Waspadai Over Eksfoliasi Kulit Wajah: Ini 5 Tandanya

Loading...

Memiliki wajah bersih dan glowing adalah impian semua wanita. Hal ini membuat banyaknya produk eksfoliasi laris manis di pasaran.

Ya, eksfoliasi adalah suatu proses mengangkat sel kulit mati pada wajah sehingga regenerasi sel kulit wajah menjadi lancar dan wajah akan terlihat lebih cerah.

Produk eksfoliasi yang biasa dikenal adalah scrub wajah, padahal eksfoliasi juga dapat diaplikasikan dalam produk toner, sabun pembersih wajah, hingga serum.

Meskipun eksfoliasi dapat membuat wajah tampak bercahaya dan bersih, sebaiknya dilakukan 2 kali seminggu. Apabila eksfoliasi dilakukan setiap hari bahkan di setiap rangkaian skin care, akan meningkatkan risiko over eksfoliasi yang justru dapat merusak kulit.

Berikut adalah beberapa tanda kulit wajah yang mengalami over eksfoliasi.

Kulit Wajah Menjadi Sensitif

Jika sebelumnya Anda memiliki kulit normal, maka over eksfoliasi dapat membuat kulit Anda menjadi lebih sensitif. Hal ini dapat dirasakan dengan kulit wajah yang terasa sakit jika terkena kapas, saat mencuci wajah, akan terkena benda apapun.

READ:  Tips Memilih Lipstik yang Tepat Untuk Bibir Gelap

Terlebih lagi jika kulit Anda pada dasarnya sudah sensitif, over eksfoliasi akan memperparah kondisi kulit Anda.

Kulit Terasa Aneh

Selain kulit yang menjadi sangat sensitif, tekstur kulit juga akan terasa aneh atau pun janggal bila diusap. Jika saat memegang wajah kulit Anda terasa aneh, seperti bertekstur kasar dan terasa perih, maka itu bisa jadi tanda kulit Anda mengalami over eksfoliasi.

Kulit Menjadi Sangat Berminyak

Kulit yang mengalami over eksfoliasi akan menyebabkan pori-pori memproduksi minyak terus menerus yang secara alami sebenarnya melapisi wajah agar tidak kering.

Namun demikian, hal ini dapat menyebabkan kulit Anda menjadi sangat berminyak dan berisiko menjadi kusam dan berjerawat.

Iritasi pada Kulit

Tidak hanya kulit yang menjadi sangat berminyak, kulit yang mengalami over eksfoliasi juga dapat menjadi sangat kering , memerah dan teriritasi.

Hal ini disebabkan oleh reaksi alami tubuh yang mengeluarkan sel darah di tempat-tempat yang teriritasi. Jika kulit Anda terlihat lebih merah daripada biasanya dan terasa sakit jika disentuh, hentikan kegiatan eksfoliasi untuk beberapa hari hingga kulit pulih dan kembali normal.

READ:  Aturan Memakai Lulur Agar Kulit Cantik Dan Sehat

Kulit Mengalami Breakout

Over eksfoliasi dapat menyebabkan pelindung kulit Anda hilang dan bakteri pun akan mudahnya masuk ke pori-pori kulit.

Hal inilah yang memicu kulit mengalami breakout dengan munculnya jerawat-jerawat kecil terutama di bagian pipi dan dahi.

Jika sudah begini, hentikan eksfoliasi untuk sementara dan gunakan produk yang dapat memberikan efek calming pada kulit wajah.

Bagaimana Cara Mengatasi Kulit yang Mengalami Over Eksfoliasi?

Jika kulit Anda sudah terlanjur mengalami over eksfoliasi, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

  • Hentikan penggunaan produk eksfoliasi
  • Gunakan skin care yang mengandung efek calming dan menenangkan, seperti yang mengandung aloe vera
  • Perlakukan kulit wajah dengan lembut, misalnya hindari mengeringkan wajah dengan menggosoknya secara berlebihan
  • Perbanyak minum air putih agar kulit tetap terjaga kelembabannya

***

Itulah beberapa tanda kulit wajah mengalami over eksfoliasi dan cara untuk mengatasinya. Rawat kulit wajah Anda dengan seimbang untuk mengurangi risiko rusaknya kulit karena perawatan yang berlebihan. Semoga bermanfaat.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *