Pasca Pelurusan, Lakukan Ini agar Rambut Tetap Sehat

Loading...

Sebagian besar wanita mengidamkan rambut yang lurus karena terkesan rapi, mudah diatur dan cantik. Akan tetapi, tak semua wanita berambut lurus alami.

Seiring perkembangan teknologi perawatan rambut, muncul beberapa teknik meluruskan rambut, mulai dari smoothing hingga ion dan lain sebagainya. Rambut berombak maupun keritik dapat dibuat lurus alami dengan cukup instan dan tahan lama.

Itulah sebabnya, pelurusan rambut sangat digemari oleh kaum wanita. Namun demikian, pelurusan rambut pada umumnya menggunakan bahan-bahan yang mengandung bahan kimia, yang tidak jarang menimbulkan efek buruk bagi kesehatan rambut.

Rambut bercabang, kering, rapuh hingga kasar menjadi salah satu dampak negatif yang dirasakan setelah proses pelurusan.

Untuk itu, diperlukan beberapa cara merawat rambut pasca pelurusan, agar rambut tidak hanya lurus tahan lama, akan tetapi tetap sehat dan jauh dari resiko bercabang. Ini dia tipsnya.

Tidak Langsung Mencuci Rambut Pasca Pelurusan

Setelah melakukan pelurusan rambut, sebaiknya hindari untuk langsung keramas. Setidaknya tunggu sekitar 2 – 3 hari agar obat pelurusan bekerja sempurna pada rambut sehingga rambut lurus lebih awet.

Rambut yang langsung dikeramas pasca pelurusan, akan menghasilkan rambut yang tidak lurus sempurna. Biasanya rambut masih terlihat berombak atau keritik di beberapa bagian.

READ:  Cara Menambah Berat Badan

Pastikan untuk Menggunakan Kondisioner

Untuk menjaga rambut tetap lembut dan tidak kering, gunakan kondisioner setelah mencuci rambut saat rambut dalam keadaan basah.

Aplikasikan kondisioner di bagian batang rambut dan hindari menggunakannya hingga ke kulit kepala karena akan beresiko munculnya ketombe.

Pilih kondisioner sesuai dengan kondisi rambut. Untuk rambut pasca pelurusan, gunakan kondisioner khusus untuk rambut yang diluruskan atau dikeriting karena dapat memberikan hasil ektra lembut dan perlindungan maksimal pada rambut dari efek obat.

Usahakan Tidak Menggunakan Pengering Rambut

Pengering rambut atau hair dyer menjadi salah satu alat yang sangat praktis digunakan untuk mengeringkan rambut.

Akan tetapi, penggunaan hair dryer dapat beresiko merusak rambut karena udara panas yang dikeluarkan dapat membuat rambut menjadi kering dan mudah bercabang.

Cara terbaik mengeringkan rambut adalah dengan diangin-anginkan hingga kering, atau menggunakan kipas angin. Jika Anda tidak memiliki waktu banyak untuk mengeringkan rambut dan terpaksa harus menggunakan hair dryer, atur suhunya agar tidak panas.

Selain itu, saat mengeringkan rambut, hindari menggosok rambut dengan handuk. Sebaiknya tekan rambut perlahan agar rambut tidak mudah kusut.

Hindari Sering Mengikat dan Menjepit Rambut

Setelah proses pelurusan, hindari sering mengikat dan menjepit rambut. Hal ini dapat menyebabkan rambut menjadi bergelombang dan kusut.

READ:  3 Bahaya Menggunakan Headset

Biarkan rambut lurus tergerai daripada diikat.

Trim Rambut dengan Rutin

Pasca meluruskan rambut, sebaiknya trim atau potong ujung rambut secara rutin, setidaknya sebulan sekali.

Rambut yang mengalami proses pelurusan biasanya sangat mudah bercabang. Rambut bercabang yang dibiarkan dapat semakin merusak rambut, dan berpotensi membuat rambut patah dan rapuh.

Rambut yang sering di trim akan tumbuh kembali sehingga resiko bercabang semakin berkurang.

Tidak Mencatok Rambut Terlalu Sering

Rambut yang diluruskan biasanya masih dicatok untuk mendapatkan hasil yang lurus sempurna atau style lain yang diidamkan, misalnya membuat ujungnya masuk ke dalam maupun dibentuk ikal, sehingga rambut tampak lebih alami.

Mencatok rambut boleh-boleh saja. Akan tetapi hindari melakukannya terlalu sering karena dapat membuat rambut menjadi kering dan rapuh.

Jika Anda memang ingin sering mencatok rambut, usahakan menggunakan serum atau produk rambut yang berguna untuk melindungi rambut sebelum dicatok.

Lebih Sering Merawat Rambut

Rambut yang telah melewati proses pelurusan, sebaiknya dirawat lebih sering dan intensif dibanding rambut yang tidak mengalami proses apapun.

Usahakan untuk melakukan hair spa, masker rambut atau perawatan lainnya agar rambut senantiasa sehat dan tidak mudah kering.

**

Itulah tips merawat rambut pasca pelurusan, agar rambut tetap terlihat sehat.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *