DOKTERCANTIK.COM – Spirulina merupakan sejenis tanaman ganggang alami yang tumbuh di dalam air, dengan warna biru kehijauan. Penggunaan spirulina dalam perawatan kecantikan memang belum terlalu populer, padahal spirulina kaya akan protein dan nutrisi yang sangat baik dalam merawat kulit terutama kulit wajah.

Setelah melalui proses penelitian, ditemukan bahwa selain dapat digunakan sebagai suplemen diet, spirulina juga dapat dipakai sebagai alternatif obat jerawat alami. Sekarang, spirulina sudah banyak diolah bentuk tablet maupun bubuk dan dipasarkan di toko-toko obat atau apotik umum.

Khasiat Spirulina untuk Merawat Wajah Berjerawat

Kandungan dan Manfaat Spirulina

Spirulina kaya akan antioksidan, juga mengandung beberapa jenis vitamin misalnya vitamin C, vitamin E, vitamin B1, B5, dan B6, serta mineral-mineral seperti mineral zinc, manganese, coppper, beta carotene, dan amino acid methionine. Selain itu, terdapat 18 asam amino pada tanaman ganggang ini yang baik bagi otot dan kulit.

Pada spirulina juga terkandung gamma linnoleic acid yang sangat baik dalam menjaga sel kulit dan otot serta merupakan bahan penting dalam proses penyusunan membran sel-sel yang baru. Padahal, selama ini diketahui bahwa gamma linnoleic acid hanya terkandung dalam buah-buahan dan biji-bijian.

Nah, berdasarkan nutrisi dan zat-zat yang terkandung pada spirulina tersebutlah, akhirnya spirulina mulai digunakan sebagai bahan dasar perawatan kulit wajah. Kandungan vitamin dan mineral pad ganggang ini sangat baik untuk skin toner dan penangkal radikal bebas agar kulit wajah menjadi lebih kencang dan terlihat awet muda.

Penggunaan spirulina sebagai masker wajah akan membantu mengurangi flek hitam di kulit wajah, menyamarkan noda bekas jerawat dan lingkaran hitam di sekitar mata. Sedangkan dalam pengobatan jerawat, spirulina akan mengeringkan jerawat dan membantu pergantian sel pada kulit secara lebih cepat.

Cara Menggunakan Spirulina untuk Menghilangkan Jerawat

Sekarang ini, mulai banyak produk kecantikan berbahan dasar spirulina yang dipasarkan. Kamu pun bisa memakai spirulina sebagai bahan dasar perawatan dan pengobatan jerawat di wajah. Umumnya, yang digunakan adalah spirulina yang telah diolah menjadi bentuk bubuk.

Langkah-langkah memanfaatkan spirulina untuk perawatan wajah berjerawat adalah sebagai berikut:

  • Siapkan spirulina dalam bentuk bubuk dan campurkan dengan sedikit air
  • Aduk campuran tersebut hingga merata dan membentuk seperti krim kental
  • Pastikan wajah dalam keadaan bersih sebelum penggunaan masker spirulina
  • Dengan menggunakan kuas, terapkan masker spirulina ke wajah
  • Bisa juga menggunakan jari tangan, tapi pastikan jari kamu bersih ya
  • Diamkan masker spirulina beberapa saat hingga mengering dan nutrisinya terserap di kulit wajah
  • Bilas wajah dengan air hangat lalu dengan air dingin agar pro-pori wajah menutup kembali
  • Keringkan wajah sambil ditepuk menggunakan handuk bersih dan lembut
  • Kulit wajah agar terasa segar, halus dan lembab

Dengan perlakuan rutin, penggunaan spirulina sebagai masker wajah akan membersihkan kulit, merawat kulit dan memperkuat jaringan melalui zat klorofilnya. Selain itu, masker wajah spirulina juga memberikan efek menenangkan pada kulit wajah.

Selain spirulina bubuk untuk kecantikan, saat ini spirulina juga mulai dipasarkan sebagai obat minum dalam bentuk sedaan tablet atau kapsul yang memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh misalnya untuk alergi, depresi, luka lambung, dan masih banyak lagi.

**

Nah, demikianlah manfaat dan khasiat spirulina untuk perawatan kulit utamanya untuk mengobati dan merawat wajah berjerawat. Semoga bermanfaat ya Cantikers.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Loading...

Anda punya keluhan atau pertanyaan seputar masalah kesehatan atau perawatan kecantikan? Silahkan bertanya pada tim DokterCantik.com melalui HALAMAN KONSULTASI. Kami akan berusaha segera menjawab setiap pertanyaan yang Anda ajukan. KLIK DI SINI UNTUK MULAI BERTANYA »»»