Saraf Kejepit? Lakukan 5 Cara Ini untuk Mengatasinya

Loading...

Saraf kejepit biasanya lebih kita kenal sebagai sakit leher atau nyeri tulang. Ya, saraf kejepit memang menyebabkan Anda merasa nyeri, sensasi kesemutan dan pegal-pegal pada bagian tulang belakang, yakni di area leher.

Hal ini diakibatkan oleh cervical radiculopathy yang merupakan kondisi kerusakan pada saraf di leher yang terhubung dengan sumsum tulang belakang. Akibatnya rasa nyeripun dirasakan menjalar ke bagian bahu hingga lemah otot hingga ke lengan dan jari tangan.

Saraf kejepit sering terjadi pada lansia karena saraf-saraf dalam tubuh yang juga menua. Akan tetapi, hal  ini juga dapat terjadi pada orang yang lebih muda karena cidera mendadak.

Saraf kejepit dapat sembuh dalam waktu yang cukup singkat, namun pada beberapa kasus yang serius, diperlukan waktu berminggu-minggu untuk pulih.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi saraf kejepit pada bagian leher.

Kompres dengan Air Dingin dan Hangat

Cara lain untuk mengatasi saraf kejepit adalah dengan mengompres leher dengan air hangat dan dingin secara bergantian.

Cara ini dapat membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan pada saraf, karena kombinasi suhu panas dan dingin mampu melancarkan sirkulasi darah ke area nyeri.

READ:  Tips Memilih Lipstik yang Tepat Untuk Bibir Gelap

Kompres bagian leher dengan air hangat selama 15 menit lalu air dingin secara bergantian.

Obat Pereda Nyeri

Salah satu cara paling umum yang dapat dilakukan apabila Anda mengalami saraf kejepit adalah dengan meminum obat anti nyeri, contohnya aspirin, ibuprofen atau naproxen yang dapat mengurangi peradagan di saraf sehingga mengurangi rasa nyeri.Namun obat-obatan ini hanya dapat mengatasi rasa nyeri sementara. Pada kasus yang lebih serius, Anda sebaiknya menjalani pengobatan lebih lanjut seperti suntik steroid di lamina, foramen atau bagian tulang belakang.

Tidur yang Cukup

Saraf kejepit sering dialami orang yang kurang istirahat. Oleh karena itu, jika Anda mengalami saraf kejepit, cobalah untuk tidur atau beristirahat dan tidak memaksakan diri untuk tetap beraktivitas.

Pastikan Anda tidur dengan cukup setiap harinya dengan posisi yang nyaman agar mengurangi rasa nyeri pada leher.

Olahraga dengan Rutin

Seperti yang kita tahu, olahraga adalah salah satu aktivitas yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, baik untuk mencegah datangnya penyakit atau menyembuhkannya.

Begitu juga dengan saraf kejepit, cobalah untuk menerapkan hidup sehat dengan cara berolahraga dengan rutin. Beberapa olahraga yang cocok untuk menyembuhkan saraf kejepit adalah berjalan, bersepeda atau berenang.

READ:  Kenali Tanda-tanda dan Kebiasaan Diet yang Salah

Selain itu, Anda juga dapat melakukan peregangan yang dapat melemaskan otot dan meredakan saraf kejepit. Caranya cukup mudah.

Duduklah dengan tegak di atas kursi, letakkan tangan kanan di bawah paha kemudian angkat angan kiri dan letakkan di atas kepala hingga menyentuh telingan bagian kanan.

Tarik kepala ke arah kiri dan tahan selama 30 detik. Ulangi dengan sisi berlawanan. Peregangan ini cukup bermanfaat untuk meredakan saraf kejepit jika rutin dilakukan.

Pembedahan

Untuk beberapa kasus saraf kejepit yang sudah sangat serius, maka tidak ada cara lain yang dapat dilakukan selain pembedahan.

Hal ini dilakukan untuk mencegah saraf kejepit menjadi semakin parah dan berakibat buruk pada jaringan lainnya pada tubuh.

***

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi saraf kejepit. Jaga selalu kesehatan Anda dan semoga tips di atas bermanfaat.


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *