Kenali Tanda-tanda dan Kebiasaan Diet yang Salah

Loading...

Untuk menjaga penampilan, tak sedikit dari pria maupun wanita menjalani diet, terutama bagi mereka yang merasa memiliki masalah dengan berat tubuh.

Diet sebenarnya bukanlah hanya tentang berat tubuh, namun juga tentang membuat tubuh menjadi lebih sehat, dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang dianggap lebih sehat, berolahraga dengan lebih rutin hingga mengubah kebiasaan-kebiasaan lainnya.

Kendati demikian, diet yang dilakukan dengan cara yang salah, justru dapat berakibat buruk bagi kesehatan tubuh. Berat tubuh yang tak kunjung turun, bobot tubuh yang turun terlalu drastis, kondisi tubuh yang mudah sakit, munculnya depresi dan lain sebagainya merupakan akibat dari diet yang salah.

Berikut  ada kebiasaan dan tanda-tanda diet yang salah.

Tidak Sarapan

Diet memang identik dengan mengurangi porsi makan hingga tidak makan. Akan tetapi, melewati sarapan di pagi hari adalah kebiasaan diet yang salah.

Sarapan sangat penting untuk memberi energi yang cukup bagi tubuh untuk beraktivitas. Tertutama bagi Anda yang memilki banyak aktivitas dan bekerja dari pagi hingga sore hari, sarapan tidak boleh dilewati.

READ:  Cara Membuat Bokong Menjadi Lebih Besar dan Indah

Selain memberi energi dan nutrisi bagi tubuh sehingga tidak merasa lemas, sarapan dapat menghindari kita dari konsumsi makan siang yang berlebih karena rasa lapar.

Sarapan yang baik untuk diet adalah yang saya serat seperti bubut oatmeal dan roti gandum.

Tidak Mengonsumsi Gula dan Garam Sama Sekali

Banyak dari kita yang diet dengan tidak mengonsumsi gula dan garam sama sekali. Padahal kedua bahan ini tidak selalu jahat asal dikonsumsi dengan cara yang tepat.

Garam tetap dibutuhkan tubuh untuk memproduksi hormon tiroid, menyeimbangkan cairan tubuh, meningkatkan fungsi otak hingga memelihara fungsi sel saraf.

Gula juga baik untuk memberi energi pada tubuh sehingga sama sekali tidak mengonsumsi gula dapat membuat tubuh lemas.

Konsumsi dengan batas yang wajar dan memperbanyak asupan sehat lainnya adalah kebiasaan yang tepat.

Memuntahkan Makanan yang Telah Dikonsumsi

Salah satu kebiasaan diet yang terkadang dilakukan adalah memuntahkan kembali makanan yang telah dikonsumsi dengan harapan mengosongkan perut untuk membuat tubuh menjadi lebih kurus dengan cepat.

READ:  7 Tips Make Up Bagi Wajah Berjerawat

Padahal, cara ini tidak baik untuk dilakukan karena merupakan gangguan psikologis yang membahayakan. Beberapa akibat buruk bagi tubuh yang ditimbulkan dari memuntahkan makanan yang telah dikonsumsi adalah kulit kusam, kerusakan kelenjar air liur, osteoporosis, gangguan jantung, radang lambung akut hingga depresi.

Selalu Lapar

Idealnya, diet yang tepat tidak membuat kita selalu lapar, namun justru menahan lapar sehingga tidak mengomsumsi makanan berlebih.

Jika kita selalu merasa lapar, maka perlu dipertimbangkan untuk melihat lagi menu diet kita. Diet yang baik adalah tetap mengomsumsi makanan, hanya porsinya dikurangi, tanpa mengurangi frekuensi makan tiga kali sehari.

Selain itu, diet juga dapat dilakukan dengan frekuensi dan porsi makan yang sama, namun mengganti makanan dengan makanan yang sehat, seperti memperbanyak sayur dan buah.

Badan Terasa Lemas dan Mudah Sakit

Jika dilakukan dengan tepat, diet seharusnya membuat tubuh semakin sehat dan tidak mudah sakit. Jika Anda merasa sebaliknya, sebaiknya cek kembali apakah diet yang Anda lakukan sudah benar.

READ:  Tips Memakai Blush On sesuai Bentuk Wajah

Diet dengan menu yang salah atau tidak seimbangkan Anda asupan dan aktivitas yang dilakukan, misalnya olah raga yang terlalu ekstrem namun asupan Anda tidak cukup, dapat membuat tubuh terasa lemas dan rentan sakit.

Gangguan Emosi hingga Depresi

Diet yang tidak benar dapat ditandai dengan mood yang mudah berubat, stress yang semakin tinggi, depresi dan gangguan emosi lainnya. Jika Anda merasa demikian, mungkin diet yang Anda jalani perlu dicek kembali.

Diet yang sehat akan berefek baik tidak hanya bagi jasmani Anda, namun juga emosi yang stabil, perasaan semakin bahagia, dan perasaan positif lainnya.

**

Diet memanglah cara yang tepat untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat dan berat tubuh yang ideal. Namun, kebiasaan diet yang salah dapat menimbulkan masalah pada tubuh. Jalani diet dengan benar dan sesuai dengan kondisi tubuh Anda untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat.


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *