Khasiat Minyak Kelapa Untuk Menyuburkan Rambut

Khasiat Minyak Kelapa Untuk Menyuburkan RambutMinyak kelapa adalah salah satu produk alami yang dihasilkan dari pengolahan daging buah atau biji kelapa. Minyak kelapa banyak diminati karena berbagai kandungan dan manfaatnya.

Selama bertahun-tahun, produk buah kelapa ini terutama dimanfaatkan sebagai sumber lemak nabati, dan biasanya menjadi salah satu bahan dan bumbu dari beberapa jenis makanan.

 

Tidak hanya di bidang kuliner, minyak kelapa juga memberikan manfaat bagi bidang medis dan kecantikan.

Di dunia medis, minyak kelapa bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh, berfungsi sebagai anti bakteri, menaikkan tekanan darah, mencegah dan mengurangi penyakit jantung, hingga mencegah kanker, serta sejumlah manfaat lainnya.

Di dunia kecantikan, minyak kelapa bermanfaat untuk kesehatan rambut dan membersihkan kulit. Kami sudah pernah menjelaskan khasiat minyak kelapa untuk membersihkan kulit di artikel ini.

Nah, kali ini kita akan khusus membahas seputar khasiat minyak kelapa untuk menyuburkan rambut saja.

Minyak Kelapa sebagai Penyubur Rambut

Disini kita akan membahas cara kerja dan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menyuburkan rambut dengan minyak kelapa. Namun pertama, mari membahas pertanyaan ini: nutrisi apa saja yang terkandung dalam minyak kelapa, sehingga bisa berguna untuk menyuburkan rambut?

TERKAIT:  Cara Memutihkan Kulit Wajah Dengan Kentang

Setidaknya ada empat nutrisi yang dalam minyak kelapa yang bermanfaat untuk menyuburkan rambut, dan yang pertama adalah asam laurat. Lauric acid atau asam laurat merupakan komposisi utama minyak kelapa yang mengikat nutrisi rambut, sehingga secara otomatis melindungi akar rambut dan mencegah kerusakan rambut.

Minyak kelapa memiliki sifat melembabkan, yang juga berguna untuk melembabkan dan menguatkan helai rambut. Zat lain yang terkandung dalam minyak kelapa adalah zat anti-bakteri dan anti-jamur, yang berguna untuk melindungi rambut dan kulit kepala dari ketombe –zat ini juga melindungi kulit kepala dari kutu rambut.

Minyak kelapa juga terkenal kaya akan nutrisi seperti vitamin E, vitamin K, dan zat besi. Nutrisi-nutrisi ini berguna untuk merawat rambut agar lembut dan bersinar. Terutama vitamin E, yang berguna untuk mencegah, mengurangi, dan menghilangkan ketombe.

TERKAIT:  4 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Sulam Alis

Selain nutrisi diatas, minyak kelapa juga memiliki nutrisi yang berguna untuk meningkatkan sirkulasi darah, karena kulit kepala menerima cukup nutrisi dan oksigen. Dengan lancarnya sirkulasi darah yang lancar, maka rambut akan menjadi sehat dan tumbuh cepat.

Menyuburkan Rambut dengan Minyak Kelapa

Menyuburkan rambut dengan minyak kelapa harus dilakukan dengan cara yang tepat.

Pertama, gunakan VCO (Virgin Coconut Oil) atau minyak kelapa murni –ini bisa anda dapatkan di swalayan atau toko yang menjual bahan-bahan masakan yang lengkap. Dibandingkan minyak kelapa jenis lain, VCO memiliki kandungan nutrisi yang lebih murni dan terkonsentrasi, sehingga proses penyuburan rambut akan lebih cepat.

Kedua, basahi rambut hingga lembab (ini terutama disarankan bagi yang tinggal di daerah iklim kering), lalu oleskan minyak kelapa langsung pada kulit kepala. Pijat-pijat rambut, dari akar hingga ujung selama kurang lebih 15 menit.

TERKAIT:  5 Cara Menggunakan Minyak Kelapa Sebagai Pembersih Wajah

Setelah itu, biarkan selama 30 menit. Lalu bilas rambut dengan shampoo penyubur rambut. Untuk hasil terbaik, lakukan proses ini sebanyak tiga kali seminggu. Selain itu, bisa juga melakukan proses ini sebelum tidur agar nutrisi pada minyak kelapa bisa terserap sempurna di kulit kepala.

Tips Lain Menyuburkan Rambut

Tidak hanya dari luar, menyuburkan rambut dengan minyak kelapa juga bisa dilakukan dari dalam yaitu dengan meminum minyak kelapa setidaknya satu sendok makan setiap hari.

Jangan minder dulu! Model kelas dunia seperti Miranda Kerr saja adalah salah satu orang yang membuktikan bahwa mengkonsumsi minyak kelapa secara rutin bisa membuat rambut lebat dan sehat.

Khusus bagi yang sering mewarnai rambut, jangan lupa untuk selalu menambahkan satu tetes minyak kelapa pada pewarna rambut agar rambut tetap lembab dan tidak rontok.  Silahkan dicoba ya..

Semoga bermanfaat!