Kupas Tuntas Soal Komedo: Jenis, Penyebab & Cara Mengatasinya

Loading...

Tidak asing dengan komedo bukan? Di dunia kecantikan, komedo merupakan salah satu masalah kulit wajah yang sering dibahas, karena dapat menyebabkan jerawat dan kulit kusam.

Komedo merupakan sejenis papula atau benjolan berukuran kecil pada permukaan kulit. Komedo biasanya berwarna hitam atau putih dan juga dikenal sebagai salah satu jenis jerawat yang tergolong ringan.

Di wajah, komedo biasa muncul di area berpori-pori besar dan berminyak, seperti hidung, area pipi dekat mata, dahi dan dagu. Tidak hanya di area wajah, komedo juga muncul di leher, dada, punggung hingga lengan.

Jenis-jenis Komedo

Komedo terbagi dalam beberapa jenis, berdasarkan warna dan ukurannya, sebagai berikut.

  • Komedo hitam

Komedo hitam biasa muncul akibat pori-pori yang tersumbat. Komedo hitam atau yang biasa disebut blackheads biasanya terekspos udara dan terjadi oksidasi minyak sehingga warnyanya berubah menjadi hitam.

Blackheads membuat wajah terlihat kusam dan bisa terasa sakit jika mengalami iritasi akibat jerawat.

  • Komedi putih

Selain komedo hitam, ada juga komedo putih yang lebih umum terjadi pada kulit wajah. Komedo putih atau whiteheads muncul di bawah permukaan kulit karena pori-pori yang tersumbat oleh minyak atau pun kotoran.

READ:  Obat Jerawat Tradisional

Komedo putih sangat berpotensi menjadi jerawat dan meradang.

  • Mikrokomedo

Mikrokomedo adalah komedo berukuran kecil yang hampir tak tampak oleh mata.

  • Makrokomedo

Kebalikan dari mikrokomedo, makrokomedo adalah komedo berukuran besar yang berdiameter hingga 2-3 mm. Biasanya, ujungnya terbuka dan berwarna hitam.

  • Komedo solar

Komedo solar adalah sebutan untuk komedo yang muncul karena paparan sinar matahari, biasanya di daerah pipi dan dagu.

Penyebab Komedo

Komedo tidaklah muncul tanpa sebab. Pada dasarnya, komedo disebabkan oleh sel kulit mati dan minyak yang terkumpul dan menyumbat pori-pori. Namun, komedo juga dapat muncul karena sebab lainnya, seperti berikut.

  • Permukaan kulit yang tidak bersih, sehingga jumlah bakteri propionicaterium acnes meningkat pada permukaan kulit
  • Iritasi pada folikel rambut sehingga sel kulit mati tidak rontok secara teratur
  • Perubahan hormon sehingga produksi minyak pada kulit meningkat
  • Konsumsi obat-obatan tertentu seperti streroid
  • Pemakaian produk yang tidak cocok, misal yang mengandung banyak minyak pada kulit yang berminyak
  • Konsumsi makanan pemicu komedo, seperti makanan dengan kandungan gula dan lemak yang tinggi.
READ:  Tips Menjaga Mata Tetap Sehat untuk Pecinta Gadget

Cara Mengatasi Komedo

Mengatasi komedo tidak lah mudah dan memakan waktu, akan tetapi terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi komedo dengan efektif.

  • Bersihkan wajah dengan seksama. Gunakan pembersih wajah yang berbahan dasar air. Jika wajah Anda cenderung berminyak dan berjerawat, membersihkan wajah dengan dua tahap dapat mencegah komedo muncul. Gunakan cleansing oil dan pijat-pijat wajah sehingga komedo dapat keluar dan cuci wajah hingga bersih

  • Pilih produk perawatan wajah dan tubuh yang tidak menyebabkan komedo, biasanya produk-produk ini berlogo no sebum atau non-comedogenic 
  • Hindari memakan makanan yang mengandung gula, mengandung susu (dairy products), lemak yang tinggi, misalnya susu, ayam, gorengan dan lain sebagainya
  • Lakukan peeling atau eksfoliasi kulit secara rutin untuk membersihkan sel-sel kulit mati. Anda dapat melakukannya sendiri dengan produk-produk peeling yang sesuai dengan kulit Anda, maupun secara rutin melakukan facial di klinik kecantikan

Itulah ulasan singkat dan lengkap tentang komedo berikut jenis-jenis dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *