Cara Mengatasi Kulit Tipis Akibat Kosmetik Bermerkuri

DOKTERCANTIK.COM – Struktur dan morfologi kulit manusia terdiri dari dua lapisan utama yaitu epitel (epidepermis) dan  dermis (corium).

Namun lapisan epidermis kulit manusia tidak semuanya sama, sebut saja pada epidermis kelopak mata umumnya sekitar o,5 mm sementara pada bahagian lainnya dapat mencapai 0,5 cm. Dari perbedaan epidermis ini menunjukkan bahwa lapisan kulit kita dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu kulit tipis dan kulit tebal.

 

Read More

Pada kulit tipis, umumnya sangat sensitif terhadap suhu, paparan sinar matahari maupun karena pengaruh bahan kimia. Salah satu bentuk reaksi yang ditimbulkan pada kulit sensitif maupun kulit tipis ini berupa kemerahan, rasa perih dan rasa gatal.

 

Karena itu, tidak mengherankan jika pemilik kulit sensitif ini sangat hati-hati saat menggunakan produk kosmetika yang berbahan kimia. Demikian pula halnya pada bagian kulit yang tipis, tidak dianjurkan untuk memaparnya dengan bahan kimia yang keras karena dapat merusak lapisan kulitnya.

Selain bentuk kulit yang tipis dan kulit tebal, kulit juga dapat mengalami penipisan yang bisa disebabkan oleh penggunaan suplemen, obat OTC maupun kontak langsung dengan beberapa bahan kimia berbahaya. Kontak langsung ini umumnya terjadi melalui kosmetika yang kita gunakan.

Salah satu bahan kimia yang sering digunakan dalam bahan kosmetika yaitu merkuri. Zat merkuri biasanya ditemukan pada produk kosmetika yang sifatnya untuk memutihkan kulit baik dalam bentuk bedak pemutih, cream maupun dalam bentuk lotion.

Pemakaian kosmetik pemutih yang mengandung merkuri dapat menyebabkan penipisan dan iritasi pada kulit. Khusus untuk pemakaian dalam jangka panjang, kosmetik bermerkuri dapat menimbulkan bermacam penyakit yang berhubungan dengan sistem otak dan saraf, hati, jantung, ginjal, dan kelenjar endokrin, kanker, depresi dan mengurangi libido seseorang serta beberapa bahaya lainnya.

Cara Mengatasi Kulit Tipis Akibat Kosmetik Bermerkuri

Untuk mengatasi penipisan kulit akibat pemakaian bedak yang mengandung merkuri, ada beberapa saran yang mungkin bisa membantu Anda, antara lain:

Lakukan diet

Mengkonsumsi nutrisi penting untuk kulit untuk merangsang pertumbuhan sel kulit yang baru dan sekaligus melakukan peremajaan kulit. Beberapa nutir si penting tersebut seperti mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, Vitamin C dan Vitamin E serta beberapa unsur lainnya.

Jaga kelembaban kulit

Menjaga kelembaban kulit dengan menghidrasi kulit setiap harinya seperti minum air setidaknya 2 liter setiap harinya. Menghidrasi kulit yang tipis sangat penting artinya dalam menjaga suhu kulit agar tidak mengalami kulit kering yang dapat memicu munculnya masalah kulit lainnya.

Lindungi kulit dari paparan sinar matahari

Untuk melakukan perawatan kulit yang menipis akibat pemakaian kosmetika bermerkuri, sebaiknya menjaga kulit dari paparan sinar matahari secara langsung.

Penerapan sunblock dengan SPF yang disesuaikan dengan kebutuhan kulit. Pilih sunblock yang aman bagi kulit dengan terlebih dahulu konsultasikan pada ahli kecantikan anda.

Gunakan pelindung kulit lainnya seperti memakai pakaian lengan panjang yang mudah menyerap keringat, menggunakan topi pelindung ataupun payung untuk memastikan keamanan kulit anda.

Perawatan kulit dengan bahan herbal

Kulit yang tipis sangat mudah mengalami perubahan warna akibat suhu disekitar kita, oleh karena itu cobalah untuk mengoleskan perasan air semangka di sekitar kulit yang mengalami perubahan warna tersebut.

Gunakan toning yang aman untuk membersihkan sel-sel kulit yang mati untuk merangsang pembentukan sel kulit yang baru sekaligus menjaga pertumbuhan jerawat akibat penumpukan kotoran dipermukaan kulit kita.

Gunakan jeruk sebagai toning anda dirumah dengan menambahkan sedikit perasan jeruk nipis. Tapi perlu diingat bahwa zat asam akan sedikit mempengaruhi kondisi kulit yang tipis. Untuk menghindari iritasi dari ramuan jeruk ini sebaiknya menambahkan air secukupnya untuk mengurangi kosentrat asam.

Untuk perawatan kulit yang tipis akibat penggunaan kosmetika yang bermerkuri tersebut, sejukkan kulit anda dengan membuat ramuan dari yoghurt 2 sdm dan madu 1 sdt. Oleskan pada kulit anda sekitar 7-15 menit lamanya baru dibilas dengan air biasa.

****

Mengatasi kulit tipis akibat sering memakai kosmetik berbahan merkuri bisa dilakukan dengan beberapa perawatan kulit seperti yang kami jelaskan di atas . Tentunya, Anda juga harus menghentikan penggunaan kosmetika yang berbahan merkuri tersebut.

Selain itu, menyediakan nutrisi kulit yang tepat sangat  membantu dalam perawatan kulit yang menipis. Berhati- hati dalam memilih kosmetika dan hindari beberapa kosmetika yang mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan kita termasuk zat mercuri ini. Dan untuk lebih amannya gunakan kosmetika yang berbahan dasar alami untuk menghindari penipisan kulit anda selanjutnya.

 

JANGAN LEWATKAN