulit dibersihkan juga dapat membuat nasi menjadi cepat basi jika tidak dibersihkan dengan seksama.

TERKAIT:  Mengenal Yoga dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Sebaiknya panaskan bagian dalam dari wadah nasi di atas nyala kompor sehingga dapat membunuh bakteri yang masih terdapat di dalam wadah tersebut.

Tips ini dipercaya dapat membuat nasi menjadi lebih awet dan tidak mudah basi.

Memasak Air hingga Mendidih dalam Wadah Memasak Nasi

Memiliki tujuan yang sama dengan poin sebelumnya, memasak air hingga mendidih di dalam wadah yang biasa Anda gunakan untuk memasak nasi, dapat membantu menghilangkan bakteri yang masih tertinggal di wadah tersebut.

Anda juga dapat menambahkan daun pandan maupun air perasa jeruk nipis ke dalam air dalam wadah memasak nasi, lalu masak hingga medidih.

Cara ini tidak perlu dilakukan setiap akan memasak nasi, akan tetapi sebaiknya dilakukan secara rutin, satu hingga dua kali sebulan agar wadah memasak nasi tetap terjaga kebersihannya.

**

Itulah tips untuk membuat nasi yang Anda masak tidak mudah basi. Semoga bermanfaat.