Kenali 7 Manfaat Daun Sirih untuk Kecantikan Anda

Loading...

Daun sirih sudah cukup dikenal sebagai salah satu bahan alami untuk kecantikan dan kesehatan, yang telah digunakan sejak berabad-abad yang lalu.

Di Indonesia, salah satu kegunaan dari daun sirih yang terkenal adalah sebagai bahan alami pembersih organ kewanitaan. Tak hanya di negara kita, di India misalnya, sirih juga terkenal manfaatnya sebagai afrodisiak (obat perangsang alami).

Namun demikian, daun sirih tidak hanya bermanfaat untuk organ kewanitaan saja. Ada berbagai manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari daun Sirih. Berikut ulasannya.

Mengatasi Jerawat

beautiful girl with acne looking herself on the mirror

Daun sirih mengandung sifat anti bakteri yang dapat dimanfaatkan untuk mengurangi jerawat, tidak hanya jerawat di bagian wajah, namun juga punggung dan bagian tubuh lainnya.

Anda dapat meggunakan cara alami untuk mengurangi jerawat dengan daun sirih, caranya seduh daun sirih dengan air panas hingga layu. Tempelkan lembaran daun sirih pada bagian tubuh yang berjerawat. Cara ini dapat mengurani bengkak pada jerawat dan merawat kulit sekitarnya agak tidak berjerawat.

Cara praktis lainnya adalah menggunakan produk kecantikan dan kesehatan yang mengandung daun sirih.

READ:  Cara Memanjangkan Leher dengan Mudah

Mengurangi Penumpukan Air di Bawah Kulit

Penumpukan air di bawah kulit dapat terjadi akibat konsumsi alkohol dan garam berlebih. Hal ini menyebabkan perut terlihat buncit dan wajah yang sedikit membengkak (bengap).

Manfaatkan daun sirih dengan cara menumbuk daun sirih segar dan peras airnya lalu campur dengan air hangat. Minum ramuan ini  untuk mengurangi penumpukan cairan dalam tubuh dan melancarkan buang air kecil.

Membersihkan Organ Kewanitaan

Seperti yang kita sering dengar, daun sirih memang berguna untuk membersihkan organ intim wanita dan mengatasi keputihan serta rasa gatal akibat jamur atau bakteri.

Saat ini memang banyak produk pembersih mengandung daun sirih. Namun jika Anda ingin cara yang lebih alami, cukup rebus daun sirih dan tunggu hingga hangat.

Basuh organ kewanitaan dengan air rebusan daun sirih tersebut saat mandi atau setelah buang air kecil. Lakukan setidaknya 2 kali seminggu hingga keputihan atau rasa gatal berkurang.

Mencegah Bau Badan Tidak Sedap

Daun sirih yang mengandung estradiol dan klavikula dapat mengontrol produksi hormon dan kelenjar keringat sehingga dapat mencegah bau badan tidak sedap.

Anda dapat memanfaatkan daun sirih untuk mengatasi bau badan dengan cara menumbuk daun sirih dan oleskan ke area ketiak, tunggu beberapa menit dan bilas.

READ:  Biasa Lembur? Hati-hati, Ini Dia 5 Risikonya Bagi Kesehatan

Lakukan cara ini setiap hari hingga bau badan berkurang.

Mencegah Bau Mulut

Minyak esensial yang terkandung dalam setiap lembar daun sirih dapat dimanfaatkan untuk menyegarkan nafas.

Begitu juga kandungan anti bakterinya dapat membunuh kuman dan bakteri dalam mulut sehingga mengurangi bau mulut tidak sedap.

Anda dapat merebus daun sirih dan gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur. Lakukan dengan rutin untuk hasil yang maksimal.

Mengatasi Rambut Rontok

Manfaat daun sirih juga dapat dirasakan bagi Anda yang memiliki masalah rambut rontok. Caranya adalah menumbuk daun sirih dan campur dengan minyak kelapa. Gunakan sebagai masker rambut selama sekitar 1 jam lalu bilas hingga bersih.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang diet, Anda dapat memanfaatkan daun sirih untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh yang penting dalam usaha menurunkan berat badan.

Caranya adalah dengan mengonsumsi obat atau kapsul daun sirih.

***

Itulah beberapa manfaat daun sirih yang dapat Anda gunakan untuk merawat kesehatan dan kecantikan. Semoga bermanfaat!


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *