Tips Menyimpan Buah dan Sayur Agar Tahan Lama

Loading...

Buah dan sayur adalah sumber makanan sehat yang sebaiknya ada dalam menu makanan kita setiap hari. Agar manfaat buah dan sayur dapat kita rasakan dengan maksimal, buah dan sayur haruslah dikonsumsi dalam keadaan segar.

Sayangnya, menyimpan buah dan sayur agar tahan lama tidak semudah itu. Terlebih lagi, kita tidak bisa membeli buah dan sayur setiap hari. Biasanya kita menyimpan buah dan sayur selama beberapa hari di dalam lemari es karena tidak mungkin pergi berbelanja setiap hari.

Menyimpan buah dan sayur dalam lemari es yang seharunys menjaganya tetap segar, tak jarang membuat kondisi buah dan sayur menjadi cepat membusuk. Tentu hal ini tidak menyenangkan bagi Anda. Akan tetapi, ada beberapa tips menyimpan buah dan sayur agar lebih tahan lama.

Pisahkan Buah Pir dan Apel

Buah Pir dan Apel adalah buah yang sangat nikmat dikonsumsi. Untuk menyimpan kedua buah ini di dalam lemari es agar tahan lama, hindari meletakkan apel dan pir dengan dekat.

READ:  Cara Mengatasi Tulang Lutut Menonjol

Hal ini karena buah pir dan apel memproduksi gas etilen, yaitu senyawa yang membantu proses pematangan buah, lebih banyak dibandingkan dengan buah lainnya.

Itulah sebabnya, disarankan untuk memisahkan letak buah pir dan apel, atau dapat membungkus buah-buahan tersebut agar tidak bersentuhan langsung.

Buah Potong vs Buah Utuh

Tak jarang kita membeli buah dalam bentuk potongan, atau memotong sebagian dari buah tersebut kemudian menyimpan sisasnya di dalam kulkas.

Untuk menjaga buah-buahan tahan lama dan tidak gampang membusuk di dalam kulkas, usahakan untuk tidak menyimpan buah yang sudah dipotong dan menyimpan buah dalam bentuk utuh.

Baik mangga, semangga, melon, nanas dan buah-buahan lainnya yang mungkin ingin kita simpan dalam bentuk potongan, dalam menjadi matang hingga busuk sangat cepat dibandingkan dengan menyimpannya dalam bentuk utuh.

Buah-buahan yang disimpan dalam bentuk utuh, dapat bertahan selama satu hingga dua minggu di dalam lemari es. Akan tetapi buah dalam bentuk potongan hanya akan bertahan maksimal dua hingga tiga hari.

READ:  6 Tips Menggunakan Pelurus Rambut Yang Baik dan Benar

Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang sangat cepat matang hingga membusuk. Biasanya, pisang yang terlalu masak akan menjadi warna coklat dan teksturnya sangat lembek sehingga tidak lagi nikmat untuk dikonsumsi langsung.

Tak jarang kita menyimpan pisang di dalam kulkas untuk menjaga kesegarannya. Akan tetapi, ternyata pisang akan lebih tahan lama jika disimpan di dalam suhu ruangan.

Sayangnya, pisang memang tidak bisa bertahan lama seperti buah-buahan lainnya. Tips yang dapat Ada coba adalah dengan membungkus batang pisang dengan plastic wrap untuk mengurangi pisang menjadi cepat masak.

Tidak Menumpuk Buah-buahan

Cara lain untuk membuat buah lebih tahan lama disimpan di lemari es adalah dengan tidak menumpuknya, terutama buah-buahan yang cukup lunas dan mengandung daging buah bertekstur lembek.

Jeruk misalnya, sebaiknya tidak disimpan dengan cara ditumpuk.

Tidak Mencuci dan Mengupas Sayur

Salah satu tips untuk membuat sayur lebih tahan lama disimpan di kulkas adalah dengan tidak mengupas kulitnya. Jagung misalnya, akan lebih awet jika disimpan bersama dengan kulit luarnya.

READ:  Tips dan Cara Cantik Tanpa Make Up

Selain itu, mencuci sayur-sayuran hijau dan menyimpannya dalam kulkas dapat membuatnya menjadi lebih cepat layu. Jika Anda memang ingin menyimpan sayur yang sudah dicuci, pastian sayuran tersebut telah kering dan disimpan dalam wadah kedap udara.

Tidak Menyimpan Bawang dalam Kulkas

Bawang sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas karena baunya yang cukup tajam dapat mempengaruhi bau buah dan sayur lainnya.

Jika Anda ingin menyimpannya di dalam kulkas, pastikan bawang dalam keadaan kering dan diletakkan di dalam wadah kedap udara.

Sebenarnya, bawang akan lebih baik jika disimpan di luar lemari es, dalam wadah yang kering dan tidak terkena sinar matahari langsung.

**

Menyimpan sayur dan buah dengan benar di dalam kulkas dapat membuatnya lebih tahan lama dan lebih segar untuk dikonsumsi.


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *