6 Sifat yang Bikin Orang Tidak Nyaman Berteman dengan Anda

Loading...

Dalam bersosialisasi dan berteman, tentunya ada beberapa sifat yang harus kita jaga agar hubungan pertemanan tersebut langgeng dan berjalan dengan baik.

Tak jarang karena beberapa sifat yang mungkin tidak kita sadari, membuat orang lain merasa tidak nyaman dan canggung saat bersama dengan kita.

Jika saling tidak jujur untuk mengkritik, hubungan pun lama kelamaan menjadi renggang dan lebuk buruknya, memutuskan tali pertemanan.

Berikut adalah contoh beberapa sifat yang dapat membuat orang lain menjadi tidak nyaman saat berteman dengan Anda.

Bukan Pendengar yang Baik

Dalam pertemanan, seringkali kita saling berbagi keluh kesah dan sharing cerita. Tentu melegakan untuk mengurangi beban pikiran dengan curhat ke teman atau kerabat dekat Anda.

Namun demikian, hindari untuk terus-terusan memonopoli pembicaraan dan lebih banyak ingin didengar daripada mendengar.

Dengan membagi porsi berbicara secara seimbang, orang lain akan menjadi nyaman untuk berteman dengan kita, karena kita tidak hanya suka berbicara namun juga mendengarkan dengan baik saat orang lain ingin bercerita.

Sering Mengeluh

Sesekali menceritakan keluh kesah dalam hidup kepada teman tentu sah-sah saja. Namun demikian, bukan berarti Anda harus setiap saat mengeluh.

READ:  Rahasia Cantik dan Langsing Si Artis Korea, Park Shin Hye

Mendengar seseorang yang selalu mengeluh tidaklah nyaman dan terlebih lagi jika Anda sudah meminta saran kepada teman untuk masalah Anda, maka tetap mengeluh akan hal sama bukanlah sifat yang baik.

Selain itu, terlalu sering mengeluh juga menandakan bahwa Anda adalah orang yang tidak berpikiran maju dan positif, sehingga efek negatif dari sifat tersebut dapat membuat orang lain menjadi tidak nyaman.

Posesif kepada Teman

Sifat posesif tidak hanya terjadi dalam hubungan percintaan, namun juga dalam hubungan pertemanan. Sifat ini biasanya ditandai dengan seseorang yang selalu ingin tahu semua hal tentang temannya dan tidak senang jika temannya berteman dengan orang lain.

Sedekat apapun Anda dengan teman Anda, pahamilah bahwa mereka juga memiliki urusan masing-masing yang terkadang tidak perlu Anda tahu.

Semua orang berhak berteman dengan orang lain selama hubungan dengan Anda tetap berjalan dengan baik.

Membicarakan Rahasia Orang Lain

Membocorkan rahasia orang lain kepada teman Anda dapat membuat mereka merasa tidak nyaman. Ya, mereka dapat berpikir bahwa Anda memang orang yang suka membicarakan rahasia orang lain dan sifat ini dapat membuat kepercayaan mereka kepada Anda berkurang.

Hindari sering membicarakan kejelekan atau rahasia orang lain, terlebih jika orang tersebut berada dalam lingkarang pertemanan Anda.

Egois dalam Memutuskan Sesuatu

Ada beberapa orang yang terlahir dengan karakter yang cukup dominan, cenderung suka memimpin dan suka mengambil alih membuat keputusan.

READ:  Mengenal Veneer dalam Kecantikan dan Kesehatan Gigi

Akan tetapi, hindari untuk bersikap egois dan selalu ingin menjadi orang yang mengambil keputusan tanpa mempertimbangkan pendapat orang lain karena hal ini dapat membuat teman Anda menjadi tidak nyaman.

Hal ini berlaku mulai dari hal-hal kecil, misal memilih tempat makan, tanggal bertemu dan lain sebagainya. Mintalah pendapat orang lain terlebih dahulu sebagai pertimbangan.

Tidak Melihat Kondisi Orang Lain saat Berbicara

Semakin dewasa seseorang, semakin tinggi pula gengsi yang dimiliki. Termasuk jika kita memiliki masalah, terkadang kita lebih ingin menyembunyikannya atau berbagi cerita itu kepada teman yang benar-benar dipercaya saja.

Hal ini membuat kita seharusnya lebih berhati-hati dalam berbicara dengan mempertimbangkan keadaan seseorang, apakah hal yang ingin kita sampaikan kiranya berhubungan dengan masalah yang sedang dihadapi atau menyakiti hati orang lain.

Hindari asal bicara tanpa melihat sikon karena hal ini dapat membuat orang lain merasa kurang nyaman berteman dengan Anda.

***

Berteman di usia yang cukup dewasa menuntut kita untuk lebih bersikap bijak dan pengertian, sehingga orang lain nyaman dengan kita dan hubungan pertemanan pun berjalan dengan baik. Semoga ulasa di atas dapat bermanfaat bagi Anda dalam mempererat hubungan sosial dengan teman-teman terbaik Anda.


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *