Tips dan Cara Agar Kulit Tangan Tidak Kering

Kulit Tangan Kering

Tangan menjadi salah satu anggota tubuh yang paling sering digunakan saat beraktivitas.



 

Read More

Bagi wanita, menjaga kulit tangan tetap lembut dan tidak kering adalah sebuah keharusan untuk terus tampil sehat dan segar setiap saat.

 

Jika menemukan kulit tangan tampak pecah-pecah, kasar, ketat dan bersisik, itu salah satu tanda kulit kering.

Salah satu penyebabnya adalah seringnya berada dalam ruangan ber-AC yang membuat kelembaban kulit berkurang atau berada di tempat yang kering. Jika dibiarkan terus, kulit dapat menjadi iritasi dan gatal-gatal.

Berikut tips-tips sederhana dan cara yang dapat dilakukan agar kulit tangan tidak kering:

Cukup Minum Air Putih

Ini adalah langkah yang paling utama dalam menjaga kondisi kulit. Jika kebutuhan cairan tubuh terpenuhi, akan terlihat langsung pada kelembaban kulit.

BACA:  Tips dan Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami

Selain minum 8 gelas per hari, selalu juga sediakan botol air minum dimanapun kalian berada.

Gunakan Lotion

Lotion bukan barang mewah lagi. Berbagai macam merek lotion telah tersedia di toko dengan berbagai macam kandungan alami untuk dipilih. Oleskan lotion setelah mandi agar uap air dapat terperangkap.

Cuci Tangan Pakai Sabun

Untuk membersihkan tangan, cuci dengan sabun yang mengandung pelembab agar kulit bersih dan sehat. Tapi jangan mencuci tangan terlalu sering.

Minum Suplemen

Lengkapi perawatan kulit dengan mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin C dan E yang disesuikan dengan jenis kulit. Bisa juga dari buah-buahan.

Minyak Zaitun/Olive Oil

Sebelum tidur, ada baiknya mengoleskan olive oil pada kulit tangan agar saat bangun kulit akan terasa lebih lentur dan segar.

Jangan Menggaruk Kulit yang Kering

Hal ini akan membuat kulit lebih kering apalagi jika digaruk dengan kuku yang panjang. Jika kulit tangan terasa gatal, cukup sapu-sapu dengan pelan hingga gatalnya hilang.

Mandi dengan Cara Benar

Ini juga bagian yang penting untuk diperhatikan sebab banyak sekali orang yang cuma asal mandi. Saat mandi, gunakan air bersih “suam-suam kuku“, yang suhunya tidak begitu ekstrim dengan suhu tubuh kita.

BACA:  Jangan Sepelekan Curhat, Ini Dia 5 Manfaatnya!

Kemudian lebih disarankan berendam dibanding mandi langsung dari shower.

Saat mengeringkan badan, handuk jangan digosok ke kulit tapi cukup ditekan-tekan sehingga kelembabannya tidak hilang. Jika tidak terlalu gerah beraktivitas, mandi cukup sekali sehari saja.

Itulah tadi aneka tips dan cara agar kulit tangan tidak kering. Semoga bermanfaat buat pembaca semua!

Salam cantik!

 

JANGAN LEWATKAN