4 Tips Mencegah Penuaan Dini Secara Komprehensif

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Penuaaan dini merupakan salah satu hal yang paling ditakutkan oleh perempuan. Ketakutan cepat menjadi tua inilah yang mendorong, sebagian besar perempuan rela mengeluarkan uang banyak untuk membeli perlengkapan kecantikan dan melakukan operasi plastik. Sejatinya, penuaan merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Menjadi tua adalah siklus hidup yang mau tidak mau akan dialami oleh semua orang.

Meskipun penuaan akan terjadi pada siapa saja, bukan berarti seseorang pasrah begitu saja dan tidak peduli dengan kecantikan dan kesehatan tubuh yang telah diberikan oleh Tuhan. Tubuh adalah titipan yang harus dijaga dan diusakan agar tetap dalam kondisi baik. Sikap perempuan yang bijak adalah tidak melakukan sesuatu yang bisa membuat tubuhnya lebih cepat rusak dan tua dari yang seharusnya.

Banyak hal yang menyebabkan terjadinya penuaan dini dan sebagian besar perempuan tidak menyadarinya. Nah, berikut ini tips yang harus diketahui agar Anda tidak menua terlalu cepat.

Merawat raga dengan baik

Penuaan dini tidak hanya terjadi tubuh bagian luar seperti wajah dan kulit tapi juga di tubuh bagian dalam. Menyehatkan tubuh dengan mengkonsumsi buah dan sayuran merupakan cara terbaik. Tak lupa, perhatikan dan penuhi juga mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh.

Terlalu banyak memakan makanan dan minuman yang mengandung gula dan berlemak tinggi bisa membahayakan tubuh. Minum teh memang disarankan tapi juga dalam batas normal. Terlalu banyak minum teh juga berakibat buruk. Selain itu, tubuh harus senantiasa bergerak agar peredaran darah lebih lancar.

Menjaga kecantikan dan penampilan

Agar tidak terlihat tua dari usia, penampilan juga harus dijaga. Beberapa hal terkait menjaga kecantikan dan penampilan yaitu melindungi kulit dari sinar ultraviolet, memakai masker dan sunblock, tidak lupa cream dan pelembab, membersihkan kulit secara teratur dan sesekali memijat wajah dengan pelan.

Miliki jiwa dan pikiran yang sehat

Penuaan dini secara tidak langsung juga disebabkan oleh jiwa yang kurang tenang dan pikiran yang tidak sehat. Emosi dan stress yang tidak terkendali akan merusak pertahanan tubuh secara perlahan.

Jangan mudah terjebak mitos, tidak tegang dan rileks dan jika keadaan memungkinkan pergilah refreshing dan traveling di alam terbuka sehingga Anda mendapatkan inspirasi. Lakukan tugas dan tanggungjawab dengan baik, kurangi konflik dengan orang lain sehingga hidup lebih mudah, ringan dan menyenangkan.

Waspadai berbagai kebiasaan buruk

Kebiasaan tidak hanya menunjukkan kepribadian seseorang tetapi juga menentukan kesehatan dan kecantikan. Orang yang sehat, tidak mengalami penuaan dini dan tampil cantik senantiasa menjaga kebiasaan baik mereka.

Beberapa hal yang harus diperhatikan terkait kebiasaan yaitu menjaga waktu tidur, waktu makan, tidak memforsir tubuh atau membiarkan tubuh istirahat sejenak, menjauhi kosmetik instant yang mengandung zat berbahaya dan jangan terlalu sering mengkonsumsi obat kimia.

***

Cepat atau tidaknya seseorang menua ditentukan oleh pribadi itu sendiri. Orang yang mengalami penuaan dini merupakan orang yang kurang perhatian dan tidak peduli dengan tubuhnya. Selain itu, harus diingat bahwa penuaan tidak hanya terjadi di wajah dan bagian tubuh terlihat lainnya tapi di seluruh tubuh. Untuk mencegah penuaan dini tidak bisa setengah-setengah.

Nah, semoga tips di atas bermanfaat ya.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *