Efek Samping Memutihkan Wajah dengan Soda Kue

Efek Samping Memutihkan Wajah dengan Soda KueSoda kue seringkali mudah ditemui karena merupakan alat perlengkapan rumah tangga yang hampir selalu ditemui di setiap rumah.

Fungsi soda kue selain baik untuk makanan dan mengembangkan kue, ternyata juga dipercaya memiliki khasiat yang baik untuk bagian-bagian tubuh tertentu.

 

Seperti untuk gigi, soda kue dipercaya dapat membantu memutihkan gigi hanya dengan menggosok-gosokannya seperti menggunakan pasta gigi. Selain untuk gigi, soda kue juga dipercaya dapat mampu membantu mendapatkan kulit wajah yang putih bersinar.

Soda kue dapat digunakan untuk kulit wajah dalam bentuk masker, yaitu hanya dengan mencampurkan soda kue dengan air hingga menjadi seperti pasta, dan oleskan keseluruh wajah setiap malam sebelum tidur dan biarkan mengering barulah dicuci dengan bersih.

Selain dapat memutihkan soda kue juga dipercaya dapat menghaluskan kulit, menghilangkan jerawat, dan menghilangkan noda-noda hitam. Tapi dibalik banyaknya khasiat soda kue, ternyata terdapat efek samping memutihkan wajah dengan soda kue.

Kandungan dalam soda kue secara ilmiah ternyata memiliki kandungan yang cukup berbahaya terutama bila bersentuhan langsung dengan kulit dan dibiarkan begitu saja.

TERKAIT:  Manfaat Pisang untuk Kecantikan dari Dalam dan Luar Tubuh

Dalam rumus kimianya, soda kue mengandung acidic dan alkaline dengan jumlah yang cukup besar yang hampir sama dengan kandungan cuka putih. Kulit wajah merupakan bagian kulit yang paling sensitif dan mudah rapuh dari seluruh kulit bagian tubuh.

Perawatan kecantikan alami memang baik, tapi akan lebih baik bila sebelum melakukan perawatan dilakukan penelitian personal terlebih dahulu untuk memahami kandungan dari bahan-bahan yang akan digunakan, karena efek samping memutihkan wajah dengan soda kue ternyata akan dapat memberikan dampak buruk pada wajah, seperti :

Merusak Lapisan Kulit Wajah Paling Luar

Kandungan alkaline dalam soda kue bila digunakan secara rutin dan teratur dapat menyebabkan lapisan kulit wajah bagian luar yang berfungsi untuk melindungi wajah dari sinar matahari ataupun lingkungan sekitar menjadi menipis atau rusak.

TERKAIT:  Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Bersisik

Beberapa orang yang menggunakan soda kue sebagai masker wajah ternyata malah mendapatkan hasil yang buruk dimana kulit wajahnya menjadi sangat kering hanya dalam waktu empat hari pemakaian. Lapisan kulit wajah yang kering ini akan sangat sulit untuk disembuhkan, karena biasanya dibutuhkan kandungan yang tepat agar kulit mendapatkan kembali nutrisi dan kesehatannya.

Dapat Menyebabkan Luka Bakar

Kandungan kedua dalam soda kue, yaitu kandungan acidic ternyata dapat menyebabkan luka bakar. Beberapa fakta menarik yang berbahaya tentang minuman bersoda memiliki dampak yang hampir sama dengan soda kue.

Bagaimana minuman soda dapat menghancurkan aluminium foil, dan bayangkan bahwa wajah adalah aluminum foil. Inilah yang menyebabkan banyak yang mengalami iritasi, bahkan banyak orang-orang yang kemudian malah menjadi merah dan bengkak setelah menggunakan soda kue dalam jumlah yang cukup banyak dan lama.

TERKAIT:  9 Makanan Penyebab Penuaan Dini

Kandungan Tidak Aman

Soda kue, walaupun dikatakan berasal dari bahan alami, tetap saja merupakan bahan kimia yang sebenarnya tidak memiliki kandungan yang dinilai aman oleh badan laboratorium sebagai bahan perawatan kulit.

Merusak Kesehatan Kulit

Masalah-masalah kulit seperti noda hitam, kulit wajah yang ingin putih, bekas jerawat biasanya memiliki penyebab yang beragam. Penanganan yang salah seperti dengan menggosokan soda kue pada wajah dapat menyebabkan kulit menjadi rusak dan malah memberi akses yang besar untuk bakteri berkembang biak.

###

Beberapa efek samping memutihkan wajah dengan soda kue di atas harus menjadi pertimbangan bagi anda sebelum menggunakan perawatan kecantikan seorang diri tanpa adanya takaran yang cukup jelas. Gunakanlah produk kecantikan yang lebih aman dan telah melewati tahap laboratorium terpercaya.