8 Tips Mengobati Sakit Tipes di Rumah

Loading...

Penyakit tipes yang juga bisa disebut demam tifoid merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakter SAmonella Typhi yang ditularkan melalui makanan dan minuman yang kurang bersih. Oleh karena itu, di Indonesia, tipes biasanya dikaitkan dengan kebiasaan jajan sembarang dari tempat yang kurang terjaga kebersihannya.

Gejala tipes biasanya mirip dengan flu, sehingga pada awalnya cuku sulit untuk diketahui. Cara terbaik untuk mengetahuinya adalah dengan memeriksakan darah ke rumah sakit jika demam tidak turun kurang lebih selama 3 hari.

Pasien tipes sangat dianjurkan untuk dirawat di rumah sakit, karena di rumah sakit, seseorang bisa istirahat denga baik dan dipantau kondisinya dengan seksama.

Namun, tak jarang pula orang lebih memilih untuk beristirahat di rumah karena keberatan untuk menginap di rumah sakit. Hal ini biasaya dibolehkan oleh dokter selama sakitnya tidak terlalu parah dan masih dalam tahap yang mudah disembuhkan sehingga belum diharuskan untuk menginap di rumah sakit.

Rawat jalan atau merawat pasien tipes di rumah sebenarnya tidak masalah asalkan pasien sudah terlebih dahulu pergi ke dokter untuk mendapatkan obat-obatan yang diperlukan.

Lalu, jika pasien dirawat di rumah, bagaimana tips terbaik untuk merawatnya agar lekas sembuh? Berikut kami berikan beberapa tips mengobati sakit tipes di rumah.

Mengonsumsi Makanan Tinggi Kalori

Saat sedang mengalami tipes, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi. Hal ini karena makanan yang berkalori tinggi dapat memberik asupan energi yang cukup baik sistem imun tubuh untuk melawan infeksi yang berguna untuk penyembuhan penyakit tipes lebih cepat.

Beberapa makanan berkalori tinggi tersebut antara lain nasi putih, kentang, kacang-kacangan, ubi, alpukat dan jus buah.

READ:  Kenali Tanda-tanda dan Kebiasaan Diet yang Salah

Hindari makanan berkalori tinggi namun tidak sehat seperti makanan siap saji dan gorengan maupun makanan yang manis-manis seperti kue.

Mengonsumsi Makanan Rendah Serat

Seperti yang kita tahu, makanan tinggi serat sangat sehat untuk dikonsumsi. Namun demikian, makanan rendah serat lebih baik untuk dikonsumsi pasien tipes. Mengapa demikian?

Hal tersebut karena serat merupakan salah satu jenis nutrisi yang cukup sulit dicerna oleh perut. Sementara, saat tipes, terkadang pasien mengalami diare sehingga makanan tinggi serat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi.

Kurangi makanan tinggi serat selama masa penyembuhan terutama saat pasien mengalami diare. Beberapa makan rendah serat yang sebaikya dikonsumsu adalah pisang, roti panggang atau nasi putih.

Mengonsumsi Makanan yang Tinggi Protein

Jenis makanan lainnya yang sangat baik dikonsumsi ketika sakit tipes adalah makan yang tinggi protein, karena protein dapat membantu tubuh mempercepat masa penyembuhan dan infeksi.

Protein juga mampu menghasilkan sel-sel baru sehingga bisa memperbaiki jaringan tubuh yang rusak karena infeksi.

Tubuh memerlukan protein untuk menghasilkan enzim, hormon dan senyawa penting lainnya untuk menjaga sistem imun dengan baik.

Makan yang mengandung protein tinggi adalah dada ayam, daging sapi dan juga telur matang. Sebaiknya hindangkan dalam bentuk sup agar mudah dan nyaman dikonsumsi pasien tipes.

Mengurangi Porsi Makan tapi Makan lebih Sering

Pasian tipes biasanya tidak doyan makan saat masa sakit, karena makanan yang masuk ke dalam mulut terasa hambar dan membuat mual. Akan tetapi, pasien tetap harus makan makanan yang cukup karena dapat menyembuhkan tipes dengan lebih cepat.

Oleh sebab itu, salah satu tips agar pasien makan dengan cukup adalah dengan membuat porsi makan lebih kecil agar tidak mudah merasa mual/eneg, namun tingkatkan frekuensi makan menjadi lebih sering.

Beristirahat Total

Salah satu yang sangat dianjurkan pada pasien tipes adalah istirahat yang cukup atau bed rest hingga kondisi menjadi lebih baik.

READ:  Model Rambut Untuk Wajah Bulat

Pasien juga sebaiknya tidak melakukan aktivitas berat seperti biasanya yang diharuskan istirahat lebih banyak.

Oleh sebab itu, pasien sebaiknya banyak tidur karena dengan tidur, tubuh memproses perbaikan sel jaringan tubuh yang rusak karena infeksi dari bakteri Salmonella typhi.

Tingkatkan Minum Air Putih

Saat sakit tipes, pasien biasanya mengalami dehidrasi melalui demam, diare atau muntah. Oleh karena itu, sangat disarakan untuk minum air putih dengan cukup, yaitu 6-8 gelas per hari.

Pasien tipes harus dihindarkan dari dehidrasi karena hal tersebut dapat menjadi fatal. Dehidrasi akut sangat berbahaya dan harus segera dibawa ke rumah sakit.

Selain air putih, asupan mineral juga bisa didapat dari buah-buahan atau kuah sup hangat.

Meminum Obat dari Dokter

Selama masa penyembuhan, pasien tipes harus patuh dan disiplin dalam meminum obat dari dokter, diikuti dengan istirahat yang cukup dan asupan makanan yang cukup.

Hal ini karena setiap obat memiliki fungsinya masing-masing dalam menyembuhkan gejala tipes seperti pusing kepala, demam dan antibiotik yang melawan infeksi.

Terutama obat antibiotik harus dihabiskan dalam waktu 5 hari sesuai dosis yang dianjurkan dokter dan obat juga tidak boleh terlambat diminum.

Menjaga Kebersihan

Tips berikutnya untuk sembuh dari tipes dengan lebih cepat adalah dengan menjaga kebersihan untuk mencegah penyebaran penyakit.

Salah satu yang paling dasar adalah selalu mencuci tangan Anda dengan sabun hingga bersih setelah buang air kecil atau besar.

Hindari juga mengonsumsi makanan dari wadah yang sama dengan orang lain karena hal tersebut dapat berpotensi menularkan penyakit.

***

Itulah beberapa tips menyembuhkan sakit tipes bagi pasien yang dirawat di rumah. Yang terpenting adalah menjaga kebersihan, makan dan istirahat dengan cukup. Semoga bermanfaat.


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *