Resep Tradisional Minyak Kelapa untuk Perawatan Rambut

DOKTERCANTIK.COM – Mendapatkan rambut yang panjang, halus dan sehat adalah dambaan setiap orang. Sayangnya debu, paparan sinar matahari dan polusi dapat membuat rambut Anda menjadi kasar dan kusam. Selain itu, masalah kesehatan yang serius seperti diabetes atau tiroid dapat menyebabkan kerusakan, berakhir dengan rambut bercabang dan lebih banyak masalah rambut lainnya.

Untuk perawatan rambut, cara alami menjadi cara terbaik untuk membuat rambut lebih sehat. Dan salah satu bahan yang umumnya digunakan untuk membuat rambut lebih sehat dan kuat adalah minyak kelapa. Yah, minyak kelapa sudah cukup lama digunakan oleh nenek kita sebagai salah satu bahan untuk mendapatkan rambut yang halus, berkilau dan sehat terawat.

Minyak kelapa merupakan salah satu bahan sederhana yang tersedia hampir di setiap dapur rumah dan dapat digunakan untuk perawatan terbaik rambut Anda. Manfaat minyak kelapa tak terhitung banyaknya. Tidak hanya melembabkan kulit kepala dan rambut, tetapi sifat anti-jamur juga membantu untuk menyembuhkan ketombe.

Resep Tradisional Minyak Kelapa untuk Perawatan Rambut

Dalam upaya meningkatkan manfaat minyak kelapa untuk perawatan rambut, ada beberapa minyak yang bisa Anda campurkan dengan minyak kelapa agar lebih efektif dalam merawat rambut. Minyak apa sajakah itu? Berikut ulasannya.

1. Aloe Vera atau Lidah Buaya

Campurkan minyak kelapa bersama dengan 2 sdt jus lidah buaya. Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak lavender. Aduk hingga rata, lalu oleskan pada rambut. Anda bisa menggunakan campuran ini sebagai pelembab rambut.

2. Minyak Rosemary

Campurkan 4-5 tetes minyak rosemary dengan minyak kelapa. Pijat kulit kepala dan rambut Anda dengan lembut. Tidak hanya melembabkan rambut dan kulit kepala, tetapi rosemary juga meningkatkan sirkulasi darah.

3. Madu

Salah satu bahan yang dapat Anda tambahkan ke minyak kelapa untuk perawatan rambut adalah madu. Ambil jumlah yang sama dari minyak kelapa dan madu, panaskan. Oleskan pada rambut yang basah dari ujung ke ujung. Bungkus rambut dengan handuk selama 10-12 menit.

4. Tea Tree Oil

Campurkan 2 sendok minyak kelapa bersama dengan 5-6 tetes tea tree oil. Pijat dengan lembut dan bungkus kepala Anda dengan shower cap selama 30 menit. Selanjutkan keramas dengan menggunakan sampo ringan. Campuran tersebut membuat rambutmu bebas dari ketombe.

5 Masker Perawatan Rambut Berbahan Minyak Kelapa

5. Strawberry

Untuk mendapatkan rambut yang mengkilap, campurkan strawberry yang sudah dihaluskan bersama dengan minyak kelapa dan madu. Oleskan pada rambut dan diamkan hingga 20-30 menit. Cuci dengan lembut dengan air hangat.

6. Alpukat

Untuk perawatan rambut kering dan keriting, Anda bisa menggunakan alpukat. Hancurkan alpukat dan tambahkan minyak kelapa lalu campur hingga halus. Terapkan pada rambut Anda dan biarkan selama setengah jam. Bilas hingga bersih.

7. Pisang dan Olive Oil atau Minyak Zaitun

Untuk membuat rambut Anda lebih tebal, buat masker dengan minyak kelapa, minyak zaitun dan pisang. Campurkan pisang dan tambahkan minyak. Pijat kulit kepala dan rambut Anda dengan lembut. Tunggu 15 menit dan cuci sampai bersih.

**

Nah, dengan menerapkan perawatan rambut menggunakan minyak kelapa secara rutin, anda  akan mendapatkan hasil yang maksimal yaitu rambut tebal, berkilau dan sehat bebas ketombe. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *