Jangan Dikupas, Berikut Buah-buahan yang Baik Dimakan dengan Kulitnya

Loading...

Bagi Anda yang suka mengonsumsi buah-buahan, mungkin ada beberapa buah-buahan favorit yang sering Anda kupas kulitnya. Ya, tak sedikit orang yang suka makan buah dengan mengupas kulitnya, karena tekstur kulit buah yang kasar dan keras terkadang tidak disukai.

Hal tersebut tak selalu salah karena banyak kekhawatiran akan kulit buah-buahan yang masih terdapat residu pestisidanya sehingga tidak aman untuk dikonsumsi.

Namun demikian, tahukah Anda bahwa ada beberapa buah-buahan yang justru sebaiknya dimakan dengan kulitnya, karena manfaat dalam kulit buah tersebut sangat besar dan sayang jika dilewatkan begitu saja.

Berikut adalah beberapa jenis buah-buahan yang kulitnya sangat baik untuk dikonsumsi.

Pir

Buah pir terkenal dengan teksturnya yang renyah dan rasanya yang manis. Bagi Anda yang suka mengonsumsi buah pir dengan mengupas kulitnya, mulai sekarang coba makan bersama kulitnya.

Kulit buah pir mengandung mineral, serat dan vitamin C yang tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi sebagai antioksidan tubuh Anda.

Plum

Buah plum yang biasanya sedikit masam mengandung banyak vitamin C dan mineral yang sangat baik untuk tubuh. Sayangnya, tak sedikit orang yang suka makan buah plum dengan mengupas kulitnya.

Padahal, kulit buah plum mengandung serat yang sangat tinggi dan bagus bagi Anda yang sering sembelit.

Tak hanya itu, kulit buah plum juga mengandung senyama phytonutrient yang sangat baik untuk membantu proses regenerasi kulit dan metabolisme tubuh. Itu sebabnya buah plum dipercaya sangat baik dikonsumsi untuk merawat kulit.

READ:  Cara Membuat Lesung Pipit Remaja

Apel

Buah apel terkenal akan berbagai manfaatnya, terutama dalam menjaga kesehatan jantung. Namun demikian, banyak dari kita yang suka makan apel tanpa kulitnya.

Mulai sekarang, sebaiknya makan apel bersama dengan kulitnya karena kulit apel mengandung serat tinggi, vitamin C dan kalsium yang sangat baik untuk tubuh.

Kiwi Sungold

Mengonsumsi kulit buah kiwi? Mungkin terdengar sedikit mengejutkan bagi Anda. Tapi jangan salah, kiwi jenis sungold terkenal akan kulitnya yang lebih halus dari kiwi biasa sehingga aman untuk dimakan.

Meskipun daging buah kiwi terkenal akan kandungan vitamin C yang tinggi, kulit buah kiwi juga mengandung vitamin C yang bahkan lebih tinggi dan juga senyawa serotonin dan kalium yang baik sebagai antridepresan dan merawat kesehatan jantung kita.

Sawo

Buah yang terkenal akan rasanya yang manis ini memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk tubuh.

Sawo juga termasuk buah yang sebaiknya dimakan bersama kulitnya karena kulit sawo mengandung asam folat yang baik untuk ibu hamil. Tak hanya itu, beberapa zat baik lainnya seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, Kalium, asam pantonetat dan zat besi membuat buah sawo kaya akan manfaat.

Anggur

Buah berukuran kecil yang manis sedikit masam ini sangat umum dikonsumsi dengan kulitnya. Ya, anggu memang sebaiknya dimakan dengan kulitnya karena kaya dengan senyama antioksidan yaitu katekin dan tanin. Kedua zaki antioksidan ini sangat baik untuk menangkal radikal bebas, menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko kanker.

READ:  Mengatasi Kulit Wajah Mengelupas

Jambu Biji

Siapa dari Anda yang suka makan jambu biji? Tak salah, jambu biji merupakan buah yang baik dikonsumsi untuk kesehatan.

Begitu pula dengan kulitnya yang kaya dengan senyawa asam ferulat dan asal galat sebagai anti oksidan tinggi yang baik untuk menangkal radikal bebas.

Tak hanya anti oksidan, kulit jambu biji juga mengandung sifat anti bakteri yang dapat mengatasi infeksi.

Tomat

Buah berwarna merah yang digunakan sebagai bahan masak berbagai makanan ini baik dimakan bersama kulitnya yang sangat kaya akan nutrisi dan vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalium dan karoteniod. Tak hanya itu, zat anti oksidan tinggi juga terkandung dalam tomat dan membuat tomat sering digunakan sebagai bahan alami untuk kesehatan dan kencatikan.

***

Itulah buah-buahan yang sangat baik dimakan bersama kulitnya karena manfaatnya yang luar biasa. Jangan lupa untuk selalu mencuci dan membersihkan buah dengan seksama agar bebas dari residu pestisida dan zat berbahaya lainnya. Semoga bermanfaat!


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *