Cara Menggunakan Softlense yang Perlu Anda Ketahui

Loading...

Lensa kontak atau softlense bukanlah hal asing baik sebagai pengganti kaca atau penunjang penampilan. Saat ini, jumlah pengguna softlense pun semakin meningkat karena softlense dapat dibeli dengan mudah dengan harga yang cukup terjangkau.

Tidak hanya itu, softlense dapat membuat mata Anda terlihat lebih indah dan berkarakter, terutama yang memiliki warna-warna seperti coklat, hazel, biru hingga abu-abu.

Dibalik fungsi softlense untuk menunjang penampilan, penggunaan softlense haruslah diperhatikan untuk menghindari beberapa efek buruk penggunakan softlense terhadap mata Anda, seperti iritasi hingga infeksi mata.

Berikut adalah aturan yang sebaiknya Anda patuhi dalam menggunakan softlense agar kesehatan mata Anda tetap terjaga.

Tangan dan Bersih

Softlense kita kenakan dengan menggunakan ujung jari kita dan telapak tangan. Karena softlense langsung bersentuhan dengan mata kita, maka kebersihan softlense sangat perlu dijaga. Itu artinya kita harus memastikan bahwa tangan kita bersih dan steril sebelum mengenakan softlense.

Cuci tangan Anda dengan sabun, pastikah mencucinya dengan bersih mulai dari bagian jari, sela-sela jari, kuku hingga pergelangan tangan. Bilas tangan hingga bersih dari sisa-sisa sabun, karena sabun yang tersisa dapat membuat mata menjadi perih saat mengenakan softlense.

Mencuci tangan harus dilakukan untuk menghindari bakteri dan kuman pada tangan berpindah ke mata melalui penggunakan softlense sehingga dapat menyebabkan mata teriritasi. Tak hanya itu, pastikan tangan streil dan bersih saat melepas softlense. 

Jika Anda terkadang tidak memiliki waktu yang cukup, Anda juga dapat menggunakan cairan pembersih tangan.

READ:  Kandungan dan Manfaat Bengkoang

Batasi Waktu Pemakaian Softlense

Softlense sebaiknya tidak digunakan lebih dari 8 jam non-stop. Hal ini dikarenakan softlense dapat membuat mata menjadi kering dan mudah iritasi.

Lepas softlense setelah dikenakan selama 8 jam, dan gunakan kembali setelah 1 hingga 2 jam kemudian. Sebaiknya istirahatkan mata agar mata secara alami menjadi lembab dan tidak kering.

Selama pemakaian softlense, sebaiknya juga tetesi mata dengan tetes mata khusus pengguna softlense setiap 1 hingga 2 jam atau saat mata terasa kering.

Jangan Tidur Sambil Mengenakan Softlense

Tak sedikit orang tidur dengan mengenakan softlense, bahkan berhari-hari. Softlense sangat tidak dianjurkan untuk dikenakan lebih dari 8 jam sehari, dan bahkan dilarang dikenakan saat tidur.

Hal ini dikarenakan softlense yang dikenakan saat tidur dapat membuat mata menjadi sangat kering dan teriritasi.

Jika memang Anda terpaksa mengenakannya saat tidur, konsultasikan dengan dokter mata apakah jenis softlense yang Anda kenakan tidak memberikan efek yang buruk jika dipakai saat tidur.

Simpan Softlense dengan Baik

Jika sedang tidak dipakai, simpan softlense dengan baik dengan cara merendamnya dalam cairan baru dalam wadah yang bersih.

READ:  Food Combining, Rahasia Sehat Dan Berat Badan Ideal

Jika softlense cukup lama tidak dipakai dan disimpan, ganti air rendaman setidaknya beberapa kali sehari untuk menjada softlense tetap bersih.

Softlense yang tidak disimpan dengan baik dapat menyebabkan kuman dan bakter bersarang pada softlense dan menimbulkan iritasi pada mata jika dipakai.

Cek Waktu Kadaluarsa Penggunaan Softlense

Setiap softlense memiliki tanggal kadaluarsa penggunaan yang berbeda-beda. Mulai dari 1 hari (softlens harian), 1 bulan, 3 bulan, hingga 1 tahun.

Akan tetapi, jika Anda memakai softlense setiap hari, maka sebaiknya ganti softlense lebih awal dari masa kadaluarsa penggunaan softlense agar tidak menimbulkan efek buruk pada mata Anda.

Biasanya, softlense yang lebih lentur, ringan dan lunak memiliki waktu kadaluarsa penggunaan lebih cepat daripada softlense dengan ciri yang sebaliknya.

Ganti Jenis Softlense Jika Perlu

Berbagai jenis softlense seperti yang berwarna ataupun tidak dengan kandungan air yang berbeda-beda, memberikan efek yang berbeda pada mata.

Sebaiknya periksakan kondisi mata Anda ke dokter mata, agar Anda dapat memilih softlense yang paling tepat sesuai dengan mata Anda.

READ:  Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Merah

Jika softlense yang saat ini Anda kenakan tidak terasa nyaman atau mudah menimbulkan iritasi, ganti softlense tersebut dengan jenis lain yang lebih sesuai dengan mata Anda.

**

Dengan mematuhi beberapa aturan penggunaan softlense yang tepat dan benar, mata Anda tetap sehat dan terhindar dari efek buruk softlense seperti mata kering, iritasi hingga infeksi. Semoga bermanfaat!


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *