Ini Dia Berbagai Penyebab Perut Begah

Loading...

Perut yang terasa begah atau kembung biasa dikaitkan dengan terlalu banyak makan hingga kekenyangan. Padahal, perut begah tidak hanya disebabkan oleh terlalu banyak makan.

Perut yang terasa begah juga cukup mengganggu aktivitas Anda karena perut terasa penuh, padat hingga mual. Jika perut terasa begah, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mengetahu penyebabnya dan mendapatkan pengobatan yang tepat.

Berikut adalah beberapa penyebab perut begah, untuk membantu Anda memperkirakan penyebabnya dan mengambil langkah penyembuhan yang sesuai.

Makan Terlalu Cepat dan Terburu-buru

Makan dengan terlalu cepat atau terburu-buru dapat membuat perut Anda begah, karena menurut pakar kesehatan, makan dengan terburu-buru dapat membuat makanan tidak terkunyah dengan sempurna sehingga organ pencernaan tidak berfungsi optimal untuk memproses makanan.

Akhirnya perut pun terasa penuh dan kembung setelah makan meskipun Anda tidak makan terlalu banyak.

Terlalu Sering Minum Soda

Kebiasaan minum soda dapat menyebabkan perut menjadi kembung karena gas dari minuman yang terperangkap dalam perncernaan.

Itulah sebabnya biasanya kita sering bersendawa setelah minum soda.

Hobi Makan Permen Karet

Hobi makan permen karet juga dapat menyebabkan perut begah, karena Anda menelan udara terlalu banyak.

Hal ini disebabkan oleh mengunyah permen karet dapat membuat otak berpikir bahwa Anda sedang makan makanan berat sehingga secara otomatis perut menghasilkan asam yang diperlukan untuk mencerna makanan.

READ:  Cara Merias Mata Sesuai dengan Bentuk Mata

Namun karena tidak ada makanan yang diproses, asam di dalam lambung dapat membuat perut terasa kembung.

Makan Makanan Berlemak Terlalu Banyak

Terlalu banyak makan makanan yang berlemak juga dapat menyebabkan perut terasa begah. Hal ini karena lemak merupakan salah satu zat yang sulit dicerna oleh tubuh.

Selain itu, makanan berlemak juga berkalori tinggi yang membuat perut Anda terasa cepat penuh dan begah.

Masalah Pencernaan

Salah satu penyebab perut begah yang paling umum adalah masalah pencernaan seperti radang usus besar hingga sembelit.

Hal tersebut disebabkan oleh radang usus sehingga pencernaan bekerja lebih lambat dari biasanya untuk mengolah sisa makanan sehingga sisa makanan mengendap terlalu lama di dalam pencernaan yang menghasilkan gas yang membuat perut terasa begah.

Terlalu Banyak Makan Makanan Asin

Makanan asin yang didapat dari asupan garam, jika dikonsumsi terlalu banyak dapat mengikat cadangan air di dalam tubuh sehingga mengganggu kerja hormon yang mengendalikan kadar cairan tubuh.

Alhasil, karena jaringan di dalam tubug menahan terlalu banyak air, perut akan terasa kembung dan begah.

Hal ini patut segera diperiksakan ke dokter karena dalam beberapa kasus, hal ini dapat berisiko ke masalah kesehatan yang lebih serius seperti diabetes dan gagal ginjal.

Menstruasi

Bagi para wanita yang sedang menstruasi, perut begah dan kembung biasa dirasakan karena perubahan hormon. Saat mendekati haid, biasanya kadar hormon progesteron dalam tubuh akan berkurang dan membuat tubuh menahan lebih banyak air dan garam. Hal inilah yang menyebabkan perut terasa begah dan kembung.

READ:  Konsumsi Makanan Ini untuk Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi Anda

Bakteri Berlebih dalam Usus

Bakteri yang tumbuh di dalam usus sebenarnya adalah bakteri baik yang berfungsi untuk mencerna makanan.

Akan tetapi, ketika bakteri dalam usus kecil bekembang biak dengan berlebihan, maka dapat menyebabkan masalah dalam pencernaan.

Akibat dari masalah pencernaan oleh bakteri berlebih dalam usus iniĀ  adalah perut yang terasa kembung, begah hingga diare.

Intoleransi Laktosa

Beberapa orang memiliki intoleransi terhadap makanan tertentu yang dapat membuat perut terasa begah dan kembung.

Salah satu makanan yang paling sering menyebabkan perut pegah karena intoleransi dalam tubug adalah laktosa atau makanan yang terbuat dari susu dan keju.

Seseorang yang memiliki intoleransi laktosa umumnya kekurangan enzim laktase yang bekerja untuk mencerna gula susu atau laktosa. Alhasil, jika laktosa menumpuk di dalam tubuh, salah satu gejala yang ditimbulkan adalah perut begah dan kembung.

Jika Anda merasa perut begah, ada baiknya Anda mengingat kembali makanan atau minuman yang Anda konsumsi jika Anda memiliki intoleransi terhadap jenis asupan tertentu.

***

Itulah beberapa penyebab perut terasa begah dan kembung, segera periksakan ke dokter jika hal ini sering terjadi pada Anda agar mendapat obat atau penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *