Hindari Lembur, Ini Dia 5 Tips Pulang Kerja On Time

Loading...

Pulang kerja on time mungkin terdengar cukup sulit dilakukan karena lembur sudah menjadi hal yang biasa dalam dunia kantor. Terlebih lagi anggapan pulang on time yang sering dikaitkan dengan pekerjaan yang sedikit dan terkesan tidak loyal dengan pekerjaan.

Padahal, pulang on time sah sah saja dilakukan mereka yang sudah menyelesaikan pekerjaannya. Setiap individu juga memiliki kebiasaan dan cara bekerja masing-masing yang berpengaruh terhadap selesai tidaknya pekerjaan mereka pada jam pulang kantor.

Lembur juga tidak selamanya menjadi hal yang baik meskipun seseorang terlihat loyal pada pekerjaannya sehingga bekerja hingga larut malam. Di beberapa negara maju, seseorang yang sering lembur justru dianggap tidak mampu mengerjakan pekerjaan dengan baik dan mengatur waktunya dengan baik pula.

Bagi Anda yang ingin menghindari lembur dengan pulang kerja tepat waktu, berikut adalah tips dari kami.

Datang Kerja Lebih Awal

Salah satu cara untuk mengindari lembur adalah dengan datang ke tempat kerja lebih awal. Hal ini tentu lebih baik dibandingan pulang kerja terlambat.

Jika Anda memulai pekerjaan lebih awal, maka Anda anda memiliki waktu lebih untuk menyelesaikan pekerjaan dengan on time. Selain itu, datang kerja lebih awal berarti Anda juga mengatur jam tidur Anda lebih baik, dengan tidak tidur terlalu larut malam.

READ:  7 Tips Makeup Praktis Untuk Ibu Hamil

Me-review Agenda Kerja dengan Baik

Tidak menyusun atau mengatur agenda kerja dengan baik adalah salah satu penyebab lembur karena kita kesulitan memilih alur pekerjaan atau memilih pekerjaan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

Sebelum memulai pekerjaan, review agenda kerja Anda dengan baik dengan melihat detilnya secara seksama dan berapa waktu yang Anda perlukan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Pilih pekerjaan yang paling urgent atau harus segera diselesaikan terlebih dahulu, lalu ke pekerjaan yang lebih memakan waktu lama untuk dikerjakan.

Agenda pekerjaan sebaiknya tidak dibuat hanya untuk di hari esok namun juga beberapa hari ke depan agar Anda dapat mengatur waktu untuk mengerjakannya dengan lebih baik.

Anda juga sebaiknya membuat to-do-list berupa poin poin penting pekerjaan Anda tersebut sehingga tidak ada pekerjaan yang tertinggal dan membuat Anda harus lembur.

Membuat agenda dan to-do-list dapat membantu Anda fokus untuk mengerjakan pekerjaan satu per satu.

Disiplin dalam Membagi Waktu untuk Bekerja dan Istirahat

Salah satu penyebab lembur lainnya adalah gagalnya seseorang mengatur waktu untuk bekerja dan beristirahat atau aktivitas lainnya di sela-sela pekerjaan.

Mulailah disiplin dalam membagi waktu, misal untuk pekerjaan, untuk istirahat siang yang hanya digunakan 1 jam dan tidak membuang waktu saat bekerja untuk melakukan aktivitas lain seperti telrlau lama bermain gadget, mengobrol dengan rekan kerja dan lain sebagainya.

READ:  Tips Memilih Lipstik yang Tepat Untuk Bibir Gelap

Mencicil Pekerjaan

Pekerjaan yang berskala besar atau cukup rumit memerlukan waktu yang cukup lama untuk diselesaikan. Tak jarang pekerjaan yang belum selesailah yang membuat kita harus lembur.

Pada situasi tertentu, memang tidak ada pilihan selain lembur untuk menyelsaikan pekerjaan yang sudah terpaut deadline. 

Akan tetapi mencicil pekerjaan yang cukup lama diselesaikan adalah salah satu cara untuk menghindari lembur. Maksimalkan waktu bekerja Anda dengan baik dengan mencicil pekerjaan selagi bisa disela-sela pekerjaan lainnya agar cepat selesai.

Pola Hidup Sehat

Adalah hubungan pola hidup sehat dan menghindari lembur? Tentu saja. Tak jarang susah konsentrasi dalam bekerja disebabkan oleh jam dan kualitas tidur yang tidak cukup. Hal ini membuat seseorang tidak fokus dalam bekerja hingga mengantuk sehingga pekerjaan tidak dapat diselesaikan dengan cepat.

Atur jam tidur Anda dengan baik dan hiduplah dengan pola hidup yang sehat untuk membuat daya konsentrasi Anda semakin baik dalam bekerja.

***

Menghindari lembur tidaklah mudah namun dapat diatasi dengan mengatur waktu pekerjaan dan menyelesaikannya dengan lebih maksimal. Semoga bermanfaat.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5,00 out of 5)
Loading...


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *