Jangan Sepelekan Curhat, Ini Dia 5 Manfaatnya!

Loading...

Curhat yang merupakan singkatan dari curahan hati adalah kegiatan yang biasa kita lakukan sebagai makhluk sosial. Ya, curhat berarti kita saling berbagi cerita, meminta saran jika ada masalah hingga menanyakan perspektif orang lain saat ragu membuat keputusan.

Curhat dapat dilakukan dengan siapa saja, yang menurut kita adalah orang yang cukup dekat dan dipercaya untuk mendengar cerita kita. Terlebih terkadang ada beberapa rahasia yang kita ungkapkan, maka sebaiknya curhatlah ke orang yang tepat, yang mempu mendengarkan, memberi saran hingga menyimpan rahasia Anda rapat-rapat.

Meskipun curhat terbilang kegiatan yang biasa saja dan lumayan sering dilakukan secara tidak sadar saat sedang kumpul bersama teman atau makan bersama, curhat memiliki beberapa manfaat yang tidak dapat diangap enteng dalam dunia psikologi.

Berikut adalah beberapa manfaat curhat.

Membuat Perasaan Menjadi Lega

Tak jarang kita menyimpan keluh kesah dan perasaan sedih hanya untuk diri sendiri. Padahal hal tersebut tidak baik karena akan membuat kita merasa stres dan berisiko depresi.

Dengan curhat, kita menceritakan apa yang selama ini menjadi beban pikiran kita dan otomatis membuat perasaan kita menjadi lega.

READ:  Mempercantik Diri dengan Seni Lukis Tubuh

Hal ini juga membuktikan bahwa terkadang kita hanya ingin didengar karena pada dasarnya manusia adalah makhlus sosial yang suka berbagi kisah dan perasaan.

Mengurangi Risiko Stres dan Depresi

Dengan curhat, kita bebas bercerita, saling berbagi keluh kesah dan bertukar pendapat. Hal ini dapat mengurangi tinkat stres dan risiko depresi yang dapat berakibat fatal jika dibiarkan.

Tak sedikit pula kasus bunuh diri menimpa orang-orang yang depresi karena tidak pernah membagi beban pikirannya ke orang lain. Stres juga dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan fisik, sehingga meskipun terdengar sepele, curhat adalah salah satu obat mujarab penghilang stres.

Mendapat Perspektif Baru untuk Menyelesaikan Masalah

Saat kita memiliki masalah dan ragu untuk mengambil keputusan, curhat adalah langkah yang tepat. Curhat membuat kita mendapat perspektif baru dengan mendengar pendapat orang lain yang mungkin dapat memberi ide penyelesaikan masalah yang tidak kita pikirkan sebelumnya.

Jangan ragu untuk meminta dan mendengar pendapat lawan bicara kita jika Anda ragu untuk mengambil keputusan. Tak jarang keputusan tepat yang diambil dalam hidup kita berasal dari pendapat orang lain.

READ:  Cara Menaikkan Bokong Setelah Melahirkan

Mempererat Hubungan dan Rasa Percaya dengan Lawan Curhat

Berbeda dengan aktivitas ngobrol biasa, curhat biasanya dilakukan dengan orang-orang spesial yang sangat dekat dengan Anda. Hal ini karena curhat membuat kita jujur dan apa adanya dengan keadaan yang sedang kita alami dan tidak menutupi apa-apa.

Itu sebabnya curhat secara otomatis dapat membuat hubungan kita dengan teman curhat kita menjadi lebih erat dan saling percaya.

Mencintai Diri Sendiri

Secara tidak langsung, dengan curhat kita dapat belajar untuk lebih mencintai diri sendiri. Beban pikiran yang ditumpuk dan tidak dibagi dapat berpotensi menganggu kesehatan fisik dan mental kita. Dengan curhat, kita memberi ruang pada diri sendiri untuk tidak memikul beban tersebut sepenuhnya sendiri.

Curhat baik dengan teman, anggota keluarga, pacar atau pada buku diary dapat melepaskan beban dan jika suatu Anda sudah melewati kondisi sulit tersebut, Anda akan bangga terhadap diri sendiri yang kuat dan mampu melalui masalah tersebut.

***

Meskipun terdengar sepele, jangan remehkan manfaat curhat yang ternyata begitu banyak. Hindari menanggung semua beban pikiran untuk diri Anda sendiri, dan mulailah curhat untuk melepaskan beban sekaligus membantu orang lain yang mungkin juga sedang memiliki masalah.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *