Ini Dia, 5 Tips Makeup Awet untuk Pemilik Kulit Kering

Loading...

Dalam urusan merias wajah, wanita tentu ingin hasil make up yang flawless dan awet, terlebih jika beraktivitas seharian.

Bagi yang memiliki kulit kering, riasan yang halus dan awet cukup sulit didapatkan karena biasanya make up pada kulit kering berakhir cracking (retak-retak) dan terlihat kasar.

Namun demikian, bukan berarti tidak ada solusi make up awet bagi pemilik kulit kering. Ini dia tipsnya.

Jangan Lupa Menggunakan Pelembab

Sebelum mengaplikasikan make up, sebaiknya gunakan pelembab terlebih dahulu. Terlebih bagi Anda yang memiliki kulit kering, menggunakan pelembab adalah hal wajib sebelum memakai make up.

Pelembab akan membantu menghidrasi kulit karena kulit cenderung menghasilkan minyak alami kulit yang sangat sedikit dibandingkan kulit normal. Pilih pelembab yang dapat memberi kelembaban cukup lama pada kulit Anda, yaitu yang teksturnya lebih kental. Jika perlu, lakukan tahapan skin care yang sesuai dengan kulit kering, seperti menggunakan essence dan serum terlebih dahulu.

Pengaplikasian foundation pada kulit yang kering dapat menyebabkan riasan menjadi kasar dan mudah retak.

READ:  8 Cara Untuk Menghilangkan Karang Gigi

Gunakan Produk Make Up yang Melembabkan

Tidak hanya tahapan skin care yang perlu disesuaikan dengan kulit kering, produk make up yang melembabkan juga menjadi pilihan yang tepat bagi pemilik kulit kering.

Sebaiknya pilih foundation yang bertekstur cair, begitu pula untuk blush, bronzer, eye shadow hingga highlighter.

Memilih produk yang lebih bertekstur cair akan membuat kulit tampak lembab dan make up juga awet. Jika perlu, pilihlah produk dengan disclaimer “for dry skin” yang memang dikhususkan bagi kulit kering.

Jika foundation terlalu berat untuk Anda, maka Anda dapat memilih BB cream atau CC cream yang tidak hanya berfungsi sebagai foundation namun juga mengandung asam hialuronat dan vitamin B yang dapat merawat dan menjaga kelembaban kulit.

Gunakan Sponge untuk Mengaplikasikan Make Up

Bagi Anda yang memiliki kulit kering, hindari mengaplikasikan make up menggunakan jari tangan karena rentan membuat riasan cracking.

Sebaiknya gunakan sponge yang terlebih dahulu dibasahi air untuk mengaplikasikan foundation agar lebih merata dan melembabkan. Cara ini juga dapat membuat make up pada wajah menjadi lebih awet.

Aplikaskan make up dengan cara menepuk-nepuk sponge dengan lembut dan tidak menggosoknya agar hasil make up lebih halus.

READ:  7 Tips Memilih Kosmetik Aman dan Halal

Hindari Penggunaan Bedak yang Banyak

Tips ini mungkin terdengar tidak biasa. Akan tetapi, menggunakan bedak terutama bedak padat pada kulit kering justru akan membuat kulit menjadi lebih kering dan make up pun mudah cracking.

Sebagai alternative, Anda dapat memakai bedak di area-area tertentu saja, misalnya di dahi, hidung atau dagu yang biasanya cenderung mengkilap.

Eksfoliasi Wajah dengan Rutin

Tips lain untuk membuat make up awet pada kulit kering adalah dengan melakukan eksfoliasi wajah dengan rutin 2 kali seminggu.

Eksfoliasi wajah berguna untuk mengurangi sel kulit mati pada wajah dan membantu proses regenerasi kulit sehingga kulit akan lebih lembab dan halus.

***

Tidak sulit untuk mendapatkan hasil riasan yang halus dan awet pada kulit kering. Yang terpenting adalah rawat kulit Anda dengan skin care yang sesuai dan pilih produk yang melembabkan. Selamat mencoba!


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *