Tips Menyuburkan dan Mengilapkan Rambut Secara Alami

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Rambut adalah mahkota bagi wanita. Ya, setiap wanita pasti mengidamkan memiliki rambut yang sehat dan berkilau. Bahkan mereka rela mengabiskan waktu berjam-jam di salon untuk melakukan perawatan rambut. Mulai dari creambath, hairspa, haircut, hairmask, haircoloring, bleaching, blow, catok, smoothing, rebonding, dan masih banyak perawatan rambut lainnya.

Namun sayangnya, terkadang hasil yang didapatkan tidak sesuai harapan. Bagi sebagian orang, proses perawatan tersebut malah membuat rambut menjadi lebih kering, berminyak, dan bercabang. Oleh karena itu, anda harus benar-benar teliti dalam memilih produk perawatan rambut.

Salah satu alternatif aman yang dapat dilakukan secara mudah untuk melakukan perawatan rambut adalah menggunakan bahan-bahan alami. Perawatan dengan bahan alami dapat anda lakukan di rumah, tanpa harus pergi jauh-jauh ke salon.

Selain itu. perawatan ini juga tidak akan menguras kantong anda. Cukup dengan biaya yang murah, anda akan memperoleh rambut yang subur, sehat, dan mengkilap tanpa efek samping.

Langsung saja simak tips menyuburkan dan mengilapkan rambut secara alami menggunakan telur ayam kampung dan jeruk nipis, berikut ini:

Khasiat Farmakologis Telur Ayam Kampung untuk Rambut

Telur kaya akan kandungan gizi, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin E, zat besi, sistein, lesitin, serta asam amino essensial. Kandungan-kandungan tersebut dipercaya dapat mencegah kerontokan, merawat kelembutan rambut, mengatasi rambut kusam dan kasar, serta menghaluskan rambut.

Khasiat Farmakologis Jeruk Nipis untuk Rambut

Jeruk nipis mengandung berbagai nutrisi untuk rambut, seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B1, AHA (alpha hydroxy acids), minyak atsiri (flavonoid, linalool, limonene), mineral (kalsium, magnesium, sulfur, fosfor, zat besi, dan seng), asam sitrat, dan asam amino.

Khasiat jeruk nipis untuk rambut antara lain adalah memberikan kilau rambut, menetralisir pH rambut dari efek polusi atau bahan-bahan kimia pada obat-obatan rambut, menyuburkan rambut, menghilangkan ketombe, serta meluruskan rambut ikal.

Tips Menggunakan Telur Ayam Kampung dan Jeruk Nipis Untuk Rambut

Berdasarkan petunjuk dari Andang gunawan dalam bukunya “Food Combining”, berikut tips penggunaan telur ayam kampung dan jeruk nipis sebagai perawatan rambut:

• Kocok 3 atau 4 butir telur ayam kampung (sesuaikan dengan panjang rambut) hingga berbusa
• Basahkan rambut dengan air dingin
• Oleskan kocokan telur pada rambut sambil dipijat-pijat hingga beberapa menit
• Bilas dengan air hingga bersih
• Belah jeruk nipis (juga bermanfaat menghilangkan bau amis telur)
• Gosokkan bagian buahnya secara perlahan-lahan pada seluruh kulit kepala
• Diamkan beberapa saat
• Bilas dengan air dingin hingga bersih

**

Lakukanlah perawatan tersebut secara teratur, setidaknya 2 kali seminggu untuk memperoleh hasil yang optimal (yaitu rambut menjadi sehat, subur dan mengkilap). Semoga bermanfaat.

(photo: carasehathidup.blogspot.com)

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *