6 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Hamil Muda

Loading...

Jika Anda telah memastikan bahwa Anda positif hamil, sebaiknya persiapkan diri Anda terhadap perubahan drastis yang akan Anda alami selama trimester pertama. Ya, periode ini juga biasa disebut fase hamil muda.

Dalam fase ini pula, hormon kehamilan terus diproduksi dalam jumlah banyak demi menjaga kandungan tetap sehat hingga 9 bulan ke depan.

Saat hamil muda, pertumbuhan dan perkembangan janin sangat penting karena menentukan perkembangan selanjutnya hingga melahirkan. Oleh sebab itu, saat hamil muda anda sebaiknya benar-benar memberi perhatian lebih pada kehamilan Anda.

Tak heran pula saat kehamilan trimester pertama, banyak orang yang menyarankan dan melarang Anda melakukan hal ini itu. Itu normal terjadi karena begitu pentingnya menjaga kesehatan janin di fase ini.

Apa saja hal-hal yang tidak boleh dilakukan jika Anda sedang hamil muda? Berikut ulasannya.

Makan Makanan Mentah

Mengonsumsi makanan mentah sangat berbahaya dilakukan oleh wanita yang sedang hamil muda. Hal ini disebabkan oleh makanan mentah yang rentan terdapat bakter dan kuman yang dapat mengakibatkan infeksi pada janin.

Pada beberapa kasus yang cukup parah, bakteri dari makanan mentah dapat mengakibatkan bayi cacat lahir atau keguguran.

READ:  12 Cara Tampil Cantik Alami

Oleh sebab itu, hentikan mengonsumsi makanan mentah seperti telur dan daging selama masa kehamilan.

Minum Kopi Terlalu Banyak

Kopi memang sangat nikmat untuk dikonsumsi. Terutama jika Anda adalah pecinta kopi, mungkin tidak mudah untuk menghindari kopi selama masa kehamilan muda.

Meskipun demikian, minum kopi dalam jumlah yang terlalu banyak dapat memberi risiko pada kesehatan janin Anda.

Hal ini karena apapun yang kita konsumsi akan mengalir ke dalam aliran darah bayi melalui plasenta. Kurangi konsumsi kopi berlebihan selama masa kehamilan terutama kopi hitam yang pekat.

Merokok dan Minum Alkohol

Selama masa kehamilan, terutama pada trimester pertama, sangat tidak diperbolehkan merokok dan minum minuman berakohol.

Kedua hal ini dipercaya dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah. Selain itu, mengonsumsi alkohol selama masa kehamilan juga dapat membuat bayi mengalami Fetal Alcohol Syndrome (FAS) dan hal ini dapat berdampak pada pertumbuhan bayi di masa selanjutnya.

Minum Susu Tanpa Proses Pasteurisasi

Saat hamil memang disarankan rajin minum susu khusus ibu hamil. Akan tetapi, bijaklah salam memilih susu yang memang dikhususkan untuk ibu hamil dan sudah melaui proses pemanasan (pasteurisasi).

Hal ini karena susu yang tidak dipasteurisasi berisiko mengandung bakteri Listeria, yaitu bakteri yang dapat mengakibatkan keguguran.

READ:  Tips dan Cara Alami Mengatasi Kulit Wajah Kusam

Minum Sembarang Obat

Terkadang karena ingin memberi yang terbaik untuk janin selama masa kehamilan, wanita hamil mengonsumsi berbagai macam obat yang dipercaya dapat menjaga kesehatan janin dan memberi banyak nutrisi.

Namun demikian, sebaiknya hindari minum sembarang obat tanpa terlebih dahulu berkonsultasi ke dokter atau tanpa resep dokter.

Hal ini karena dikhawatirkan obat tersebut dapat memberi efek samping yang justru berbahaya bagi janin Anda.

Makan Ikan Bermerkuri

Ikan adalah salah satu makanan sehat yang disarankan dikonsumsi saat masa hamil. Akan tetapi, ikan laut cukup berisiko mengandung merkuri.

Oleh sebab itu, berhati-hatilah dalam memilih ikan untuk dikonsumsi, terutama jika Anda menyukasi sushi. Beberapa ikan laut seperti tuna, salmon dan makerel sangat berisiko mengandung merkuri, sehingga pastikan ikan yang Anda makan bersih dari merkuri atau hindari mengonsumsi ikan mentah selama masa kehamilan.

***

itulah 5 hal yang tidak boleh dilakukan wanita hamil selama masa kehamilan muda, untuk menjaga janin tetap sehat dan jauh dari risiko keguguran. Semoga bermanfaat.


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *