Yuk Kenali 6 Manfaat Mengonsumsi Buah Kurma

Siapa tak kenal buah Kurma? Terutama saat bulan Ramadhan tiba, Kurma sering kita temui di supermarket. Ya, buah Kurma dikenal sebagai buah primadona bulan Ramadhan.

Buah Kurma merupakan buah yang dari pohon Kurma yang disebut-sebut telah ada sejak 3200 tahun sebelum masehi. Sejak jaman Mesir Kuno, kurma digunakan untuk berbagai hal, misalnya batangnya sebagai pondasi rumah, pelepahnya untuk atap rumah, serta buahnya yang menjadi salah satu makanan pokok masyarakat Mesir Kuno.

Kurma yang dipercaya berasal dari teluk Arab, dikenal juga sebagai salah satu oleh-oleh wajib yang dibeli oleh mereka yang menjalanan ibadah Haji maupun Umroh. Mungkin itu sebabnya buah Kurma pun laris di pasaran karena kaitannya yang erat dengan bulan Ramadhan. Namun apakah Kurma hanya baik dikonsumsi saat bulan puasa?

Kurma sejak lama telah dikenal manfaatnya untuk menjaga kesehatan hingga menyembuhkan beberapa penyakit. Melihat besarnya manfaat Kurma, Kurma tidak hanya dapat dikonsumsi selama bulan puasa, namun juga sehari-hari.

Loading...

Apa saja manfaat mengonsumsi buah primadona ini? Berikut adalah beberapa penjelasan manfaat mengonsumsi Kurma.

READ:  Manfaat Tempe untuk Kesehatan

Sumber Energi Instan

Rasa dari buah Kurma cenderung manis, bahkan mungkin terlalu manis bagi beberapa orang. Namun tahukah Anda, bahwa rasa manis dari Kurma berasal dari kandungan glukosa, fruktosa dan sukrosa alami.

Kandungan dalam Kurma tersebut dapat menjadi sumber energi instan bagi tubuh Anda. Itulah sebabnya Kurma sangat baik dimakan ketika sahur dan berbuka puasa, sebagai sumber energi sekaligus mengganti energi selama berpuasa.

Anda dapat mengonsumsi buah Kurma jika Anda merasa letih dan kekurangan gula sehingga merasa lemas. Mengonsumsi Kurma setidaknya 2 buah per hari juga dapat membuat energi dalam tubuh Anda selalu terjaga.

Penambah Berat Badan

Kurma mengandung zat gula alami, vitamin serta protein yang cukup tinggi sehingga dapat menjadi salah satu bahan makanan penambah berat badan.

Pencegah Osteoporosis

Tidak hanya kaya akan gula alami dan vitamin, Kurma juga mengandung mineral seperti selenium, mangan dan tembaga yang berguna untuk memperkuat tulang sekaligus mencegah osteoporosis.

Konsumsi Kurma secara teratur untuk menjaga kesehatan tulang Anda.

READ:  Pilihan Makanan yang Tepat Untuk Gigi Lebih Putih

Membuat Kulis Elastis

Beberapa vitamin yang terkandung dalam Kurma adalah vitamin A dan P (Bioflavonoid) yang baik untuk menjaga elastisitas kulit dan mencegah munculnya garis halus maupun tanda-tanda penuaan dini pada kulit Anda.

Mengatasi Anemia

Anda memiliki anemia? Penyakit kekurangan hemoglobin ini dapat diatasi dengan cara mengonsumsi Kurma secara teratur. Ya, kandungan zat besi, vitamin C dan B6 dapat meningkatkan produksi sel-sel darah merah dalam tubuh sehingga dapat menjadi obat anemia alami.

Menjaga Tekanan Darah tetap Stabil

Kandungan Kalium dan Magnesium yang tinggi pada Kurma dapat menjadi bahan alternatif menurunkan tekanan darah yang tinggi.

Itulah beberapa manfaat Kurma yang luar biasa. Mulailah mengonsumsi Kurma dengan rutin untuk menjaga kesehatan Anda.

Mengonsumsi buah Kurma dapat Anda lakukan dengan memakan langsung buahnya, dihidangkan sebagai jus atau mencampurnya ke dalam beberapa jenis makanan, seperti bubur oat dengan potongan buah lainnya.

Mulailah hidup sehat dengan mengonsumsi buah Kurma. Semoga bermanfaat!


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *