9 Cara Terbaik untuk Merawat Kulit Tangan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Tangan digunakan untuk melakukan sebagian besar pekerjaan. Dalam melakukan hal tersebut, ada kemungkinan tangan akan terluka ataupun kulit menjadi lecet. Tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang paling sering digunakan, sekaligus paling diabaikan perawatannya.

Kebanyakan orang sangat memperhatikan perawatan wajah dan rambut mereka tetapi melupakan bahwa tangan juga perlu dirawat. Setelah wajah, tanganlah yang akan diperhatikan orang saat anda berbicara dengan mereka. Anda menggunakan tangan untuk berjabat tangan bukan? Nah bagaimana jika tangan anda kasar? Bisa-bisa anda tidak percaya diri saat harus menjabat tangan seorang klien, teman ataupun keluarga.

Bagaimana cara memiliki sepasang tangan indah tanpa harus mengeluarkan banyak uang? Berikut adalah tips dan cara merawat tangan agar halus dan lembut. Simak ya.

Gunakan sabun lembut

Hindari sabun yang mengandung bahan kimia yang keras, yaitu triclosan. Sebaiknya menggunakan sabun pencuci tangan yang mengandung bahan alami seperti minyak eucalyptus untuk menjaga kebersihan dan kelembaban tangan.

Sering memakai pelembab

Sering-seringlah mengoleskan pelembab untuk menhindari kulit tangan semakin kering dan kasar. Terapkan pelembab segera setelah mandi karena ini akan membantu kulit untuk mengikat kelembaban. Pilihlah lotion yang sesuai dengan jenis kulit anda.

Anda juga bisa membuat pelembab sendiri dari air mawar dan gliserin. Caranya, siapkan semangkuk air mawar dan tambahkan beberapa tetes gliserin ke dalam mangkuk tersebut. Kocok hingga tercampur merata dan simpan di tempat dingin. Anda bisa mengaplikasikannya di tangan setiap kali anda membutuhkannya.

Berhenti Menggigit Kuku

Sebagian orang memiliki kebiasaan menggigit kuku saat mulai stress atau bosan. Menggigit kuku dan kutikula dapat menyebabkan jari-jari menjadi merah dan sakit. Jika anda terus melakukan kebiasaan buruk ini, daerah sekitar kuku akan berdarah dan bukan tidak mungkin jadi infeksi.

Manfaatkan madu dan minyak zaitun

Madu memiliki sifat antibakteri dan sangat baik untuk merawat tangan agar lembut dan indah. Oleskan madu hangat ke kulit tangan dan pijat dengan lembut. Biarkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air hangat. Anda juga dapat menggunakan minyak zaitun untuk mendapatkan tangan lembut dan halus. Merendam kuku selama 5 menit dalam minyak zaitun akan melembabkan seluruh kuku.

Perawatan kutikula yang tepat

Cobalah untuk mendorong kutikula dengan handuk setiap kali anda selesai mandi. Oleskan lotion dan rapikan kutikula. Jangan pernah memotong kutikula terlalu dalam karena kulit dapat membuka dan terinfeksi.

Eksfoliasi tangan

Anda dapat mengeksfoliasi tangan dengan jeruk nipis atau lemon. Potong jeruk nipis atau lemon menjadi dua bagian kemudian gosokkan pada siku. Hal ini dapat melembutkan kulit siku sekaligus memutihkannya.

Petroleum jelly

Agar manikur makin sempurna, anda dapat memanfaatkan petroleum jelly. Terapkan petroleum jelly pada tangan sebelum tidur kemudian kenakan sepasang sarung tangan katun. Kulit tangan akan menjadi semakin halus dan lembut.

Hindari nail remover

Terlalu sering menggunakan nail remover yang mengandung aseton dapat berbahaya bagi kuku. Pastikan untuk menghidari nail remover dengan basis aseton karena dapat mengeringkan kuku dan membuat kuku menjadi rapuh.

Sunscreen

Gunakan tabir surya setiap hari untuk meminimalkan efek berbahaya dari sinar UVA dan UVB. Hal ini akan melindungi kolagen dan keratin yang menjaga kulit tetap halus dan lembut. Cobalah menggunakan pelembab dan tabir surya yang mengandung zinc oxide atau titanium dioksida untuk menghentikan tanda-tanda penuaan di tangan. Gunakan lotion yang memiliki SPF 55 atau lebih tinggi untuk melindungi tangan halus Anda dari sinar matahari.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *