Takut Makan Seafood? Cegah Keracunan dengan 4 Cara Ini

Loading...

Seafood atau makanan laut adalah hidangan yang sangat lezat. Tak sedikit orang yang menyukai seafood baik dalam bentuk masakan matang atau mentah seperti sushi dan sashimi.

Selain lezat, makanan laut juga mengandung gizi yang baik bagi tubuh, seperti natrium, kalium, protein, vitamin A, C, B6, B12, kalsium, magnesium hingga zat besi. Inilah sebabnya seafood dikenal sebagai makanan sehat yang rendah lemak.

Meskipun seafood terbilang sangat lezat, tak sedikit orang yang takut makan hidangan laut karena alergi dan mungkin saja hidangan laut tersebut mengandung zat beracun akibat laut yang tercemar. Hal ini menyebabkan rasa takut akan keracunan hidangan seafood. 

Mau makan seafood tanpa rasa takut keracunan? Berikut adalah beberapa tipsnya.

Pastikan Seafood Dibeli dalam Kondisi Segar

Hal paling dasar untuk terhindar dari keracunan seafood adalah memastikan bahwa seafood yang dipilih adalah yang segar.

Pastikan beberapa ciri seafood yang segar, yang dapat dilihat dari kondisi mata, sisik, insang, daging dan bagian lainnya. Bila perlu, kenali dulu kesegaran ciri-ciri setiap hewan laut, karena kondisi segar setiap hewan laut berbeda-beda.

READ:  Cara Memakai Jilbab Modern Untuk Wajah Bulat

Selain itu, pastikan juga tidak ada bau busuk dan asam karena dapat menjadi tanda kalau seafood tersebut tidak segar.

Jika Anda mau menikmati hidangan seafood di restoran misalnya, pilih restoran yang menjual seafood segar atau yang masih hidup dan baru dimasak setelah Anda memesannya.

Begitu pula jika Anda membeli seafood dalam kemasan beku atau kaleng, pastikan masih jauh dari waktu kadaluarsa agar terhindar dari risiko keracunan.

Mencuci Seafood dengan Bersih

Mencuci seafood sebelum dihidangkan dapat dikatakan wajib dilakukan jika tidak ingin terkena risiko keracunan. Mencuci seafood memang tidak menjamin seafood menjadi benar-benar steril dari virus dan bakteri, akan tetapi dengan mencuci kita dapat lebih teliti dalam membersihkan seafood sehingga lebih bersih saat akan dimasak.

Pastikan Seafood Disimpan dengan Tepat

Kualitas seafood tidak hanya dilihat dari mana makanan laut tersebut berasal atau dibeli, namun juga cara penyimpanan yang benar.

Menyimpan seafood dengan tidak benar dapat menyebabkan kondisi seafood menjadi cepat busuk dan tidak segar saat akan dihidangkan. Hal ini tentu dapat membuat risiko keracunan.

READ:  Kenali Jenis-jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

Hindari meletakkan seafood pada suhu ruangan telalu lama karena dapat membuatnya tercemar bakteri dan virus. Selain itu, sebaiknya cepat simpan seafood dalam freezer agar tetap segar ketika ingin diolah.

Pilih Seafood yang Matang

Salah satu cara lain untuk terhindar dari keracunan seafood adalah dengan mengonsumsi seafood yang matang, karena memang keracunan seafood lebih tinggi pada hidangan mentah seperti sushi dan sashimi.

Jika memang Anda penggemar sushi atau hidangan seafood mentah, maka pilihlah restoran yang sudah menjamin kesegaran dan kualitas daging seafood dalam hidangannya.

***

Itulah beberapa tips terhindari dari keracunan saat makan seafood. Selain cara-cara di  atas, pastikan juga Anda sudah mencuci tangan sebelum mengonsumsi seafood dan siapkan obat jika memang Anda cukup sensitif terhadap seafood. Semoga bermanfaat.


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *