Tips Make-Up untuk Wajah Berjerawat

Loading...

Merias wajah dengan make-up adalah salah satu aktivitas wajiib para wanita. Terlebih dengan semakin variatifnya produk kecantikan saat ini, merias wajah menjadi sangat menyenangkan untuk dilakukan.

Bagi Anda yang memiliki wajah berjerawat, mungkin Anda pernah mendengar bahwa merias wajah tidak dianjurkan karena dikhawatirkan akan menutup pori-pori wajah sehingga membuat jerawat semakin parah.

Padahal, semua jenis kulit sah-sah saja untuk diaplikasikan make-up, termasuk wajah rentan berjerawat. Namun demikian ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam langkah-langkah menggunakan make-up agar tidak memperparah jerawat.

Berikut adalah tips menggunakan make-up untuk wajah berjerawat.

Pastikan Wajah Bersih Sebelum Menggunakan Make-Up

Sebenarnya wajah memang sebaiknya dalam keadaan bersih sebelum dirias. Terlebih bagi pemilik wajah berjerawat, pastikan kulit wajah benar-benar dalam keadaan bersih.

Hal ini untuk menghindari pori-pori yang kurang bersih dan ditumpuk oleh riasan sehingga membuat jerawat semakin meradang.

Gunakan pembersih wajah khusus untuk wajah berjerawat atauu yang tertera bahan anti komedo.

READ:  4 Tips Mengecilkan Pori-pori Wajah

Gunakan Skin Care dan Primer

Sebelum menggunakan riasan seperti foundation, pastikan wajah sudah diaplikasikan skin care rutin Anda yang memang dikhususkan sesuai jenis kulit Anda.

Toner, serum dan pelembab sebaiknya digunakan dulu dan tunggu beberapa saat untuk meresap dengan baik.

Setelah itu, gunakan primer khusus untuk kulit berjerawat dan dapat berfungsi sebagai lapisan yang melindungi kulit wajah dari pengaruh kandungan make-up yang akan Anda gunakan.

Pilih Foundation yang Ringan

Wajah yang berjerawat biasanya akan terlihat mulus jika menggunakan foundation atau alas bedak. Usahakan untuk memilih alas bedak yang ringan dan bebas minyak (oil free) agar tidak membuat pori-pori tersumbat.

Gunakan Concealer

Penggunaan concealer dapat dikatakan wajib bagi wajah yang berjerawat. Concealer biasanya lebih coverage atau dapat menutupi noda di wajah lebih baik dari pada alas bedak.

Setelah menggunakan alas bedak, gunakan concealer di area yang berjerawat atau ada bekas jerawat untuk menyamarkannya.

Pilih warna yang sama dengan alas beda agar terlihat rata dan lebih natural. Jika perlu, pilih concealer yang mengandung bahan tea tree agar tidak memperparah jerawat.

READ:  7 Penyebab Rambut Jadi Lepek

Gunakan Bedak Tabur

Setelah menggunakan alas bedak, gunakan bedak untuk menyempurnakan riasan. Untuk wajah berjerawat, sebaiknya gunakan bedak tabur yang ringan dan mengandung kandungan anti jerawat atau bebas dari bahan minyak.

Gunakan merata di seluruh wajah dengan menggunakan kuas agar tampak natural.

Akhiri dengan Setting Spray

Penggunakan alas beda, concealer dan bedak dapat membuat riasan tampak tebal. Gunakan setting spray untuk melembabkan seluruh hasil riasa sekaligus membuat riasan bertahan lebih lama.

Pilih setting spray yang memang diperuntukkan khusus bagi wajah berjerawat agar riasan tetap terjaga tanpa memperparah jerawat.

Bersihkan Wajah Secepatnya

Wajah yang berjerawat memang sebaiknya tidak menggunakan make-up terlalu lama karena dikhawatirkan membuat pori-pori wajah tidak bisa bernapas dan memperparah jerawat.

Bersihkan wajah secepatnya jika tidak perlu menggunakan riasan, dengan cara double cleansing yaitu menggunakan cleansing oil dan sabun wajah.

***

Wajah berjerawat bukan berarti tidak bisa menggunakan make-up. Dengan tipa di atas, wajah Anda tetap dapat terlihat cantik dengan make-up tanpa memperparah kondisi kulit Anda. Semoga bermanfaat!

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5,00 out of 5)
Loading...


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *