4 Cara Mengatasi Gatal Pada Wajah

wajah wanita cantikKarena ingin tampil sempurna, biasanya kita sering memakai berbagai produk kosmetik tanpa mempedulikan apakah sebenarnya produk itu cocok dengan jenis kulit kita atau tidak.

Akibatnya, kadangkala kita malah mengalami alergi yang menyerang kulit. Ciri paling mudah, anda akan merasakan sensasi gatal dan panas pada kulit wajah. Hal ini sungguh tidak enak mengingat apabila anda garuk, gatal tersebut bukannya berkurang namun malah bertambah.

Seharusnya anda mencoba komestik di tangan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memakainya secara regular.

Nah, apabila sudah terlanjur dan merasa gatal, maka anda perlu mempraktekkan beberapa cara mengatasi gatal pada wajah berikut ini:

1. Biasakan dengan yang hangat

Pertama kali apabila anda merasakan gatal pada wajah, hentikan pemakaian kosmetik yang menjadi penyebabnya. Penyebab gatal pada wajah adalah keluarnya zat histamin. Zat tersebut akan keluar apabila kulit kita menolak sesuatu.

Penanganan histamin sebenarnya sangat mudah. Kita cukup membiasakan diri dengan konsep hangat, seperti contohnya meminum air yang hangat. Biasakan juga mandi dengan air hangat ataupun berjemur di pagi hari antara pukul 6 sampai 9 pagi.

READ:  6 Khasiat Madu untuk Kulit Wajah

2. Cobalah obat herbal

Tidak ada salahnya bagi anda untuk mencoba meracik sendiri obat herbal untuk mengatasi gatal pada kulit wajah. Apabila anda tidak menanamnya sendiri, maka anda dapat dengan mudah menemukannya di pasar tradisional.

Cobalah campuran rebusan jintem hitam dengan sambiloto. Tambahkan pula tanaman mahkota dewa serta rumput mutiara. Sesuaikan porsi yang anda racik dengan ukuran buah atau daun yang anda dapatkan. Rebus tanaman-tanaman tersebut hingga mendidih. Minumlah air rebusan tersebut untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Anda juga tidak perlu takut overdosis dalam meracik obat herbal. Pada dasarnya, apabila kita menggunakan racikan alami, takaran berlebih obat herbal akan dibuang secara alamiah oleh tubuh.

3. Gunakan jintem hitam

Jintem hitam mempunyai khasiat yang sangat luar biasa dalam memerangi histamin. Selain dapat direbus bersama sambiloto dengan mahkota dewa dan rumput mutiara, jinten hitam juga bisa diolah dengan cara lain. Anda bisa mencoba untuk membuat obat luar semacam salep dari bahan dasar jintem hitam.

READ:  Masker Lemon untuk Perawatan Berbagai Jenis Kulit

Cobalah mencampurkan minyak jinten hitam dengan minyak zaitun. Pastikan anda mengimbangkan takaran jintem hitam dengan minyak zaitun dengan sempurna agar sensasi panasnya tidak menyakiti anda. Oleskan campuran tersebut ke kulit yang merasa gatal. Penggunaan jintem hitam juga merupakan cara mengatasi gatal pada wajah yang sangat efektif.

4. Konsumsi vitamin yang cukup

Untuk meningkatkan daya tahan kulit agar tidak mudah merasa gatal, anda harus banyak mengkonsumsi vitamin yang tepat. Biasakan untuk mendapatkan vitamin A, C, dan E setiap hari dalam makanan kita.

Konsumsi jeruk dan wortel setiap hari dapat membantu kita mendapatkan asupan vitamin tersebut. Dengan mengkonsumsi vitamin tambahan, tidak hanya terhindar dari gatal, namun kulit tubuh juga bisa terlihat semakin bersih dan cantik.

********

Hal yang cukup penting adalah anda harus ingat bahwa penyebab gatal pada wajah kemungkinan besar karena penggunaan kosmetik yang tidak cocok. Jangan terlalu mudah termakan janji-janji manis yang ditawarkan oleh berbagai produk kosmetik di pasaran. Namun apabila sudah terlanjur alergi, pastikan ada mengutamakan penggunaan obat-obatan herbal.

READ:  Kelebihan dan Kekurangan Multimasking Untuk Perawatan Kecantikan

Apabila cara mengatasi gatal pada wajah di atas masih gagal, sebaiknya anda mencoba untuk menghubungi dokter kulit. Terkadang, langkah medis yang lebih serius diperlukan untuk menangani alergi akut pada kulit yang tidak bisa disembuhkan dengan pengobatan sederhana.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

10 Komentar Pembaca untuk “4 Cara Mengatasi Gatal Pada Wajah

  1. Dok knpe yah muka sya byk pintik” nye kmrn sya memakai pelembab kk saya dan muka saya langsung panas trs gatel” dok dan skrng muka syng jdi kasar krna byk bintik” nye dok trs gmn dok cara menghilakan nye dok soal nye bntr lgi saya akn menikah

    View Comment
  2. Pagi dok, kenapa ya wajah saya terasa gatal di area pipi kanan dan kiri, merah2 kaya habis di gigit nyamuk gitu secara kasat mata sih tidak terlihat jelas cuma kalo di raba seperti kasar tp bukan seperti jerawat kecil2 atau semacam nya rasanya hanya gatal saja dan bentuk nya merah2, kenapa ya dok dan tolong tips untuk mengurangi gatal dan merah diwajah karna saya takut semakin lama semakin parah dan malah meninggalkan bekas di wajah saya, trimakasih dok. Pagi.

    View Comment
  3. Dok knph yh muka sya ada bintik” kaya kaligata tpi hanya ada di muka..bagaimana cara mengatasi nya dok…tolong saya beri solusi nya dok..agar saya cepet sembuh..

    #TOLONG

    View Comment
  4. mau tanya nih dok….
    kenapa stiap kulit wajah pria slalu berminyak n penuh rasa gatal di sluruh wajah n kepala trus klo pas udah di obatin pake bahan2 alami malah bintik2 kayak jerawat sampai seluruh badan muncul tu sebabnya apa yah…. udah lama saya alamin nh hampir tiap hari… muncul bintik2 putih penuh rasa gatal di sluruh wajah n kepala…

    View Comment
  5. Dok saya mau bertanya , kemarin ngga tau kenapa wajah saya terasa gatal bgt malamnya muncul benjol benjol kecil putih nanah ,, tu kenapa ya dok tolong solusinya ya dok

    View Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *