Vertigo, Penyakit Gangguan Keseimbangan Tubuh

Vertigo, Penyakit Gangguan Keseimbangan Tubuh

DOKTERCANTIK.COMVertigo, berasal dari bahasa Yunani vertere yang berarti memutar. Vertigo bukanlah sebuah penyakit, melainkan gejala penyakit yang berhubungan dengan gangguan keseimbangan tubuh akibat dari gangguan keseimbangan telinga bagian dalam yang menyebabkan penderita mengalami pusing. Sehingga penderita vertigo tersebut merasakan pusing yang begitu hebat akibat dari ruangan di sekitarnya yang seolah-olah bergerak atau sebaliknya, penderita merasa dirinyalah yang bergerak tetapi sesungguhnya ia tidak bergerak.

 

Vertigo dapat terjadi pada otitis media supuratif kronis yang dapat menyebabkan komplikasi berupa labirintitis (Stierman, 1998). Otitis media supuratif kronis sendiri yaitu radang kronis mukosa telinga tengah dengan perforasi membran timpani dan riyawat keluar secret dari telinga tengah secara terus menerus maupun tidak secara terus menerus.

Dengan adanya penyakit vertigo menunjukkan bahwa adanya ketidakseimbangan pada bagian tonus vestibular. Hilangnya keseimbangan tonus vestibular ini dapat terjadi karena tidak adanya atau hilangnya masukan perifer yang disebabkan kerusakan pada labirin dan saraf vestibular. Hilangnya keseimbangan tonus vestibular juga dapat terjadi karena kerusakan unilateral dari sel inti vertibular atau pada aktivitas vestibulocerebellar.

Gejala umum yang dialami oleh penderita vertigo yaitu merasa pusing kepala yang begitu menekan, tubuh terasa berputar baik pada posisi berbaring, berdiri maupun saat memutarkan kepala secara cepat.

TERKAIT:  Program Bayi Tabung di Penang: Genesis IVF atau RS Loh Guan Lye?

Jenis Vertigo

Berdasarkan jenis penyakit vertigo yang ada, gejala vertigo dapat dibedakan kembali, diantaranya:

1. Vertigo sentral (vertigo yang terjadi pada bagian otak sentral) memiliki gejala seperti merasa sulit menelan makanan, merasa mual dan muntah, badan terasa lemas, kehilangan koordinasi tubuh, penglihatan buram dan terasa ganda, hingga pusingyang begitu berat.

2. Vertigo peripheral (vertigo kerena adanya gangguan pada saluran kanalis semisirkularis) memiliki gejala yaitu tubuh sering lelah, stamina menurun, dan pusing kepala yang begitu menekan.

3. Vertigo non vestibuler (vertigo yang menyerang organ vestibuler atau saraf vertibulokoklear) umumnya tidak memiliki gejala apapun, hanya saja pengidap vertigo jenis ini kadang merasa bahwa sesuatu yang mereka lihat seakan-akan bergerak walaupun sebenarnya tidak.

TERKAIT:  Cara Menghilangkan Panu Di Wajah Dengan Cepat

Pengobatan Vertigo

Walaupun vertigo masih merupakan gejala penyakit, namun vertigo sudah dapat diobati.

Cara pengobatan vertigo dapat dilakukan mulai dari hal sederhana yaitu dengan rajin berolahraga dan menarik nafas panjang-panjang saat pagi hari atau ketika udara masih besih sehingga kandungan oksigen yang tersedia masih cukup banyak dan segar.

Hal ini dikarenakan menghirup udara yang segar secara panjang dapat membantu memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh, sehingga beban masalah ataupun stress yang kita rasakan akan berkurang dan pikiranpun akan menjadi lebih tenang. Ketika pikiran tenang maka sirkulasi darah dalam otak pun akan mengalir dengan lancar sehingga rasa pusing ataupun migrain tidak akan terjadi.

TERKAIT:  Cara Menurunkan Berat Badan

Hal lain yang dapat kita lakukan yaitu dengan cara menterapi diri atau melakukan refreshing agar kita mendapatkan suasana yang baru dan tenang, ini bertujuan agar otak kita tidak tertekan dengan kepenatan yang biasa kita rasakan.

Dengan melakukan refreshing kita juga akan merasakan senang atau bahagia sehingga tekanan yang selama ini dirasakan akan sedikit terlupakan. Karena pada intinya pengidap vertigo disarankan untuk tidak terlalu memikirkan hal-hal yang dapat membuat dirinya merasa stress dan tertekan.

Cara lain pengobatan vertigo yaitu dengan upaya medis, kita dapat mengkonsultasikannya kepada dokter dan jika perlu kita akan diberi resep obat untuk mengurangi vertigo tersebut.

Selamat menjalankan hidup sehat dan selalu positif thinking agar hidup lebih tenang dan bahagia.